Beauty

Cara Membuat Pori-pori Besar Tampak Kecil

  by: Yovita Pratiwi       13/3/2019
  • Ugh...Pores! Ladies, apakah kamu tidak puas akan penampilan pori-porimu? Ada beberapa alasan yang dapat mempengaruhinya, seperti: jenis kulit, genetics, terpaan sinar matahari, hingga usia. Menurut para ahli, ukuran pori-porimu tidak dapat kamu ubah secara fisik. Eits, tapi jangan putus asa dulu! Yang dapat kamu lakukan adalah membuat pori-porimu tampak lebih kecil. Coba, deh, deretan tips yang telah Cosmo kumpulkan berikut ini:

    1. Clogged Pores is A Big No


    Cara terbaik untuk membuat pori-porimu tampak kecil adalah memastikannya tidak tersumbat. Gunakan Clay Mask yang dapat membantumu mengeluarkan minyak dan kotoran dari pori-pori. Clay mask bekerja dengan cepat dan tidak akan melukai pori-porimu. Coba Lancome Energie De Vie Purifying and Refining Clay Mask (Rp280.000,-). Caranya, oleskan secara tipis pada kulit yang bersih, tinggalkan selama beberapa menit, lalu kamu akan menemukan butiran-butiran minyak yang telah terangkat pada clay mask yang sudah mengering.

    2. Deep Cleansing is A Must


    Ladies, jangan takut untuk gunakan oil based cleanser saat membersihkan wajah. Minyak yang diproduksi oleh wajah ternyata lebih mudah larut oleh oil based cleanser dibandingkan dengan air, lho! Selain itu, oil based cleanser tidak akan strip away moisture saat membersihkan kulitmu. Shu Uemura Ultime8 Beauty Cleansing Oil (Rp330.000,-) mengandung 8 jenis minyak botani alami yang dapat membersihkan kulit secara efektif, sekaligus menutrisi kulit menjadi lembut dan cerah.



    3. Don’t Squeeze Them Pores!


    Apakah kamu sering geram hingga akhirnya tak tahan untuk memencet komedomu? Oh,no! Jangan ulangi kebiasaan itu,ya. Memencet komedo keluar dapat melukai kulit dan menghasilkan brown spots jika kulitmu berwarna cenderung gelap. Sebaiknya, gunakan pore strips untuk memberantas komedo, maksimal dua kali seminggu. Coba Laneige Blackhead Pore Strip (Rp10.500) yang mengandung Kenaf powder untuk menghilangkan minyak dan komedo pada wajahmu.



    4. Protection from The Sun


    UV protection adalah kunci mengecilkan pori-pori dalam jangka waktu yang panjang. Sinar matahari akan membuat pori-pori jadi lebih besar seiring waktu dengan cara menipiskan kulit dan merusak kandungan collagen pada kulit. Gunakan sunblock yang mengandung SPF dan memiliki tekstur matte, karena sunblock seringkali memiliki tekstur shiny yang dapat membuat pori-pori semakin terlihat. Coba gunakan Supergoop Unseen Sunscreen SPF40 (Rp229.000,-) yang memiliki hasil akhir velvety matte, kaya akan antioksidan, dan tidak lengket.

    5. Prime Your Pores!


    Saat ini, tersedia berbagai macam produk yang dapat mengubah tampilan pori-porimu secara instan, seperti pore primer. Clio Professional Egg Pore Primer dapat mengisi pori-porimu sehingga menciptakan tampilan pori-pori yang flawless, matte, sekaligus menyerap minyak yang diproduksi oleh wajahmu. Mengandung tea tree oil, produk ini dapat mengatasi skin problems dari dalam, sekaligus melindungi kulit dari luar.

    (Yovita Pratiwi, Image: Dok. Ana Fransisconi on Unsplash, Shu Uemura, Lancome, Supergoop, Clio, Laneige)