Celebrity

Ini Dia 5 Selebriti Korea yang Mendukung Feminisme

  by: Nadhifa Arundati       13/3/2019
  • Yes, girl power. Kesetaraan hak perempuan memang perlu ditegakan sampai detik ini, meski masih banyak situasi yang menuntut kita untuk berada di bawah kekuasaan para pria – gurl, jangan biarkan hal ini terus terjadi! Well, kabar baiknya adalah beberapa selebriti Korea ternyata menjadi salah satu pendukung feminisme – mungkin kamu berpikir kalau Korea hanya sibuk ‘mengurus’ kecantikan, but hey, mereka tetap peduli dengan sesama kok. So, without any fuss, langsung saja simak: 5 selebriti Korea yang mendukung feminisme!


    Bae Suzy





    Hmm... Meski banyak fans Lee Min Ho dan Le Dong Wook yang tak menyukai Suzy, but you need to look at the bright side – Suzy memiliki rasa kepedulian dengan sesama perempuan. Pada salah satu kasus Yang Ye Won yang merupakan korban kekerasan seksual, Suzy menunjukkan rasa pedulinya dengan menjadi petisi dan mendukung kasus tersebut untuk masuk ke jalur hukum. Hal anehnya, Suzy mendapat kritik ‘pedas’ karena telah menjadi salah satu petisi. Dilansir dari Kpopmap.com, Suzy  meminta maaf secara resmi karena telah meresahkan beberapa orang yang telah memberikannya kritik negatif. Well, sebenarnya hal ini cukup ganjal, karena para pria Korea-lah yang bertindak misoginis. Cosmo can’t get it.


    Irene ‘Red Velvet’



    Enggak hanya tertarik dengan dunia hiburan, Irene ‘Red Velvet’ ternyata juga gemar membaca buku! Yes, ia membaca salah satu novel feminis yang berjudul Kim Ji Young, Born 1982, yang menceritakan tentang kehidupan seorang pria di tengah masyarakat patriarki. Again and again, Irene mendapat komentar negatif dari para penggemar pria. Ironisnya, mereka sampai membakar foto Irene sebagai aksi protes.


    Luna f(x)



    Yes, penyanyi cantik ini ternyata mendukung feminisme – meski banyak pertentangan dari para fans, ia tak peduli. Dilansir dari Asianjunkie.com, Luna pernah mengatakan kalau dirinya adalah seorang feminis. You go girl!




    Gong Hyo Jin



    Everybody loves her. Yup, Sahabat Gong Yoo ini ternyata pendukung feminis, ia pernah mengatakan, “Saya seorang feminis ketika saya bekerja.” Bahkan Gong Hyo Jin juga merasa kecewa karena masih banyak direktur wanita di Korea yang tak diperlakukan setara dengan direktur pria – it’s all about gender, dan ia sangat tak menyetujui hal ini.


    Tiffany SNSD



    Pada tahun 2017 lalu, seorang perempuan menyanyikan lagu Into The World – SNSD, untuk menunjukkan aksi protes kepada kasus korupsi. Hal ini membuat Tiffany memberikan tanggapan positif, “Saya sangat bangga sebagai anggota SNSD, sudah saatnya kaum feminis dan kaum wanita lain untuk saling mendukung.” Sepertinya Cosmo jadi fangirling over Tiffany, cause she’s our new hero.


    (Image: Doc. Instagram @hermosavidaluna)