Lifestyle

8 Musik Indie sebagai Pengantar Tidur Terbaik

  by: Givania Diwiya Citta       21/3/2019
  • Good evening, girls! Setelah lelah menjalani aktivitas harian yang dinamis, Cosmo yakin satu-satunya yang kamu butuhkan (tentunya setelah melalui proses berendam air hangat sambil menyalakan scented candle atau menyesap segelas wine), adalah tidur yang amat berkualitas. Untuk mendukung terjadinya tidur yang berkualitas, ambience dalam kamar nyatanya berperan signifikan untuk menciptakan mood nyenyak, lho!

    Berikut ini, Cosmo mengurasi sederetan musik pengantar tidur terbaik dari para musisi indie, yang melodi serta vokal distingtifnya akan membantu proses tidur kamu kian nyenyak dan berkualitas. Prepare to go deep down into your dreams




    The Moon Song – Karen O & Ezra Koenig

    Sebagai original soundtrack dari film Her, lagu ini punya kekuatan hipnotis yang akan membuat kamu terhanyut dengan emosi nyata yang dihasilkan dari kenyamanan rasa saat memercayai seseorang (meski dalam film kasusnya adalah percaya dengan sebuah perangkat kecerdasan artifisial). Dengan lantunan, “I’m safe and we’re a million miles away,” Cosmo yakin kamu sudah dalam perjalanan menuju alam mimpi sekarang…


    Sea of Love – Cat Power

    Musisi yang satu ini memang dikenal akan garapan melodi yang sering kali mampu menghanyutkan (ingat saja betapa powerful The Greatest itu…). Untuk lagu yang satu ini, Cat Power melakukan cover terhadap lagu Sea of Love yang orisinalnya diciptakan oleh Phil Philips. Namun gubahannya untuk track yang amat blues ini sukses digarap menjadi lullaby-minded, sederhana dengan petikan gitar dan alunan vokal Chan yang sendu.


    Baca juga: 10 Lagu Indie Romantis Terbaik dari Indonesia


    Bang Bang - My Baby Shot Me down – Nancy Sinatra

    Lagu yang menjadi soundtrack film Kill Bill ini nyatanya juga bisa menjadi alternatif pengantar tidur (yes, begitu kontradiktif dengan kemasan cerita filmnya, kan?). Nancy Sinatra menyanyikan ulang lagu orisinal Cher ini dengan cara yang paling slow, dan pada akhirnya sukses mengekspos rasa patah hati yang sebenarnya ingin diceritakan dalam lagu sekaligus inti film ini. 


    Quelqu’un m’a dit – Carla Bruni

    Musisi sekaligus mantan model Italia-Perancis ini dikenal akan musik pop berunsur folk yang mendayu. Seperti salah satu karyanya, Quelqu’un m’a dit yang ultimate dijadikan soundtrack film komedi romantis dengan sisipan heartbreak unik 500 Days of Summer. Bersiap untuk tenggelam dalam lagu nina bobo ini, apalagi jika kamu paham arti liriknya ;)




    Real Love – Tom Odell

    Yes, ini adalah gubahan ulang untuk salah satu lagu legendaris terakhir milik The Beatles. Jika The Beatles mengemasnya secara penuh mood haru, Tom Odell justru mengekspos emosi akan hasrat longing namun melegakan secara lebih intimate. Well, no need to introduce how this song will give you a deep sleep afterwards.


    Parachute – Sean Ono Lennon

    Masih berelasi dengan The Beatles, anak kedua dari John Lennon ini juga mahir menciptakan karya lagu penuh makna sekaligus bernuansa intimate dalam alunan melodi rock yang distingtif. Seperti salah satunya Parachute yang diambil dari album kedua Sean yang menghanyutkan ini.


    Fade Into You – Mazzy Star

    Dengan alunan dream pop khas Mazzy Star, lagu ini menjadi salah satu pengantar tidur terbaik dari scene musik indie. Meski klasik dari era ’90-an, namun Fade Into You dengan melodi tak berbelit serta lirik yang sendu romantis akan membuat pikiran kamu tenang dan nyaman sepanjang tidur.


    Clair de Lune – Kamasi Washington

    Ok, tentunya kamu sudah sangat familier dengan lagu yang teramat klasik dari Claude Debussy ini. Tapi coba dengarkan versi Kamasi Washington yang digubah secara jazzy dengan penggalan twist yang unpredictable. Cosmo jamin, dengan lagu lullaby material yang satu ini, tak hanya akan membuat tidur kamu tenang, namun jug mampu memantik mood dengan emosi positif selama kamu terlelap. Awake like a happy baby tomorrow!


    (Image: Esther Driehaus on Unsplash)