Better You

5 Manfaat Kunyit yang Belum Kamu Ketahui

  by: Nadhifa Arundati       17/3/2019
  • Banyak orang yang menganggap kunyit hanya menetap di dapur, yang cuma digunakan sebagai komposisi makanan dan dijadikan minuman jamu. Eitss, tetapi kunyit enggak hanya sekadar rempah-rempah biasa – segala kebutuhan untuk kecantikan dan kesehatan bisa kamu petik dari kunyit. Meski rasanya sedikit aneh, but at least kamu punya persediaan kunyit yang banyak di rumah.

    Hmm... If you keep wondering dengan si kunyit, langsung saja simak, 5 manfaat kunyit yang belum kamu ketahui!




    Menghilangkan Jerawat

    No more acnes! Selama masih ada kunyit, kamu bakal tetap bisa terbebas dari jerawat. Kunyit memiliki kandungan kurkumin, yang memiliki sifat antiradang untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Tetapi penggunaannya tak bisa sembarangan, jangan langsung aplikasikan rempahan kunyit ke wajah yang berjerawat, cukup mengonsumsinya – karena tak semua kulit berjerawat cocok dengan kandungan yang ada dalam kunyit.


    Mengurangi kadar minyak di wajah

    Yes, selamat tinggal wajah berminyak. Meski katanya minyak wajah bikin awet muda, namun tetap saja mengganggu aktivitas – muka jadi terlihat kusam setiap hari, ugh. Well, kabar baiknya kandungan kunyit ampuh mengurangi kadar minyah berlebih. Kunyit dapat mengontrol produksi minyak dan sebum di pori-pori kamu – caranya mudah, cukup gunakan bubuk kunyit yang sudah dicampur dengan jeruk nipis sebagai masker. Ladies, jangan terlalu lama menggunakannya, ya. Setidaknya gunakan selama 10 menit, kalau kelamaan muka kamu bakal berubah jadi kuning, no way!


    Mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok

    Masalah rambut paling umum adalah ketombe dan rambut rontok – hampir semua produk shampoo berlomba-lomba untuk mengatasi masalah tersebut. But hey, yang alami jauh lebih baik kan? Coba kamu beralih ke kunyit. All you need to do: parut kunyit, lalu oleskan di kulit kepala. Lakukan seminggu sekali.




    Pewarna rambut alami!

    Mewarnai rambut enggak harus melulu dengan cara bleaching – terkadang rambut malah jadi kering dan rusak kalau tidak dirawat dengan benar. Cosmo sarankan, kamu pakai kunyit sebagai komposisi pewarna rambut! “Wait... What?” Yes, memang hal ini agak aneh didengar, but you need to try. Caranya: parut kunyit hingga memenuhi seperempat gelar, tuang air hangat, peras parutan kunyit hingga menimbulkan larutan yang pekat, tuangkan ke botol spray, dan terakhir semprotkan ke batang rambut secara merata. Done! Lakukan dua kali sehari supaya warna rambut kamu berubah jadi pirang gelap – just like what you want.


    Mengangkat sel kulit mati

    Selama ini kamu mendambakan kulit yang cerah – tapi apa daya, terlalu banyak sel kulit mati yang menetap dan bikin kamu enggak percaya diri. Ssst, stop complaining, ladies – kunyit bisa membantu kamu! Kunyit dapat dimanfaatkan untuk eksfoliasi, yang mampu mengelupas sel kulit mati secara lembut. Kamu bisa menjadikan bubuk kunyit sebagai scrub, yang dicampurkan dengan tepung chickpea.


    So, ambil rempah kunyit di dapur, dan saatnya bereksperimen! Percayalah, yang alami selalu lebih baik.

    (Image: Doc. by jigsawstocker from Freepik)