Lifestyle

Ini Dia Barang yang Wajib Kamu Bawa ke Konser K-Pop

  by: Alvin Yoga       5/3/2020
  • Raise your hands if you are a K-pop fans! Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans K-pop selain menunggu idola mereka mengeluarkan album atau single terbaru tentu saja perhelatan konser di negara sendiri. And good news for you (and us, yeah, so do us), di tahun 2020 ini, ada sederet konser K-pop yang akan digelar di Indonesia, mulai dari NCT Dream sampai dengan G-IDLE. Ayo ngaku, siapa yang sudah membeli tiketnya?

    Well, menonton konser K-pop sendiri merupakan pengalaman yang sayang untuk dilewatkan. Jika biasanya kamu hanya menyaksikan sang idola menyanyi dan menari dari layar kaca, saat konser kamu bisa menyaksikan secara langsung pertunjukkan dari sang idola. Nah, kalau kamu berencana mendatangi konser K-pop di tahun ini, ada baiknya kamu menyiapkan diri dengan baik. Tiket sudah di tangan? Bagus! Sekarang, cari tahu apa saja barang bawaan (yang compact!) yang wajib kamu bawa ketika datang ke konser K-pop. Simak!




    1. Fanny Pack

    Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika kamu akan menonton konser K-pop adalah jangan membawa tas berukuran besar (bye-bye ransel!) dan bawa tas berukuran kecil yang compact dan nyaman untuk digunakan. Ukuran tas yang kecil akan memudahkan kamu untuk mengawasi barang-barang bawaan, dan akan sangat membantu ketika kamu sedang menonton konser – terlebih untuk kamu yang gemar memilih tiket di kategori standing. Masalahnya, tas berukuran besar akan menyulitkan kamu ketika sedang menonton (dan berteriak), berdesak-desakan dan mengangkat light stick. Pandanganmu pasti akan tertuju pada oppa-eonni di atas panggung (sudah jelas!). Jadi, pilihan tas terbaik untuk dibawa ketika konser adalah tas berukuran compact seperti fanny pack.


    2. Lightstick

    Tidak wajib, tapi kalau kamu punya, tak ada salahnya kamu membawa lightstick milikmu ke konser. Benda mirip senter dengan bentuk yang unik (setiap grup K-pop punya bentuk khasnya masing-masing) dan lampu kecil di bagian atasnya ini merupakan salah satu item yang paling banyak dibawa oleh para penggemar konser K-pop. Bisa dikatakan, lightstick merupakan bentuk penyemangat sekaligus tanda cinta dari fans K-pop untuk idola mereka yang sedang tampil di atas panggung.

    Ada baiknya, sehari sebelum berangkat, pastikan lightstick milikmu siap digunakan. Cek apakah lightstick-mu masih berfungsi dengan baik, dan lihat apakah kualitas baterainya masih prima. Isi ulang baterai lightstick-mu atau ganti baterainya dengan yang baru jika memang perlu diganti. Pastikan juga tali strap terpasang dengan baik di bagian bawah lightstick sehingga tongkat ini tidak mudah terlepas dari genggaman ketika sedang menonton konser.


    3. Powerbank

    Barang berikutnya yang tak kalah wajib untuk dibawa ke konser K-pop adalah powerbank. Apalagi kalau kamu harus datang ke lokasi konser sedari pagi demi mengantri tiket masuk, benda yang satu ini jelas tak boleh ketinggalan. Pastikan kamu sudah mengisi ulang powerbank-mu di malam sebelumnya, juga pastikan kabel yang kamu miliki berfungsi dengan baik. Hal ini penting kamu lakukan supaya handphone-mu tetap aktif ketika akan mengabadikan momen sang idola.


