Love & Sex

5 Tips Agar Kamu Tak Terlibat Dengan Cinta Lokasi!

  by: Nadhifa Arundati       18/3/2019
  • Yang namanya perasaan pasti tak bisa berbohong, when you start loving someone, semua hal tentang si dia terasa sempurna. But wait up, apakah kamu hanya terjebak dalam cinta lokasi? Well, berada di satu lingkungan dengan seseorang sangat memungkinkan benih-benih cinta itu muncul. Memang bukan salah kamu, but you need to open your eyes – tak seharusnya kamu terlibat dalam kisah cinta ini, entah merugikan pekerjaan atau pihak lain (jangan mau jadi pihak ketiga!). Just chill, karena Cosmo punya 5 tips agar kamu tak terlibat dengan cinta lokasi, simak!


    Coba kamu perhatikan, apakah perasaan ini sudah cukup serius?

    Sebenarnya apa yang kamu rasakan? Kalau kamu hanya merasa senang saat bersamanya, belum tentu perasaan ini bisa disebut cinta. Mungkin kamu hanya mengagumi – bisa karena ketampanan, wawasan yang luas, atau hal-hal unik yang dia miliki. Kalau sekadar mengagumi, you can relax – tetapi kalau si dia sudah mendistraksi pikiran kamu (bahkan kamu sampai tak bisa melakukan apa-apa), ini sudah berbahaya, ladies, you fallin’ in love! Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan – karena kamu tahu cinta lokasi ini akan mempengaruhi kehidupan pekerjaan kamu dan si dia.




    Hindari berduaan dengan si dia

    Unluckily, kalian berdua adalah partner kerja – selalu menghabiskan waktu bersama untuk menyelesaikan masalah pekerjaan. Well, kedengarannya sulit sih, tetapi kamu masih bisa untuk menghindari hal ini. Yes, kalian memang partner, tetapi bukan berarti saat jam istirahat tiba harus makan siang bersama kan? Ini dia nih yang bikin ‘cinta lokasi’ muncul, kamu mengundang hubungan intim antara kalian berdua. Coba hal ini: kalau si dia mengajak makan siang bersama, katakan kalau kamu sudah ada janji, kalau si dia masih mengajak keesokan harinya, ajak rekan kerja yang lain! Memiliki quality time bersama si dia malah bikin kamu semakin sulit untuk menanganinya.


    Coba fokus ke pekerjaan lain (menyibukkan diri)

    Meski sudah berada di rumah (dan sudah jauh dari si dia), secara tak sadar kamu tetap memikirkannya – wajar, namanya juga lagi jatuh cinta. Tetapi ingat, kamu sedang menjalani ‘misi’ untuk menghilangkan bayangan si dia di dalam pikiran. Kalau seketika kamu memikirkannya, langsung lakukan aktivitas baru! Binge-watching Netflix series, bermain dengan binatang peliharaan, mengecek kembali tugas pekerjaan, baca berita terkini, semua hal bisa kamu lakukan untuk melenyapkan si dia secara perlahan, asal kamunya mau.




    Hmm... Jangan terlalu berlebihan saat membalas pesan, kalau perlu kurangi!

    Kalau biasanya si dia memancing untuk deep conversation dalam sebuah pesan, you need to back off. Tujuannya supaya dia tahu kalau kamu sudah mulai menjaga jarak. Coba kamu pikirkan, selama ini hubungan kalian sebenarnya sudah melewati garis batas ‘sekadar partner kerja’ – dengan saling mengirim pesan “Goodnight, sweet dreams!” Atau bahkan sex texts. Hmm.... This is just too much. So, buatlah perubahan – jawab pesan si dia dengan singkat, bahkan kalau kamu mau pura-pura lupa balas juga enggak masalah. Bersihkan chat history, mulailah dengan isi pesan yang hanya berkaitan dengan pekerjaan.


    Gabung dengan suatu komunitas

    Ini adalah kunci terakhir untuk menyudahi cinta lokasi. Kamu enggak bakalan bisa move on kalau setiap hari ketemu dengan orang yang itu-itu saja. Yang perlu kamu lakukan adalah.... Keluar dari zona nyaman a.k.a ikut komunitas sesuai dengan minat kamu. Memang sih pekerjaan di kantor sudah memakan banyak waktu, tetapi enggak ada salahnya kan untuk coba bergabung di suatu komunitas? Let say kamu sibuk di saat weekdays, tetapi kamu masih punya waktu senggang di akhir pekan. Stop the drama, mulailah kisah baru di luar dunia pekerjaan.


    Jangan stuck dengan kalimat “Cinta itu buta” – ada banyak cara supaya kamu bisa kembali ‘melihat’ sekitar. Good luck, gurl.


    (Image: Doc. Outnow.ch)