Beauty

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Pencet Jerawat

  by: Yovita Pratiwi       18/3/2019
  • Ugh… Geram deh rasanya sama jerawat! Selain mengakibatkan rasa perih, jerawat juga mengganggu penampilan, apalagi jika ada acara penting yang harus dihadiri. Rasanya tak tahan untuk memencet jerawat, right ladies? Terlebih lagi, perasaan setelah berhasil memencet jerawat just feels amazing. Hold up! Ternyata, kebiasaan memencet jerawat berakibat buruk untuk kulitmu, lho! Yuk, simak alasan mengapa kamu harus segera menghentikan kebiasaan memencet jerawat berikut ini. 


    1. Jerawat Merupakan Tanda Tubuh Kamu Sedang Menyembuhkan Diri Sendiri

    Ternyata, jerawat adalah respon tubuh terhadap bakteri dan pori-pori yang tersumbat. Tonjolan jerawat merupakan tanda bahwa tubuh kita tengah melakukan sesuatu utuk melawannya. Salah satu tips yang mungkin berguna untukmu adalah mengingat-ingat fakta ini saat timbul keinginan untuk memencet jerawat. 




    2. Kulitmu Mungkin Terluka Saat Memencet Jerawat


    Saat kamu memencet jerawat, secara paksa kamu mengeluarkan isi dari tonjolan tersebut – seperti bakteri, minyak, kotoran – dan tanpa sengaja merobek kulitmu. Kemungkinan besar, you’ll end up with an open wound. Oh no!


    3. Kamu Dapat Memperburuk Keadaan Jerawat


    Bukannya membaik, jerawat yang telah kamu pencet mungkin akan menjadi lebih irritated karena minyak dan bakteri makin terdorong ke dalam lapisan kulit, hingga jerawatmu malah membesar. Saat kamu memencet jerawat, bakteri dari jarimu mungkin saja pindah ke jerawatmu hingga menyebabkan jerawatmu semakin merah, terinfeksi, dan bengkak. 




    4. Jerawat Lain Mungkin Tumbuh


    Pernahkah kamu menemukan jerawat kedua muncul setelah memencet jerawat pertama? Memencet jerawat – terlepas dari berhasil atau tidak – akan membuat bakteri, minyak, dan kotoran tersebar oleh nanah yang keluar, menyebabkan tumbuhnya jerawat baru. 


    5. Bekas Jerawat Tak Dapat Dihindari


    Memencet jerawat akan menimbulkan luka yang kemungkinan besar meninggalkan bekas. Bekas jerawat akan sulit dihilangkan ketika sudah muncul. Simpan uangmu untuk prosedur laser di kemudian hari dengan cara menghindari memencet jerawat. Remember, ladies


    (Yovita Pratiwi. Image: Wang Tom, Peter Lamb, Designua, Zubada on 123rf)