Better You

Oops, Ini Ciri-ciri Kalau Kamu Sedang Hamil!

  by: Astriana Gemiati       21/3/2019
  • “Kayaknya aku telat deh... Duh, perut aku sakit banget! Mungkin ga sih aku sedang hamil?”. Familiar ya mendengar obrolan itu.

    Keluhan-keluhan seperti itu memang kerap sering dilontarkan oleh para perempuan. Tanda-tanda kehamilan memang seperti gejala “datang bulan”, ada sebagian yang peka ada juga yang cuek, lho, dan menganggap ini adalah hal biasa. Padahal jika kamu telat sedikit mengetahuinya ada kemungkinan bisa terjadi gangguan pada kehamilanmu. Oh, no!




    Berikut Cosmo akan menjabarkan tanda-tanda kehamilan. Yuk, simak!


    1. Muncul flek atau bercak darah

    Terkadang gejala ini suka disalahartikan oleh sebagian para perempuan. Mereka menganggap ini adalah kemunculan bercak darah yang sama dengan siklus menstruasi. Ada baiknya kamu coba amati volume darah yang keluar. Jika dalam durasi jangka panjang, muncul sedikit bercak secara terus menerus, segera konsultasikan langsung ya ke dokter kandungan. Ini untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan jika kamu diketahui sedang mengandung.


    2. Kram perut

    Gejala ini hampir sama dengan tanda-tanda PMS. Bedanya, kamu akan merasakan sensasi kram perut yang luar biasa sakit dari biasanya di bagian perut bawah. Huuuhuu..

    Kram yang terjadi pada perut bagian bawah bisa disebabkan oleh penebalan dinding rahim beberapa hari setelah sel telur berhasil dibuahi. Telur yang sudah melewati fase pembuahan akan bergerak turun dan menempel pada dinding rahim. Untuk meminimalisir kram perut, kamu bisa mencobanya dengan mengisi air hangat ke dalam botol kaca. Setelah itu, letakan pada perut yang merasakan kram.


    3. Mood yang selalu berubah

    Tiba-tiba nonton serial drama telenovela saja kamu bisa emosional dan nangis tersedu-sedu. Hmm, ini bisa juga disebabkan karena dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon yang belum stabil di awal kehamilan. Kamu merasa lebih sensitif dan cepat baper, ladies!


    4. Payudara Lebih Sensitif

    Kamu merasakan payudara sedikit membesar, sensitif, dan terasa nyeri saat dipegang? Jika iya, bisa jadi ini tanda kehamilan, karena sedang meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Ciri-ciri hamil lainnya juga ditunjukkan dengan puting susu membesar, kencang, dan warnanya akan semakin gelap, juga terkadang terasa gatal. 


    5. Cepat merasa lelah

    Apapun aktivitasnya, kamu lebih mudah cepat letih dan ngantuk yang berlebihan. Ini disebabkan oleh keberadaan hormon progesteron lebih tinggi untuk mempertahankan kekuatan dinding atas rahim. Kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru semakin bertambah, yang mengakibatkan kamu seringkali kelelahan.


    6. Pusing dan Keringat Dingin

    Badan kamu tiba-tiba merasakan panas dingin disertai pusing dan sakit kepala. Ini diakibatkan oleh faktor fisik yang tanpa kamu sadari seperti rasa lelah, mual, lapar, dan tekanan darah rendah. Selain itu, peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan kamu lebih cepat sering pusing.


    7. Penciuman jadi lebih peka

    Biasanya trisemester pertama kehamilan menyebabkan hipersomia, yaitu peningkatan sensitivitas indera penciuman. Bahkan kamu bisa mencium aroma badan teman kamu dari jauh, lho!


    8. Mual dan muntah

    Hampir sekitar 50% orang hamil akan mengalaminya. Ini diakibatkan oleh peningkatan hormon GCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang secara tiba-tiba muncul di dalam aliran darah. Pemicu mual biasanya terjadi karena rasa sensitif saat mencium wewangian tertentu.


    9. Sering buang air kecil

    Janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibatnya ada peningkatan sirkulasi darah yang menyebabkan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering.


    10. Sembelit

    Gejala hamil memang bisa mengakibatkan semua hormon berubah termasul sembelit. Kendurnya otot dinding usus bisa jadi pemicu penyebabnya susah buang air besar. 




    11. Pinggang dan punggung sering pegal

    Ini dikarenakan bentuk tubuh kamu sedang mengalami perubahan tahap awal dan adaptasi dengan adanya keberadaan janin di rahim. Jika kamu merasa sakit berkepanjangan segera konsultasikan pada dokter.


    12. Tes kehamilan menggunakan test pack

    Kamu merasa semua gejala-gejala di atas hampir mengalaminya dan memutuskan untuk mengecek menggunakan tes kehamilan. Yang perlu diperhatikan adalah sangat penting untuk membaca petunjuknya bagaimana cara menggunakan. Kenapa? Test pack akan menunjukkan hasil akurat apabila hormon HCG dalam urin perempuan mencapai tingkat tertentu. Jadi, bukan berarti kamu membelinya pada saat itu juga kamu bisa langsung mendapatkan hasilnya.


    Ladies, tanda-tanda kehamilan diatas tidak menjamin semua perempuan akan mengalami hal yang sama. Ini dikarenakan karena setiap kondisi tubuh dan hormon yang dialami setiap perempuan juga berbeda-beda,


    Ternyata Positif Hamil

    Congratulation, ladies! Mendapatkan buah hati menjadi impian hampir semua perempuan dan pasangan kamu tentunya. Yuk, cari tahu kira-kira sudah berapa usia kehamilan kamu!


    Menghitung usia kehamilan

    Jika kamu suka lupa atau mengalami siklus haid yang tidak teratur, seperti misalnya hari ini siklus haid kamu per 30 hari tapi siklus berikutnya ternyata terhitung lebih cepat per 25 hari, atau justru lebih lama selama 35 hari. Namun biasanya rata-rata perempuan mempunyai siklus 28 hari. Hal yang pertama kamu perlu lakukan adalah mengetahui hari Pertama Haid Terakhir Anda atau biasa disingkat dengan HPHT.


    Caranya:

    1. Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)

    2. Bulan HPHT dikurang 3 (-3)

    3. Tahun HPHT (+1)


    Contoh:

    1. HPHT 16 April 2019

    2. Tanggal HPHT 16+7=23

    3. Bulan HPHT 4-3=1

    4. Tahun HPHT 2019+1=2020

    5. Maka hari hari perkiraan lahir adalah 23 Januari 2020


    ( Image: Freepik.com )