Lifestyle

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Album Keenam Lady Gaga

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/3/2020
  • Tak perlu lagi menunggu, Little Monsters. Setelah tiga tahun tanpa album Lady Gaga, 2020 adalah tahun di mana ratu pop ini akan memberkati kita dengan karya musik terbarunya. New decade, new Gaga, setuju?

    Kita telah mendapat konfirmasi bahwa sebuah album akan segera dirilis ketika Gaga mengumumkan single terbarunya "Stupid Love", yang sudah dirilis pekan lalu. Beberapa Little Monsters telah membocorkan lagu ini enam bulan yang lalu, sih, tapi terkadang itulah yang terjadi ketika para fans benar-benar tidak sabar dan butuh karya baru untuk dibahas. ¯\_(ツ)_/¯

    Tanpa basa-basi, Cosmo akan memberi tahu segala hal yang kami ketahui tentang album keenam Lady Gaga yang akan datang, Chromatica, selagi kita mencoba untuk sabar hingga tanggal rilisnya tiba.




    Apa yang telah Gaga katakan tentang Chromatica (aka LG6) sejauh ini?

    Sejujurnya, tidak banyak. Pada November 2017, Gaga memberi tahu Entertainment Weekly bahwa ia sedang bekerja keras menciptakan lagu-lagu baru. "Saya telah mulai menulis," katanya pada saat itu. "Saya memiliki banyak ide dan banyak hal yang ingin saya buat, so kamu akan melihatnya sebentar lagi. Saya butuh waktu untuk berkarya."

    Dan jika kamu belum tahu, Gaga sempat mengunggah tweet ini:



    Hal yang paling pasti yang Cosmo tahu sejauh ini adalah single pertama Gaga "Stupid Love", dirilis pada Jumat lalu. 




    Umm, apakah LG6 sudah memiliki nama?

    Yup! Dan sebenarnya nama tersebut tercantum di sampul single "Stupid Love". Pada hari Senin, Gaga mengumumkan bahwa album terbarunya akan berjudul Chromatica.



    Kapan Chromatica akan dirilis?

    10 April. Catat!




    Seperti apa konsep musik Chromatica?

    Karena "Stupid Love" sudah dirilis, kita memiliki sedikit gambaran tentang konsep lagu-lagu lainnya yang akan ada di Chromatica. Kurang lebih akan bergenre pop seperti biasa, dan kita semua tahu Gaga sangat ahli dalam membuat lagu pop.

    Jika album Lady Gaga favoritmu adalah ARTPOP, so sorry! Sepertinya Chromatica tidak akan memiliki nuansa yang sama dengan album tersebut, dan Gaga sendiri mengaku bahwa ia tidak memiliki ingatan tentang era tersebut, meskipun konsepnya sungguh ikonis dan eksperimental. So sepertinya Chromatica akan berbeda dari ARTPOP.




    Siapa saja yang berkolaborasi dengan Gaga untuk album ini?

     Justin Tranter:  Mungkin kamu belum pernah mendengar tentang dirinya, tapi Cosmo yakin kamu telah mendengar lagu-lagu yang ia tulis. Daftar lagu yang ia ciptakan panjang dan impresif. Karena ada banyak sekali lagu dan tak bisa dihitung dengan jari, berikut adalah karya Justin yang paling populer:

    • Sorry" - Justin Bieber
    • Easy" - Camila Cabello
    • Close" - Nick Jonas
    • Cake by the Ocean” - DNCE
    • Lose You to Love Me" - Selena Gomez
    • "Fake Smile" - Ariana Grande
    • Thru Your Phone” - Cardi B
    • Bad at Love” - Halsey

    Justin telah bekerja dengan Gaga sebelumnya untuk sebuah lagu dari soundtrack film A Star Is Born, "Heal Me", dan ada kemungkinan ia akan menulis lagu untuk Chromatica. Melalui Instagram Story, Justin mengunggah video dirinya dan Gaga mengerjakan sesuatu di studio, yang membuat Little Monsters yakin bahwa Justin akan menulis lagu untuk atau bersamanya.



     BloodPop:  BloodPop (yang bernama asli Michael Tucker) juga telah bekerja dengan Gaga sebelumnya. Bahkan ia telah dikonfirmasi sedang bekerja dengan Gaga untuk setidaknya satu lagu, karena ia membantu menciptakan "Stupid Love".





    Hal lain yang Cosmo tahu tentang BloodPop: ia membantu membuat album kelima Gaga, Joanne, bersama Mark Ronson, dan ia telah bekerja dengan musisi lainnya seperti Justin Bieber, Haim, Vampire Weekend, Britney Spears, Madonna, Grimes, dan musisi ternama lainnya. Amazing!

     Mark Ronson:  Sepertinya Mark Ronson adalah sosok yang paling terkenal dalam daftar ini. Kamu pasti ingat "Uptown Funk", kan? Selain itu, Mark juga seorang veteran di industri musik, telah membuat album sejak tahun 1998, dan menciptakan beberapa album terbaik pada zaman kini. Album 25 oleh Adele? Mark membuat album tersebut. Album pertama Dua Lipa? Mark pun menghasilkan album tersebut. She Is Coming oleh Miley Cyrus? Mark juga membantu dalam pembuatan album tersebut. Plus, Mark pun bekerja sama dengan BloodPop untuk menghasilkan Joanne, jadi ada kemungkinan besar ia akan kembali membantu Gaga dalam pembuatan LG6.



     SOPHIE:  Jika kamu tidak mengenal SOPHIE, waktunya untuk mendengar lagu-lagunya karena penyanyi dan penulis lagu ini adalah masa depan musik pop. SOPHIE menulis "B*itch, I'm Madonna" oleh Madonna, "1, 2, 3 Dayz Up" oleh Kim Petras, dan menciptakan sejumlah lagu untuk Charli XCX. Pada dasarnya, SOPHIE sungguh bertalenta, dan Gaga telah menyadarinya. 



    SOPHIE bertemu dengan beberapa fans setelah sebuah konser pada 2018, dan seorang Little Monster bertanya jika ia sedang bekerja dengan Gaga. Jawabannya? YES! "Saya mengerjakan banyak hal yang beragam. Jika sudah dirilis, maka bagus, tapi kamu tak pernah bisa menebak. Namun ya, [Gaga] adalah orang yang keren," katanya pada saat itu. 



     Boys Noize:  DJ dan produser musik elektronik asal Jerman ini (yang bernama asli Alexander Ridha) membuat Little Monsters yakin bahwa akan ada sebuah kolaborasi dengan Gaga pada 2018 setelah ia dan Gaga berdiskusi tentang musik di Twitter.




    Akan seperti apa era baru Lady Gaga ini?

    Sejauh ini, konsepnya tampak seperti kombinasi neon pink dan hal-hal futuristis.







    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram, YouTube)