Lifestyle

Serunya Mencoba Kuliner Mediterania di Mare Nostrum Jakarta

  by: Giovani Untari       1/3/2020
  • Kuliner yang berfokus pada masakan khas Mediterania bisa dibilang cukup unik dan jarang ditemukan di Jakarta saat ini. Maka kehadiran Mare Nostrum sebagai salah satu restoran terbaru yang mengusung konsep makanan khas Mediterania resmi dibuka, rasanya seperti sebuah angin segar bagi peta gastronomi di ibukota.

    Terletak di lantai 18 Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta, Mare Nostrum merupakan hasil konseptual dari Marc Mallolas, seorang entrepreneur yang lahir dan dibesarkan di Barcelona. Terinspirasi pada kultur dan makanan khas Mediterania yang berwarna, Marc pun lantas mengambil langkah membuka Mare Nostrum di Jakarta.




    Tak tanggung-tanggung, menu yang terdapat di Mare Nostrum ini didesain langsung oleh 3 Michelin Star Chefs yaitu Oriol Castro, Mateu Casañas dan Eduard Xatruch. Tiga chef ini pula yang menjadi titik dari restoran terkenal Disfrutar Barcelona, sekaligus Restoran Terbaik nomor 9 di Dunia.

    Bahkan untuk mendapatkan rasa dan menu yang terbaik bagi para pengunjung di Indonesia, sang Executive Chef Mare Nostrum Jakarta yaitu Michael Suyanto langsung berangkat ke Barcelona untuk bertemu dengan ketiga chef ternama tersebut. Wow!



    THE VIBES

    Satu hal yang langsung mencuri perhatian kala Cosmo tiba di Mare Nostrum adalah interiornya yang flattering. Rasanya setiap sudut dari restoran ini terlihat begitu Instagramable dengan kontradiksi vibes nan vibran di area bar dan warna pastel yang lebih subtle untuk area dining (dan mengingatkan Anda pada warna-warna di film Wes Anderson!). Bahkan kamu seperti diajak memasuki dunia yang begitu berbeda dan terasa peaceful meski Mare Nostrum terletak di pusat kota Jakarta. 




    Ya, Mare Nostrum memang membagi dua area di dalamnya yaitu area dining dan area bar sekaligus 2 private area di dalamnya. Masih dengan DNA-nya pemilihan ambience dari Mare Nostrum juga berangkat dengan style ala Mediterania. 

    Satu lagi yang menjadi titik poin dari Mare Nostrum adalah restoran ini terbilang sangat luas, bahkan mampu menampung hingga 200 orang di dalamnya.


    THE FOOD

    Here we go! Rasanya tentu belum lengkap bukan jika Cosmo tak mencoba langsung rangkaian hidangan spesial dari Mare Nostrum.

    Menu pertama yang Cosmo cicipi adalah sebuah appetizer nan unik bernama Vitello Tonato "Mare Nostrum". Menu ini datang dalam bentuk saus berwarna putih nan creamy yang berisi potongan daging tenderloin di dalamnya. Ia pun disajikan dengan ciabatta bread dan rasa gurih mendominasi menu pembuka satu ini. Bagi kamu penggemar sensasi rasa creamy khas mayones, Cosmo tebak kamu akan jatuh cinta dengan menu satu ini.


    Pilihan menu dengan sensasi seafood khas Mediterania juga menjadi menu yang menyapa Cosmo selanjutnya yaitu Salmon Fritter. Digoreng hingga berwarna golden brown, menu ini tak hanya cantik tetapi juga memanjakan lidah dengan komposisi daging salmonnya yang melimpah. Tekstur salmonnya yang lembut seketika langsung meleleh di mulut saat mencicipinya. Belum lagi menu ini juga disajikan dengan lemon foam yang memberi cita rasa refreshing.




    Ada juga menu Slow Cooked Egg with Potato Foam, Mushroom, and Truffle. Kombinasi dari kentang, jamur, truffle dan telur yang dimasak dengan teknik spesial ini juga identik dengan rasa yang gurih dan legit! Aroma truffle pun semakin meningkatkan selera makan.


    Masuk ke menu utama, Mare Nostrum menawarkan Vegetable Paella sebagai hidangan highlight hari itu. Sesuatu yang berbeda pasalnya paella umumnya identik dengan sajian seafood paella. Tetapi di sini, Mare Nostrum "menyulap" paella dengan kombinasi Italian rice, asparagus, brokoli, zucchini, dan cherry tomato yang disajikan bersama keju buratta. Hasilnya? Sebuah menu bercita rasa gurih dan bumbu spesialnya yang tidak terlupakan. Menu satu ini cukup mencuri perhatian dan rasanya sulit untuk ditemukan di tempat lainnya. Psst.. Vegetable Paella ini juga hadir dengan ukuran yang besar sehingga bisa kamu santap bersama 3-4 orang. Because sharing is caring!


    Beralih ke dessert, Cosmo mencoba 2 varian dessert yang berbeda dari Mare Nostrum yaitu Creme Catalana with Strawberry and Mango Sorbet. Sesuai namanya, dessert ini didominasi sensasi rasa asam-segar khas buah stroberi dan mangga. Untuk menyeimbangkannya di atasnya disajikan pula krim dengan rasa vanila yang manis. Terakhir ada Liquid Chocolate Bonbons with Blackcurrent Sorbet. Menu tersebut tak kalah exceptional sebab ketika kamu mengigitnya, dark cokelat cair didalamnya akan langsung menyebar ke dalam mulut. Mare Nostrum juga menyajikan menu ini bersama blackcurrent Sorbet sebagai penutup yang manis.


    Dengan totalitas membawa unsur Mediterania ke dalam setiap menu dan ambience-nya, Mare Nostrum dapat menjadi opsi kamu mencoba pengalaman gastronomi terbaru di ibu kota. Terlebih letaknya yang strategis di pusat Jakarta dan berkapasitas mumpuni. Restoran ini juga tidak sekadar menawarkan makanan tetapi juga akan mengajak kamu belajar lebih dalam seputar kuliner khas Mediterania, sebab para staf yang menyajikan makanan sembari menginformasikan bagaimana cara terbaik mencicipi makanan tersebut. Menu yang dibawa oleh Mare Nostrum pun umumnya cocok disantap secara sharing, jadi tak ada salahnya datang bersama orang terdekatmu ke sini.

    Enjoy the experience!


    (Giovani Untari / Images: Dok. Cosmopolitan Indonesia / Ilustrasi : Dyah Puspasari)