Lifestyle

10 Film Romantis Era ’90an untuk Ditonton Ulang

  by: Givania Diwiya Citta       3/3/2020
  • Selamat datang kembali di era di mana genre romansa menjadi masa keemasan industri film. Yes, this is the ’90s! Cosmo pun merangkum kembali 10 film romantis di tiap tahun sepanjang era ’90an untuk ditonton ulang sepanjang musim hujan yang rasanya semakin menghidupkan atmosfer asmara. Happy watching, happy giggling, happy sobbing!


    Ghost (1990)





    Dengan sentuhan fantasy thriller, film yang dibintangi Demi Moore dan Patrick Swayze ini lantas jadi film hot (figuratively and literally) di tahun 1990. Ini adalah kisah tentang seorang perempuan yang kalut akibat kehilangan pasangannya yang terbunuh, serta bantuan dari seorang psychic (Whoopi Goldberg) yang bertugas menyelamatkan hidupnya. Film ini bahkan dinominasikan ke lima kategori sekaligus dalam Oscar, salah satunya Best Original Score untuk lagu Unchained Melody yang adegannya legendaris itu. Sway, baby, sway.


    Beauty and the Beast (1991)



    Tale as old as time… inilah film animasi musikal romantis dari Walt Disney yang menceritakan tentang hubungan cinta sejati antara seorang perempuan muda dan makhluk buas yang dikutuk. Cosmo yakin kita semua hafal dengan ceritanya, bahkan hafal dengan semua soundtrack dalam film! Ah… ayo tonton film romantis ini sekali lagi, dan terpukau lagi bagaimana film ini memenangkan Best Motion Picture – Musical or Comedy dalam Golden Globe, serta mencetak sejarah sebagai film animasi pertama yang dinominasikan dalam kategori Best Picture di Oscar.


    Porco Rosso (1992)



    Film karya Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli juga tak kalah mengambil sorotan film romantis di era ’90an, meski dalam level yang lebih underrated. Film ini mendapat penerimaan critical dari Annecy International Animated Film Festival sebagai Feature Movie, dan Rotten Tomatoes pun memberikan rating sebesar 94%. Jika kamu belum menontonnya, you should do at least once in your life! Saksikan bagaimana makna romantis dalam wujud afeksi dan passion diceritakan pada seorang mantan pejuang Perang Dunia I, serta orang-orang yang ia lintasi dalam hidupnya.


    The Piano (1993)



    Film drama romantis asal Selandia Baru ini juga sukses meraih penghargaan film internasional, salah satunya gelar Palme d’Or di Cannes Film Festival, juga meraih tiga piala Oscar dari total delapan nominasi. Dengan latar pertengahan abad ke-19, drama romantis ini menceritakan tentang perjalanan seorang perempuan yang membisu karena psikis, gagal dalam sebuah pernikahan yang dijodohkan, dan menemukan kembali cinta pada dirinya dan orang lain melalui piano.


    Reality Bites (1994)



    Drama komedi romantis yang dibintangi Winona Ryder dan Ethan Hawke ini sempat hits di era ’90an karena sorotan fokus cerita yang mengekspos gaya hidup Gen X, generasi dominan yang dielukan di era ini. Ini adalah cerita tentang Lelaina (Winona) sang videografer yang sedang mengerjakan dokumenter kehidupan kawan serta teman serumahnya, yang menyentuh tentang topik hubungan, asmara, karier, sampai tantangan hidup lainnya.


    A Walk in the Clouds (1995)





    Drama romantis yang dibintangi Keanu Reeves ini menceritakan tentang seorang prajurit muda yang pulang ke rumah setelah Perang Dunia II usai. Setelah gagal membangun keluarga, ia menjelajah Sacramento sendirian dan kemudian jatuh cinta dengan seorang perempuan yang tengah mengandung. Jalinan cinta keduanya pun harus bertahan melewati penolakan dari keluarganya. Young-Keanu lovers, this one is for you.


    Jerry Maguire (1996)



    Film komedi romantis berlatar dunia olahraga ini berhasil membawa Tom Cruise, sang pemeran utama, memenangkan Golden Globe untuk kategori Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy, lho! Bagaimana tidak… Cosmo pun rasanya bisa ikut smitten saat menontonnya memerankan konsultan teknis untuk tim olahraga ini, apalagi saat mendengarkan lagi soundtrack Secret Garden dari Bruce Springsteen dalam film ini. Love is always in the air!


    Titanic (1997)



    Tak perlu diragukan lagi, Titanic sukses membuat hati penontonnya campur aduk, mulai dari asmara yang menggebu-gebu antara Rose dan Jack, sampai dibuat menangis pilu akan bencana kapal Titanic serta pengorbanan Jack. Soundtrack-nya? Heart-wrecking! Pantas saja film ini dinominasikan ke 14 kategori dalam Oscar, dan membawa pulang 11 piala!


    You’ve Got Mail (1998)



    Ini juga salah satu film rom-com favorit Cosmo! Meg Ryan dan Tom Hanks (yang bermain peran bersama lagi setelah Joe Versus the Volcano dan Sleepless in Seattle) lagi-lagi sukses menghidupkan emosi dan api asmara dalam film. Tapi yang unik, You’ve Got Mail punya latar online romance yang segar di era ’90an, tapi juga sekaligus pesaing bisnis, tapi saling rindu untuk cinta sejati.


    10 Things I Hate About You (1999)



    Definitely Cosmo’s another favorite! Lagipula, siapa yang tidak bisa ikut stan Heath Ledger dan Julia Stiles di film ini? Latar percintaan SMA yang comical tapi romantis ini melibatkan empat pasangan remaja yang melewati berbagai trick sampai rintangan untuk akhirnya bersama dengan cintanya masing-masing. Always and forever a lovebird!


    (Givania Diwiya / Images: Outnow.ch / Layout: S. Dewantara)