Better You

7 Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

  by: Giovani Untari       24/3/2019
  • Perubahan cuaca yang terjadi saat ini rentan membuatmu terserang penyakit, girls! Salah satu penyakit yang kerap muncul saat perubahan cuaca tak menentu adalah flu. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini pun membuat perasaan tak nyaman serta hidungmu tersumbat. Punya masalah ini? Mari simak sejumlah tips dari Cosmo untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Here we go:


    1. Minum Banyak Air Putih





    Saat terserang flu, tubuh kehilangan banyak cairan. Kamu perlu tetap menjaga tubuhmu selalu terhidrasi dengan minum air putih lebih rutin dari biasanya. Jadi ucapkan selamat tinggal sementara waktu untuk kopi dan the kesayanganmu dan beralihlah dengan minum lebih banyak air putih.Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi air putih dapat membuat lendir di hidungmu menjadi lebih mencair. Plus-nya lagi ini tentu akan membuat hidungmu jadi lebih mudah bernafas. Easy, right?


    2. Mandi dengan Air Hangat

    Mandi dengan air hangat tidak hanya mampu membuat tubuhmu lebih rileks. Ia juga dapat membantu sistem pernapasanmu lebih baik saat mengalami hidung tersumbat. Uap dalam air hangat membantu meredakan peradangan dan membuatmu lebih mudah dalam bernapas. Saran Cosmo, kamu juga bisa mencoba menggunakan sabun beraroma mint agar membuat hidungmu terasa lebih lega.


    3. Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi



    Sulit untuk tidur ketika hidung tersumbat menyerang? Kamu bisa mengakalinya dengan mencari posisi tidur yang tepat. Agar pernapasanmu tidak terganggu, kamu bisa mengatur posisi bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Trik ini bermanfaat untuk mencegah lendir berkumpul di area hidungmu yang berdampak pada hidung tersumbat. Sweet dream!


    4. Nyalakan Humidifier

    Time to set your humidifier! Alat ini membantu menjaga kelembapan udara di sekitarmu. Penggunaan humidifier sangat membantu saat terserang flu. Sebab faktor kelembapan udara ternyata berpengaruh pada lendir yang ada pada hidungmu saat flu. Udara yang baik dapat meredakan peradangan yang ada dan membawamu bernapas dengan lebih nyaman. 




    5. Gunakan Saline Nasal Spray

    Pertolongan selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan saline nasal spray. Cairan ini didesain untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang menganggu. Ia pun dapat membantu meredakan masalah sinus yang ada. Umumnya saline nasal spray dijual dalam bentuk spray ataupun obat tetes. Tertarik mencobanya?


    6. Konsumsi Vitamin



    Kondisi tubuhmu jelas mengalami penurunan kala terserang flu. Untuk itu cara terbaik adalah dengan memperbaiki sistem daya tahan tubuhmu agar lebih mudah melawan penyakit yang ada. Jangan lupa untuk turut menambahkan suplemen dan vitamin saat terserang flu, girls! Kamu bisa mengonsumsi Vitamin C, Vitamin D, serta Vitamin B6 untuk membuat tubuhmu lebih sehat.


    7. Pilih Makanan yang Tepat

    Beralih ke tips mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Sebaiknya kamu memilih makanan yang kaya akan cairan dan hangat seperti bubur ataupun sup ayam hangat. Tak hanya itu kamu juga bisa memilih bahan makanan yang baik bagi tubuh dan kaya vitamin seperti brokoli, yogurt, oatmeal, salmon, juga dark chocolate.

    Get well soon babe!


    Images: Dok. Freepik.com, Tenor.com.