Beauty

Melawan Jerawat dengan Tea Tree Oil

  by: Yovita Pratiwi       14/3/2019
  • Ladies, pernahkah kamu berpikir, apakah obat untuk jerawat yang 100% alami tanpa campuran bahan kimia sungguh ada? Here’s the answer for you: tea tree oil! Tea tree oil atau melaleuca oil yang berasal dari Australia merupakan tanaman yang masih merupakan keluarga dari Melaleuca Alternifolia. Tanaman ini memiliki unsur antibakteri dan antimicrobial yang cocok untuk memberantas masalah-masalah kulit. Yuk, simak khasiat tea tree oil untuk kulitmu!


    1. Tea Tree Oil to Prevent Acne


    Tea tree oil mengandung unsur antibakteri bernama terpenes, yang mampu melawan Propionibacterium acnes, secara efektif membasmi bakteri-bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemungkinan tumbuhnya jerawat. Para ahli menemukan bahwa tea tree oil kaya akan terpinene-4-ol, membuatnya lebih efektif dengan pengobatan jerawat lainnya yang mengandung bahan kimia, contohnya benzoyl peroxide




    2. Tea Tree Oil will Penetrate Deep Into Your Skin


    Meskipun tea tree oil tidak aman untuk dikonsumsi, essential oil ini sangat aman untuk dipakai pada permukaan kulit, lho. Selain itu, tea tree oil juga non-carcinogenic, yang berarti dapat dipakai sesering mungkin. Cara kerja tea tree oil adalah dengan meresap masuk ke dalam kulit melalui pori-pori dan melawan bakteri yang menyumbat. Jerawat seringkali terbentuk di dalam pori-pori, yang semestinya disentuh oleh acne treatments. 


    3. Tea Tree Oil Will Combat Skin Problems


    Selain mampu mengatasi kulit yang iritasi dan menenangkannya, proses disinfection yang dilakukan oleh tea tree oil sekaligus dapat mengeringkan whiteheads, blackheads, dan jerawat, membiarkan kulit kembali normal seperti semula. Yes to clear skin!



    4. Tea Tree Oil Will Protect Your Skin


    Tea tree oil juga memiliki unsur melembabkan dan juga dapat digunakan sebagai pembersih. Secara mudah, Tea tree oil dapat membersihkan minyak dan kotoran pada wajah sekaligus melindungi kulit dari stres oksidatif, yaitu keadaan dimana kadar antara pro oksidan dan antioksidan dalam tubuh tidak seimbang. Saat diaplikasikan, tea tree oil akan bercampur dengan minyak natural yang diproduksi oleh kulit, mencegah pori-pori yang tersumbat agar tidak menjadi sumber makanan bagi bakteri. Tanpa nutrisi, bakteri penyebab jerawat tidak dapat tumbuh. 


    5. Tea Tree Oil Can Speed Up The Skin’s Healing Process


    Saat digunakan, tea tree oil dapat mempercepat proses penyembuhan kulit. Hal ini dapat terjadi karena tea tree oil dapat membasmi bakteri yang memperlambat kemampuan kulit untuk menyembuhkan diri. Terbukti, tea tree oil dapat mengakhiri siklus jerawat yang seakan tak ada habisnya, ladies. So, will you try tea tree oil to cure your acne?


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Linh Ha on Unsplash, Shao Chun Wang on 123RF, Olha Khorimarko on 123RF, Tzogia Kappatou on 123RF, Body Shop)