Lifestyle

15 Film Romantis Unik yang Wajib Kamu Tonton

  by: Kezia Calesta       27/3/2019
  • Bosan menonton film romantis dengan jalan cerita yang klise, cheesy, dan mudah ditebak? Cosmo punya panduan untuk kamu berupa daftar film romantis unik yang wajib kamu tonton! Cerita film-film berikut memiliki kisah yang tak biasa, dan sebagian dapat menggugah emosi dan sisi hopeless romantic dalam diri kamu. Selamat menikmati!


    1. Eternal Sunshine of a Spotless Mind (2004)

    salah satu adegan di Eternal Sunshine of a Spotless Mind



    IMDb: 8.3/10 | Rotten Tomatoes: 93%

    “What a loss to spend that much time with someone, only to find out that she’s a stranger.”

    Setelah putus hubungan, Clementine (Kate Winslet) yang patah hati melewati prosedur penghapusan memori untuk melupakan kenangan bersama sang mantan, Joel (Jim Carrey). Saat mengetahui tindakannya, Joel pun ikut melakukan prosedur yang sama… sampai mereka berdua bertemu kembali di sebuah kereta dan jatuh cinta lagi. Film yang disutradarai oleh Michel Gondry ini memenangkan piala Oscar untuk Best Original Screenplay, dan Kate juga mendapat nominasi sebagai Best Actress.


    2. Amélie (2001)

    salah satu adegan di Amélie

    IMDb: 8.3/10 | Rotten Tomatoes: 89%

    “You don’t have bones of glass. You can take life’s knocks.”

    Romantic comedy with a touch of fantasy? Yes, please! Film Prancis yang disutradarai oleh Jean-Pierre Jeunet bercerita tentang seorang wanita muda, Amélie Poulain (Audrey Tatou), yang diam-diam suka membantu orang lain dengan berbagai cara yang imajinatif. Kebaikan hatinya dan takdir menuntunnya ke seorang pria misterius, dan penonton pun diajak untuk menelusuri kota Paris yang indah dari mata seorang Amélie.


    3. Blue Valentine (2010)

    salah satu adegan di Blue Valentine

    IMDb: 7.4/10 | Rotten Tomatoes: 87%

    “You always hurt the one you love… the one you shouldn’t hurt at all.”

    Blue Valentine menghancurkan ilusi “happily ever after” yang seringkali disuguhkan oleh film-film romantis. Selamat datang ke hubungan Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams) yang sangat realistis, di mana mereka mengalami masalah dalam pernikahan dan konflik yang tak kunjung selesai. It is heartbreaking, namun sutradara Derek Cianfrance memang tidak ingin membohongi penonton dengan dongeng cinta sejati.


    4. (500) Days of Summer (2009)

    salah satu adegan di (500) Days of Summer

    IMDb: 7.7/10 | Rotten Tomatoes: 85%

    “Some people are meant to fall in love with each other, but not meant to be together.”

    This is a story about boy meets girl, namun ini bukan sebuah kisah romantis yang klise – Tom (Joseph Gordon-Levitt) jatuh cinta dengan Summer (Zooey Deschanel), dan film ini menceritakan hubungan mereka yang berlangsung selama 500 hari dari perspektif sang pria. Bila kamu sedang mencari film dengan kisah cinta yang lebih realistis, ini film yang wajib ditonton. Plus, soundtrack film ini dipenuhi dengan lagu-lagu indie yang bisa kamu masukkan ke playlist!


    5. Moonrise Kingdom (2012)

    salah satu adegan di Moonrise Kingdom

    IMDb: 7.8/10 | Rotten Tomatoes: 93%

    “I love you, but you don’t know what you’re talking about.”

