Better You

Ini Cara Mengatasi Rambut Lepek Dengan 5 Bahan Alami

  by: Nadhifa Arundati       9/3/2019
  • Rambut menjadi salah satu penentu mood kamu – bad hair, bad day. Saat ingin menghadiri acara penting, seketika kamu baru menyadari kalau rambut lepek dan enggak bisa tertolong dengan segala cara. Ugh! Jangan sampai hal ini terjadi sama kamu, ya, ladies. Supaya rambut kamu selalu on point a.k.a jauh dari kata lepek, kamu mesti mencari solusi – salah satunya dengan bahan-bahan alami.

    Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa menggunakan shampo yang tepat dan menutrisi setiap keramas, seperti PANTENE Shampo Anti Lepek. Shampo terbaru dari PANTENE dengan formula pro-vitamin yang ringan ini mampu membersihkan rambut hingga kulit kepala dari minyak berlebih. PANTENE Shampo Anti Lepek tidak hanya membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, tapi juga menutrisinya dan menjadikannya ringan dan halus. Busa berlimpah dengan micro cleanser yang dihasilkan juga mampu membersihkan rambut dari sebum, kotoran dan polusi dengan lembut. Gunakan secara teratur agar rambut jadi lebih kuat melawan lepek.




    Presented by Pantene


    Well, if you keep wondering, lebih baik langsung saja simak, ini dia cara mengatasi rambut lepek dengan 5 bahan alami, cusss!


    Cuka apel

    Biasanya kamu pakai toner rambut, tetapi sementara kamu bisa menggantikannya dengan cuka apel. Yes, sari cuka apel bisa melembutkan dan menyerap kandungan minyak berlebih di rambut – jadi rambut bakal terlihat berkilau namun enggak berminyak. Ini kan yang kamu harapkan? Caranya simpel, oleskan cuka apel ke rambut dengan kapas, lakukan setelah kamu keramas. Sabar, butuh beberapa kali penggunaan baru terasa hasilnya.


    Lidah Buaya

    Jangan bosan sama bahan alami yang satu ini, ya – karena lidah buaya memang punya manfaat yang sangat banyak, apalagi untuk masalah rambut lepek (no wonder). Vitamin, mineral, dan enzim yang ada dalam lidah buaya mampu mengurangi kadar minyak di rambut dan tentunya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran. It’s like all in one! #AllHailAloeVera.




    Lemon

    Bukan, Cosmo bukan membahas tentang lemon tea atau makanan dan minuman – but this is about your hair. Jangan kaget ladies, meski lemon memiliki kadar asam yang tinggi, tetapi kandungan asamnya dapat menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala dan mampu mengontrol produksi minyak di rambut. So, sekarang yang perlu kamu lakukan adalah memeras air lemon untuk diaplikasikan ke rambut – bukan dituangkan ke dalam gelas, ya!


    Madu

    Jangan khawatir, rambut kamu enggak bakal dikerubungin lebah kok Cosmo akui madu menjadi bahan yang ampuh untuk ‘membasmi’ minyak rambut berlebih. Mungkin kedengarannya agak aneh, karena madu punya tekstur yang lengket, but you still need this – aplikasikan madu ke seluruh bagian rambut, diamkan selama 1 jam, lalu bilas. Yas, you’ll see the result darl.


    Pisang dan Minyak Zaitun

    Hmm.... What? Yes, another surprise – bahan alami selanjutnya adalah pisang dan minyak zaitun. Cosmo tahu reaksi kamu pasti: “Ini mau masak, atau perawatan rambut sih?” Tetapi kamu mesti tahu kalau pisang punya manfaat yang sangat ampuh buat rambut lepek. Kandungan vitamin dan protein dapat membantu penyerapan minyak di kulit kepala. Sekarang kamu harus: aluskan 1 atau dua pisang, lalucampur dengan minyak zaitun. Yes, minyak zaitun bakal bikin rambut kamu tampak berkilau – bisa mirip-lah sama model iklan shampoo!


    Sudah saatnya kamu berpisah dengan rambut lepek. Goodbye, bad hair day.

    (Image: Doc. Pantene Indonesia / puhhha©123RF.com)