Lifestyle

Aksi Aktif Tanpa Anemia dari Andalan untuk Perempuan Dinamis

  by: Givania Diwiya Citta       28/3/2019
  • “Women who stand for their body, can improve their health, future, and life.”


    Cosmo couldn’t agree more! Karena saat perempuan memilih untuk memiliki kontrol akan perencanaan kehidupannya, ia bisa lebih leluasa dalam mengelola kehidupan personalnya yang akan berdampak lebih dari sekadar bermanfaat untuk dirinya sendiri. Mulai dari manajemen waktu untuk kariernya, keharmonisan keluarga, hingga menjaga intimasi dengan pasangan. Begitu pula pentingnya terhadap perencanaan dalam kehidupan berumah tangga di era yang kian kompleks dan dinamis kini. Karena lebih dari merencanakan tentang level lebih lanjut dari sebuah hubungan – alias pernikahan – perencanaan dalam pembangunan keluarga yang matang justru signifikan untuk mewujudkan rumah tangga yang joyful. Seperti tak luput tentang pertimbangan akan keputusan kapan ingin memiliki anak, hingga jumlah anak yang ingin dimiliki.






    Maka dari itu, sebagai salah satu penyedia solusi bagi kesehatan reproduksi selama 13 tahun di Indonesia, DKT Indonesia yang dikenal telah menghadirkan empat brand kontrasepsi mulai dari kondom Sutra, kondom Fiesta, Supreme Premium Condoms, hingga yang menjadi top of mind untuk kesehatan reproduksi perempuan, Kontrasepsi Andalan, lantas mengkreasikan inovasi untuk menginspirasi lebih banyak perempuan dalam aktif beraktivitas sambil menjalani perencanaan hidup rumah tangga yang matang. 


    “Planning is bringing the future into the present.”


    Manifestasi yang diwujudkan pun hadir dalam bentuk Pil KB Andalan FE yang memiliki kandungan ekstra akan zat besi. Karena nyatanya, kandungan zat besi (Ferrous Fumarate) berperan memegang kunci kesehatan perempuan dalam mencegah anemia. Berdasarkan data yang dilansir Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017, 60% penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi, padahal perempuan – dengan segala tuntutan untuk multitasking – harus tetap mampu menjalankan berbagai kegiatan aktif dan dinamis secara seimbang. Sementara itu, laporan World Bank tahun 2017 melansir bahwa dalam sehari, terdapat empat ibu di Indonesia yang meninggal akibat melahirkan. Dengan angka yang tinggi tersebut, kesehatan reproduksi termasuk lewat mengonsumsi asupan nutrisi kaya zat besi yang mampu mencegah anemia, menjadi salah satu komponen esensial dalam meraih pola hidup yang sehat.






    Dalam Pil KB Andalan FE yang memiliki kandungan zat besi 75 mg pada pil plasebonya, terdapat fungsi tinggi dalam mengatasi gejala anemia pada saat menstruasi, berkat perannya dalam merangsang proses pembentukan sel darah merah. Pil ini pun menghadirkan perlindungan ganda dalam mencegah kehamilan, sekaligus dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi. Bahkan lebih dari itu, kontrasepsi oral ini mampu membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur, mengurangi nyeri saat menstruasi, hingga mengurangi risiko kanker ovarium berkat kandungan hormon progestin dan hormon estrogen di dalamnya.




    Selaras dengan gerakan women empowerment yang diusung DKT Indonesia, sebuah trip dalam mewujudkan aksi #AktifTanpaAnemia pun dilangsungkan bersama Andalan Kontrasepsi selama 25 hingga 26 Maret 2019 lalu. Dengan tema staycation di Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf, Bogor, Andalan Kontrasepsi merealisasikan sebuah acara yang mendorong perempuan Indonesia untuk tetap aktif, memiliki perencanaan hidup yang matang, dan memiliki kehidupan aktif yang seimbang lewat serangkaian aktivitas dinamis. Di antaranya melibatkan talk show bersama dr. Tirsa Verani, Sp.OG dan Norina Veronica selaku Product Manager Andalan Kontrasepsi, lalu workshop menyulam untuk memantik kreativitas serta fokus, sesi zumba glow in the dark di bawah langit terbuka kota Bogor yang refreshing, hingga belajar memasak menu Chicken Liver Pate dan Granola Bar yang kaya akan zat besi, demi melengkapi nutrisi kesehatan tubuh yang secara mudah bisa diaplikasikan langsung dari rumah. A woman’s worth in one exquisite journey, indeed. Viva señoras!


    (Image: Dok. Cosmo, Ilustrasi: S. Dewantara)