    4. Lip & Cheek

    Meski mayoritas konser berlangsung di malam hari, namun tak sedikit fans K-pop yang rela mengantre berjam-jam sejak pagi hari demi menunggu idola kesayangan mereka. Tak aneh makanya, jika banyak penggemar K-pop perlu melakukan touch-up sebelum konser dimulai. Good news is, saat ini ada banyak produk kecantikan yang merilis liptint 2-in-1, sehingga selain bisa digunakan untuk memoles bibir, produk ini juga bisa digunakan untuk memoles pipi kamu. Produk ini sangat praktis untuk dibawa ke konser, karena membuatmu tidak perlu membawa dua produk sekaligus.


    5. Tabir Surya

    Kalau kamu berniat untuk menunggu konser tersebut dari pagi atau siang hari, ada baiknya kamu membawa tabir surya. Bingung memilih membawa sunscreen atau sunblock? Sunscreen biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan, sedangkan tekstur sunblock cenderung lebih berat dan membuat kulitmu sedikit berminyak. Sedikit tips dari Cosmo, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, gunakan sunscreen karena teksturnya lebih ringan sehingga ramah pada pori-pori. Namun kalau kamu takut kulitmu akan terbakar, gunakan sunblock yang efektif untuk di luar ruangan.




    6. Mini fan

    Selain tabir surya, untuk kamu yang berniat menunggu di lokasi konser dari beberapa jam sebelumnya, kamu perlu membawa kipas angin elektrik mini atau mini fan. Benda yang satu ini merupakan salah satu barang bawaan favorit para penggemar konser K-pop, dan cukup membantu untuk mengusir hawa panas serta udara lembap ketika sedang menunggu sang artis idola. Sebelum masuk ke dalam tas kecilmu, pastikan juga bahwa kamu sudah mengisi ulang (atau mengganti) baterai mini fan-mu dari sehari sebelumnya.


    7. Dompet

    Kalau biasanya kamu membawa dompet berukuran super-besar dengan deretan kartu-kartu penting di dalamnya, maka untuk sementara lupakan dulu dompetmu itu dan pindahkan kartu identitasmu (serta kartu debitmu) ke dalam sebuah dompet kecil seukuran card holder. Selain tidak membuat tas kecilmu terlihat “penuh”, dompet berukuran compact seperti ini juga sangat praktis. Sedikit tips untukmu, jangan lupa juga untuk membawa uang tunai seperlunya. Kamu akan membutuhkan uang tunai untuk banyak keperluan, seperti membeli makanan dan minuman hingga membeli merchandise.


    8. Smartphone

    Ini dia hal terpenting yang harus kamu bawa ketika datang ke konser K-pop: smartphone! Selain berguna untuk berkirim pesan, smartphone juga bisa membantumu mengusir waktu bosan ketika sedang menunggu (tentu saja dengan membuka media sosial). Plus, karena kamu tidak diperkenankan membawa kamera profesional ke dalam lokasi konser, kamu akan sangat bergantung pada kamera smartphone untuk mengambil foto dan video ketika idolamu berada di atas panggung.


    And here’s a good news for you: ada smartphone baru berukuran compact untuk tas minimalismu. Samsung Elecronics resmi memperkenalkan Samsung Galaxy Z Flip, smartphone dengan layar kaca lipat pertama dari Samsung. Ingin tampil stylish? Samsung Galaxy Z Flip bisa (banget) menjadi fashion statement kamu berkat bentuknya yang futuristis dan tampilannya yang fashionable.


    Dan, jangan tertipu oleh penampilannya yang compact, karena meski ukurannya mini, smartphone ini memiliki memori 8GB RAM dan internal storage sebesar 256GB, cocok untuk kamu yang ingin mengambil foto dan merekam video (oppa!) ketika konser.


    Tak cuma itu, smartphone ini juga bisa menghasilkan video 4K dan hasil rekaman yang Super Steady. Mengambil video konser sambil bergoyang dan melompat-lompat? Hasilnya akan tetap maksimal dengan teknologi dari Samsung Galaxy Z Flip. Cool, right?

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Samsung Electronics Indonesia, Vishnu R Nair on Unsplash)