    Ah, young love. Sutradara Wes Anderson dan Roman Coppola menyuguhkan cerita cinta yang polos dan refreshing antara dua anak: Sam (Jared Gilman) merupakan seorang yatim piatu yang kabur dari kamp pramuka untuk bertemu dengan sahabat penanya, Suzy Bishop (Kara Hayward), seorang gadis pemberontak nan galak yang tidak betah tinggal di rumah. Mereka melarikan diri ke sebuah pulau terpencil tanpa memedulikan keluarga dan polisi yang sedang mencari keberadaan mereka.


    6. In the Mood for Love (2000)

    salah satu adegan di In the Mood for Love

    IMDb: 8.1/10 | Rotten Tomatoes: 90%

    "Feelings can creep up just like that. I thought I was in control."

    Ini dia film masterpiece oleh sutradara legendaris Wong Kar-wai! Pada tahun 1962, jurnalis Chow Mo-wan (Tony Leung) dan tetangganya, Su Li-zhen (Maggie Cheung) menjadi dekat saat mereka menemukan bahwa istri dan suami mereka sedang berselingkuh dengan satu sama lain. However, this movie is not about revenge – kedua pemeran utama malah berusaha menyangkal perasaan cinta yang bertumbuh agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama. Film ini telah memenangkan 12 penghargaan film dari Hong Kong, Prancis, Inggris, Jerman, dan Eropa, lho.


    7. Closer (2004)

    salah satu adegan di Closer

    IMDb: 7.3/10 | Rotten Tomatoes: 68%

    “Lying is the most fun a girl can have without taking her clothes off.”

    Sudah bosan dengan cerita cinta segitiga? This is next-level. Film yang memenangkan 8 penghargaan film termasuk 2 Golden Globe Awards ini mengilustrasikan cinta segi empat yang rumit dan disfungsional. Tidak seperti kisah In the Mood for Love, film yang dibintangi oleh Natalie Portman, Jude Law, Julia Roberts, dan Clive Owen ini lebih toxic, kasar, dan tidak realistis. It’s full of lies and mind games – are you up for it?


    8. Silver Linings Playbook (2012)

    salah satu adegan di film Silver Linings Playbook

    IMDb: 7.7/10 | Rotten Tomatoes: 92%

    “I love you. I knew it the minute I met you. I’m sorry it took so long for me to catch up, I just got stuck.”

    Setelah berpisah dengan sang istri dan menjalani perawatan di fasilitas kesehatan mental untuk gangguan bipolar, Patrizio Solitano Jr. (Bradley Cooper) kembali menjalani kehidupan sehari-hari dan membuat rencana untuk berdamai dengan mantan istrinya. Semuanya berubah saat Pat bertemu dengan Tiffany (Jennifer Lawrence) yang mengguncang hidupnya. Film romantis ini berbeda dari yang lain dan berhasil mendapat 20 nominasi penghargaan film. Wow!




    9. Lost in Translation (2003)

    salah satu adegan di film Lost in Translation

    IMDb: 7.8/10 | Rotten Tomatoes: 95%

    “The more you know who you are and what you want, the less you let things upset you.”

    In the mood for tender romance? Sutradara Sofia Coppola menciptakan sebuah kisah manis di tengah kesibukan kota Tokyo. Bob Harris (Bill Murray), seorang aktor film yang menua, bertemu dengan Charlotte (Scarlett Johansson) yang sedang menemani pasangannya bekerja. Sebagai dua orang asing di negeri baru, mereka menemukan kenyamanan dari satu sama lain dan menjalin hubungan yang berarti.


    10. Before Trilogy (1995, 2004, 2013)

    salah satu adegan di film Before Trilogy

    IMDb: 8.1/10 | Rotten Tomatoes: 100%

    “One of the most exciting things that’s happened to me is to meet somebody, make that connection.”

    Trilogi film Before Sunrise, Before Sunset dan Before Midnight berfokus kepada hubungan Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) yang melewati berbagai tahap dalam jangka waktu 18 tahun. Kamu akan merasakan perbedaan antara cinta, gairah, dan komitmen sambil melihat keindahan Vienna, Paris, dan Yunani. What’s not to love?


