Beauty

Wajib Tahu! Semua Tentang Skincare Hyaluronic Acid!

  by: Fariza Rahmadinna       4/3/2020
  • Jika kamu menginginkan kulit yang lebih halus dan lembut, ada satu kandungan skincare yang benar-benar kamu butuhkan. Apakah itu? It’s hyaluronic acid! Kandungan skincare yang satu ini sedang banyak digunakan di berbagai produk skincare karena dipercaya dapat memberi dan menjaga kelembapan pada kulit. Tidak hanya itu, ternyata masih banyak hal lain yang dapat diberikan oleh hyaluronic acid. Mau tahu apa saja? Well, here's everything you need to know about hyaluronic acid. Simak artikel ini sampai habis ya!  


    Apa itu hyaluronic acid?




    Hyaluronic acid adalah bahan skincare aktif yang bersifat mengikat air. Kandungan ini akan membantu menjaga kadar air di dalam kulit, sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain terdapat dalam produk skincare, hyaluronic acid juga diproduksi secara alami oleh tubuh kita, lho. Namun, jumlah hyaluronic acid ini dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia. 


    Hyaluronic acid merupakan salah satu kandungan skincare yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Karena fungsinya lebih terfokus pada kadar air, maka kandungan ini tidak akan membuat kulit menjadi berminyak. 


    Jadi, apa saja manfaat hyaluronic acid lainnya?


    1. Jika kulit kamu terhidrasi dengan baik, itu akan membuat kulit jauh lebih cerah, bercahaya, lembut, sehat dan halus. See ya, Insta-filter!


    2. Ketika kulit kamu terhidrasi dengan baik, garis-garis dan kerutan akan tampak berkurang. Sounds pretty great, right?


    3. Penelitian menunjukan bahwa hyaluronic acid memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. 




    4. Area sekitar mata cenderung lebih tipis dan mudah kering, sehingga perlu lebih banyak kelembapan. Oleh karena itu, produk krim mata yang mengandung hyaluronic acid mampu membuat area sekitar mata terasa lebih lembap dan segar.


    Apakah aman digunakan kulit sensitif?

    Hmmm.. mungkin kamu bertanya-tanya, apakah hyaluronic acid aman digunakan untuk kulit sensitif dan bisakah digunakan setiap hari? Jawabannya, iya! Ini karena hyaluronic acid tidak menyebabkan kulit terkelupas dan memiliki risiko yang rendah untuk mengiritasi kulit.  


    Kapan sebaiknya mulai menggunakan produk yang mengandung hyaluronic acid? Sekarang juga! Di usia ini, sebaiknya kamu mulai menggunakan produk skincare yang bekerja menghalangi penuaan. Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah asam hialuronat yang diproduksi oleh sel-sel kulit kita mulai berkurang dan pergantian sel bisa menjadi lambat - ini menyebabkan garis-garis halus, kerutan. Selain itu, bertambahnya usia juga membuat kelembapan kulit menurun - ini membuat kulit kehilangan elastisitas dan memperlihatkan tanda-tanda penuaan pada kulit. 


    Kamu juga dapat menggunakan hyaluronic acid ketika kulit mengalami dehidrasi. Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi merupakan suatu kondisi yang memiliki kadar air yang rendah. Ini menyebabkan kulit kusam, timbulnya kerutan dan garis-garis halus. Jadi, kandungan ini adalah salah satu pilihan yang juga bersahabat untuk jenis kulit berminyak. 


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Shiny Diamond on Pexels)