Better You

Sweet Dreams! Ini 6 Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia!

  by: Giovani Untari       14/3/2019
  • THE STRUGGLE IS HERE! 

    Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan generasi saat ini mengalami kesulitan tidur nyenyak. Situs iDiva misalnya, menyebut para millennials mengalami masalah ini lantaran ketergantungan atas media sosial. Keinginan untuk selalu up to date akhirnya menyebabkan perasaan Fear Of Missing Out (FOMO) yang membuat durasi online terkadang menyita waktu tidur. Anda tentu pernah tanpa sadar men-stalking Instagram teman Anda atau menonton video Youtube hingga berjam-jam, bukan?





    Isu ekonomi sosial pun turut menjadi faktor berikutnya yang memegang pemicu terjadinya insomnia. Masalah ini memicu terjadinya stres yang akhirnya menyebabkan problem tidur berikutnya. “Mereka yang mengalami depresi dan anxiety umumnya mengalami masalah tidur yang rumit. Perasaan selalu cemas membuat tubuh sulit untuk terlelap. Sebab, tubuh dan pikiran memengaruhi sistem tidur seseorang,” ujar Dr. Lawrence Epstein, Medical Director of Sleep Health Centers di Harvard Medical School. 


    Tidak ada masalah yang tidak bisa terpecahkan, ladies! Termasuk urusan tidur. Cosmo telah menyiapkan sejumlah cara untuk mengatasi permasalahan tidur Anda. Have a good night and sweet dream!


    1. Relax, Relax, Relax



    Salah satu penyebab tubuh tidak bisa tidur nyenyak adalah karena berada dalam kondisi tidak relaks. “Sebagian dari kita kesulitan tidur karena pikiran tidak menyatu dengan tubuh. Untuk tidur nyenyak, pikiran dan tubuh Anda harus saling terkoneksi satu sama lain. Pusatkan pikiran bahwa Anda benar-benar harus tidur dan tidak memikirkan apapun selain tidur itu sendiri,” ujar Heny Ferawati seorang Wellness Mentor yang Cosmo temui.


    2. Keep Away From The Gadget + Electronics



    Jelas sangat menyenangkan ketika menyaksikan serial Netflix terbaru atau menonton deretan travel Vlog sebelum tidur malam. Tetapi hal tersebut justru memicu tubuh Anda lebih aktif di malam hari. Akhirnya ini membuat Anda justru sulit tidur dan merasa insomnia. Sebaiknya hindari menggunakan perangkat elektronik 30 menit sebelum tidur agar tubuh siap beristirahat.


    3. Stay To Regular Sleep Schedule



    Tubuh membutuhkan waktu beradaptasi dalam hal apapun, termasuk soal istirahat. “Ada baiknya Anda pergi tidur dan bangun di waktu yang bersamaan setiap harinya. Usahakan agar tidak keluar dari jadwal rutin Anda. Sekali Anda tidur di luar waktunya, tubuh akan sulit untuk memperbaiki waktu tidurnya kembali.” ujar Dr. Rafael Pelayo, MD, Clinical Professor at the Stanford Sleep Disorders Clinic and the Stanford University School of Medicine in California.




    4. Get out of The Bed



    Masih kesulitan untuk tidur? Jangan terlalu memaksakan diri karena justru membuat tubuh dan pikiran Anda tertekan. Tinggalkan sejenak kamar Anda dan lakukan sesuatu yang soothing minum segelas teh herbal hangat, berendam (dengan bath bomb), atau sekadar membaca buku favorit. Kembalilah ke kamar saat Anda benar-benar mengantuk.


    5. Say No Exercising and Eating Near The Bedtime



    Bukan berarti melalukan exercise dan makan adalah sesuatu yang buruk. Tetapi menurut Rafael, kedua aktivitas tersebut justru membuat Anda terjaga dan sulit tidur lelap. Exercise mampu meningkatkan kerja jantung dan menjadikan tubuh lebih segar (bye sleep!). Sedangkan mengonsumsi makanan menjelang tidur dapat menstimulasi heartbun di area perut dan dada. 


    6. Sleep Specialist, Why Not?



    Semua cara di atas telah Anda lakukan namun hasilnya belum maksimal? Tak ada salahnya berkonsultasi dengan seorang sleep specialist. Para ahli ini akan membantu Anda menemukan penanganan tidur yang sesuai dengan behavior Anda. Bahkan mereka akan turut melakukan sejumlah medical check-up dan dental treatment untuk membantu Anda tidur lebih baik dan berkualitas.


    Artikel Feels Like Insomnia ini pernah dimuat di Majalah Cosmopolitan Indonesia edisi Januari 2019.

    Images: Dok. Unsplash.com, Tenor.com.