Lifestyle

Wow, 10 Lagu Ini Ternyata Bertema Feminisme

  by: Nadhifa Arundati       14/3/2019
  • Lagu tak cuma bikin kamu merasa galau atau jatuh cinta, tetapi banyak pesan lain yang bisa didapat (enggak melulu tentang pria!). Well, beberapa lagu lain ada yang menceritakan tentang keluarga, sahabat atau bahkan kesetaraan hak perempuan yang bisa menjadi lagu penyemangat kamu. Whoa, feminism alert! Ladies, langsung saja simak, 10 lagu yang bertema feminisme!


    You Don’t Own Me – Lesley Gore




    Yes, lagu ini mengatakan kalau wanita tak butuh dikontrol oleh seseorang, it’s our body, it’s our choices, and it’s our life! Seperti lagu yang dinyanyikan oleh Lesley Gore (1963), perempuan bisa menegakkan harga diri mereka tanpa harus dimiliki oleh orang lain. Pada tahun 2016, Grace feat. G-Eazy melakukan cover songYou Don’t Own Me” dan tentunya dengan pesan lagu yang sama: women's empowerment.


    Girl On Fire – Alicia Keys


    Mengobarkan api semangat para perempuan adalah keahlian Alicia Keys, “This girl is on fire!” Thanks to her, hidup kamu akan merasa jauh lebih baik jika mendengar suara merdu plus semangat yang diberikan oleh Alicia Keys.


    Björk – Army Of Me


    Kalau kamu merasa ini adalah saat yang tepat untuk mendobrak hak perempuan, you should join Björk – menjadi bagian dari ‘tentara’ pendukung perempuan. This song is for you, ladies. Björk meyakinkan kamu untuk bisa melakukan apa saja yang kamu mau, tak memandang seberapa berat masalah yang dihadapi. You go girl.


    Kesha – Woman


    Selama ini Kesha sedang gencar-gencarnya membangun semangat para perempuan dan melawan kekerasan seksual melalui karyanya. Setelah rehat sementara dari industri musik, kini Kesha hadir kembali dengan membawa segudang kekuatan untuk saling menyemangati perempuan di luar sana. All hail Kesha’s songs!


    Beyonce – Run The World (Girls)


    WHO RUN THE WOLRD? GIRLS! Yass, jangan lupa ladies, tanpa kehadiran perempuan, dunia tak akan bisa berjalan dengan normal. Mereka (pria) tetap membutuhkan kita – meski kehadiran perempuan terkadang kurang dihargai, tetapi Beyonce bisa meyakinkan kamu.... Betapa pentingnya peran perempuan.


    Auli'i Cravalho – How Far I’ll Go




    Woohoo, it’s time for Disney’s song! Seperti yang kamu ketahui, Disney Princess selalu memberikan pesan bahwa perempuan itu kuat dan cerdas. Sama seperti lagu “How Far I’ll Go” yang merupakan soundtrack film Moana – bahkan Moana tak butuh happy ending yang ditutup dengan menikahi prince charming, yang ia butuhkan hanyalah kebahagian keluarga and loving herself.


    Hailee Steinfeld – Love Myself


    Karena kuncinya cuma satu: love yourself – ini adalah satu-satunya kekuatan yang bisa kamu berikan untuk diri kamu sendiri, just like Hailee Steinfeld.


    No Scrubs – TLC


    Ladies, tak perlu bersama pria yang hanya bisa ‘mengotori’ kehidupan kamu. Seperti yang TLC katakan, “I don’t want no scrubs.” Buat apa sibuk mengurusi pria kalau hidup malah jauh lebih baik saat single? So, kalau ada pria tengil yang menghampiri, jawab dengan: “I don’t want your number, no, i don’t want to give you mine.”


    Janelle Monáe featuring Erykah Badu – Q.U.E.E.N


    Monáe hanya ingin memberikan pesan melalui lagi ini, khususnya bagi para perempuan yang merasa tak diakui dalam ruang lingkup sosialnya. Ia mengingatkan kalau semua perempuan adalah Ratu, meski sedang merasa terpuruk, namun kamu tetap punya kuasa untuk terus menyuarakan pendapat dan pandangan hidup yang selama ini sering diabaikan.


    Bad Reputation – Joan Jett


    Our rock ‘n’ roll Queen, Joan Jett! Yup, lagu “Bad Raputation” adalah favorit Cosmo! Karena kita enggak perlu selalu mendengarkan kata orang. If you have a bad reputation, then blame on them. Ingat, hidup kamu juga harus diselimuti dengan sikap ‘masa bodoh’.


    Bikin playlist baru, berikan judul 'Women's Empowerment', dan tambahkan 10 lagu ini. You ready to go!

    (Image: Doc. Instagram @beyonce)