Fashion

Penting! Ini 5 Cara Mencuci Sepatu Sesuai Bahannya

  by: Hendry Leo       1/3/2020
  • As we know, sepatu adalah salah satu item penting dalam menunjang penampilan. Mungkin, hampir setiap hari kamu mengenakan sepatu baik saat bekerja maupun bersantai. Pemakaian yang rutin tentu membuat kamu harus lebih berhati-hati dalam merawatnya agar tidak cepat rusak dan kotor. Untuk itu kamu harus membersihkannya 2 minggu sampai sebulan sekali agar selalu tampak keren, lho. Berikut Cosmo berikan 5 cara membersihkan sepatu sesuai dengan bahannya. Check this out!

    1. Kanvas

    Mencuci sepatu bermaterial kanvas tidak begitu sulit, kamu cukup merendamkannya ke dalam air hangat. Lalu, cuci dengan menggunakan sabun cair sejenis pencuci piring dengan sikat berbahan nilon. Jika kamu ingin membersihkan sol sepatu, cukup rendamkan kembali ke dalam air yang bersih kemudian gosokkan sol secara perlahan. Setelah itu, bilas sepatu dengan air yang mengalir dan diamkan hingga kering secara alami. 





    2. Kulit

    Mencuci sepatu jenis kulit memang harus lebih berhati-hati. Hindari mencucinya dengan cara menyikat dengan sikat berbahan nilon, karena dapat menimbulkan goresan pada bagian kulitnya. Oleh karena itu, kamu cukup mencucinya dengan menggunakan campuran air dan cuka. Kemudian gunakan kain atau lap kering lalu celupkan ke campuran tersebut. Bersihkan secara perlahan pada sepatu. Jika ada noda membandel, kamu bisa menggunakan sabun atau shampoo.



    3. Suede

    Saat mencuci sepatu berbahan suede, kamu harus menggunakan sikat khusus agar tidak merusak bahan. Pilihlah sikat dengan bahan yang lembut sehingga saat menggosoknya, busa sabun pada sepatu juga ikut menghilang. 



    4. Denim

    Sama seperti bahan kanvas, kamu bisa mencucinya dengan merendamkannya menggunakan air hangat dan deterjen. Namun, kamu harus menyikatnya dengan perlahan-lahan agar denim tidak mudah rusak atau pudar. Lalu diamkan sampai kering.





    5. Patent Leather

    Untuk jenis yang satu ini, sama seperti bahan kulit namun memiliki tekstur mengilap. Untuk pembersihannya pun cukup mudah, kamu hanya membersihkannya menggunakan kain lembut ke bagian yang terkena noda. Kalau ingin hasil lebih sempurna, semprotkan spray khusus sepatu agar tampak seperti baru dan mengilap.



    So, semoga tip tadi bisa bermanfaat untuk kamu ya ladies!



    (Teks: Hendry Leo/ Foto: instagram.com)