Lifestyle

Cara Alami Bersihkan Karang Gigi dan Plak

  by: Kezia Calesta       15/3/2019
  • A smile is the best makeup any girl can wear. Ingin gigi yang putih dan bersih untuk melengkapi senyum kamu agar semakin cantik? Untuk mendapat senyuman impian, kamu perlu merawat kesehatan gigi agar bersih dari plak dan karang gigi.





    Apakah kamu menyikat gigi setiap hari dan menggunakan dental floss? Bila tidak membersihkan gigi secara rutin, sisa makanan dan bakteri yang dikenal sebagai plak akan mulai tersimpan di sela-sela gigi. Seiring waktu, plak dan kotoran akan bercampur dan menetap menjadi karang gigi yang tidak hanya membuat enamel tampak kuning, tetapi juga menyebabkan bau mulut. Oh no!


    Jangan menganggap remeh karang gigi, karena risiko kerusakan gigi dan sakit gusi dapat meningkat drastis. Girls, berikut adalah cara alami untuk membersihkan karang gigi dan plak di rumah.


    1. Buah Jambu

    Apakah kamu tahu bahwa buah jambu beserta daunnya bisa membersihkan gigi dari plak secara alami? Sejak puluhan abad yang lalu, jambu telah digunakan untuk meredakan masalah gigi dan gusi. Bahkan, daunnya dikunyah untuk melegakan sakit gigi, menyembuhkan gusi berdarah dan menghilangkan bau mulut. Berkat kandungan flavonoid dalam daun jambu, cairan daun tersebut dapat dikumur untuk melegakan sakit mulut dan gusi berdarah.


    2. Cuka Putih

    Cuka putih memiliki properti anti-bakteri yang bisa menghentikan akumulasi plak dan membantu menyingkirkan karang gigi. How? Kandungan acetic acid dalam cuka putih dapat melancarkan proses demineralisasi pada permukaan gigi, maka dengan takaran kecil, bahan ini bisa digunakan sebagai mouthwash. Campurkan 2 sendok teh cuka putih, ½ sendok teh garam, dengan setengah gelas air dan aduk hingga rata. Kumurlah dengan mouthwash ini sebanyak dua kali sehari untuk membersihkan mulut.




    3. Biji Wijen

    Biji wijen dapat berfungsi sebagai scrub gigi yang efektif, lho – biji yang dikenal sebagai sesame seed ini dapat menyingkirkan plak dan karang gigi tanpa merusak enamel gigi. Kunyahlah segenggam biji wijen, kemudian sikatlah gigi (tanpa pasta gigi) dengan biji-biji yang masih tersimpan dalam mulut kamu. Kumurlah dan buang biji-biji tersebut setelah 5 menit.


    4. Kulit Jeruk

    Kamu bisa menggosok kulit jeruk pada permukaan gigi selama 2 menit untuk menyingkirkan karang gigi putih, lho. Jeruk memiliki citric acid yang seringkali dipakai sebagai zat pemutih dalam pasta gigi, maka inilah salah satu cara mudah dan efektif untuk memutihkan gigi di rumah.


    5. Lidah Buaya

    Meskipun rasanya pahit, lidah buaya alias aloe vera dapat memutihkan gigi secara alami dan menghilangkan karang gigi dengan efektif. Campurkan satu sendok teh aloe vera gel, 4 sendok teh gliserin, 5 sendok makan soda kue, dan satu gelas air putih, kemudian sikatlah gigi dengan campuran tersebut. Lakukan selama beberapa hari hingga gigi terasa lebih putih dan bersih! Oh ya, hindari lidah buaya jika kamu mengidap alergi terhadap bunga tulip, bawang merah, dan bawang putih.


    6. Baking Soda

    Ya, baking soda alias soda kue dapat membantu menghilangkan plak dari gigi! Siapkan satu sendok teh soda kue, sedikit garam, pasta gigi, dan sikat gigi. Campurkan soda kue dengan garam, taburkan di atas sikat gigi, kemudian sikatlah gigi kamu seperti biasa. Setelah itu, kumur dengan air hangat! Untuk opsi lainnya, kamu juga bisa mencampurkan sedikit soda kue dengan pasta gigi untuk rasa mint yang lebih segar.


    (Image: doc. puhhha©123RF.com)