    11. Her (2013)

    salah satu adegan di film Her

    IMDb: 8/10 | Rotten Tomatoes: 94%

    “The heart is not like a box that gets filled up. It expands in size the more you love.”

    Patah hati setelah berpisah dari kekasihnya, penulis Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) menjalankan hidupnya sehari-hari dengan hati yang kesepian. Cerita dimulai saat ia membeli operating software baru yang dapat berbicara dengan kecerdasan buatan - setelah berbincang setiap hari dengan sistem canggih bernama Samantha yang memiliki suara wanita, Theodore pun menjadi semakin terpesona akan sebuah ilusi yang tidak nyata.


    12. Crazy, Stupid, Love. (2011)

    salah satu adegan di film Crazy, Stupid, Love

    IMDb: 7.4/10 | Rotten Tomatoes: 78%

    “When you find the one, you never give up.”

    Keharmonisan keluarga Cal Weaver (Steve Carell) runtuh saat istrinya (Julianne Moore) mengaku selingkuh dan ingin bercerai. Mendadak lajang di usia 40-an, Cal terlempar kembali ke dunia jomblo di mana ia bertemu dengan Jacob Palmer (Ryan Gosling), seorang pria playboy yang selalu sukses menangkap perhatian wanita manapun. Jacob pun berteman dengan Cal dan merubah gaya hidupnya secara total, sampai Jacob sendiri bertemu dengan Hannah (Emma Stone) yang mengguncang persepsinya tentang berkencan. This rom-com will make you laugh all night!


    13. The Shape of Water (2017)

    salah satu adegan di film The Shape of Water

    IMDb: 7.3/10 | Rotten Tomatoes: 92%

    “The way he looks at me, he does not know what I lack or how I am incomplete. He sees me for what I am.”

    Tertarik untuk menyaksikan kisah cinta yang janggal antara seorang wanita tunawicara dan seekor monster laut? This movie is not for everyone, namun sutradara Guillermo del Toro telah berhasil menyabet 18 penghargaan film dan 4 piala Oscar, termasuk Best Picture dan Best Director untuk film fantasi ini. 


    14. The Big Sick (2017)

    salah satu adegan di film The Big Sick

    IMDb: 7.6/10 | Rotten Tomatoes: 98%

    “Loving somebody this much sucks.”

    This is a true love story. Komedian Kumail Nanjiani memerankan dirinya sendiri dalam film The Big Sick, di mana ia menceritakan kisah cintanya bersama Emily V. Gordon (yang kini sudah menjadi istrinya). Kumail mengangkat sebuah topik yang relatable untuk banyak pasangan di luar sana, yaitu perbedaan ras - ia datang dari keluarga Islam yang tradisional, sedangkan Emily berasal dari Amerika. Hebatnya, film ini mendapat puluhan penghargaan, termasuk sebuah nominasi Oscar untuk Best Original Screenplay!


    15. Edward Scissorhands (1990)

    salah satu adegan di film Edward Scissorhands

    IMDb: 7.9/10 | Rotten Tomatoes: 90%

    “People are afraid of me because I am different.”

    Pure and sweet. Seperti Frankenstein dan Pinocchio, Edward Scissorhands (Johnny Depp) bukan manusia biasa, namun ia mempunyai perasaan - dan hati lembutnya luluh saat bertemu Kim (Winona Ryder) yang manis dan baik hati. Sayang, jari tangannya terbuat dari benda-benda tajam seperti pisau, gunting dan silet, maka ia tidak bisa berfungsi sebagai pria yang normal. Fun fact: hubungan Johnny dengan Winona bermula dari chemistry yang mereka rasakan saat bermain di film ini! 


    Ingin rekomendasi film lainnya? Berikut adalah 15 film legendaris terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan.


    (Image: doc. outnow.ch / various / Ilustrasi: Maya Putri)