Lifestyle

Pelukis Srihadi Soedarsono Siap Menggelar Pameran Terbarunya

  by: Giovani Untari       5/3/2020
  • Nama Srihadi Soedarsono bisa jadi tak asing lagi di kalangan pecinta seni, khususnya seni lukis di Indonesia. Sang living legend tersebut telah menciptakan begitu banyak karya lukis yang penuh makna dan lekat dengan isu sosial hingga saat ini.





    Tahun ini Srihadi Soedarsono pun siap kembali menyapa para art lovers dengan pameran tunggal terbarunya yang bertajuk “Srihadi Soedarsono – Man x Universe”. Pameran tersebut rencananya akan dilaksanakan di Galeri Nasional Indonesia pada tanggal 11 Maret – 9 April 2020 mendatang.

    Tema Srihadi Soedarsono – Man x Universe diangkat dari pendekatan terbaru Srihadi dalam mengekspresikan landscape Indonesia sebagai semangat spiritual atas rasa kemerdekaan dan kebangsaan berbangsa. Universe sendiri diibaratkan sebagai catatan tentang ingatan-ingatan Srihadi dari masa kanak-kanak hingga usianya yang saat ini menginjak 88 tahun.



    Spesial untuk pameran ini, akan ada 44 lukisan yang akan dipamerkan oleh sang maestro. 38 lukisan di antaranya bahkan merupakan lukisan terbaru karya Srihadi yang akan ditampilkan perdana pada pameran tersebut.

    Tak hanya pameran tunggal, sebuah buku berjudul “Srihadi Soedarsono – Man x Universe” juga akan diluncurkan saat pembukaan pameran berlangsung. Buku ini ditulis oleh Dra. Siti Farida Srihadi, M.Hum bersama dengan seorang budayawan Dr. Jean Couteau. 


    Buku ini akan membedah hubungan yang erat antara spiritual manusia serta seluruh seluruh siklus hidupnya bersama dengan alam semesta. Nilai-nilai yang diangkat dalam karya Srihadi pun dapat kamu rasakan pada buku ini karena sifatnya yang universal dalam balutan yang modern.





    Pameran tunggal Srihadi Soedarsono tahun 2020 ini adalah hasil kerjasama antara sang pelukis dengan Sugar Group Companies yang ketiga kalinya dalam satu dekade ini. Sebelumnya Srihadi Soedarsono telah mengadakan pameran berjudul “Retrospective 80th Anniversarry Exhibition” di tahun 2012 dan “Srihadi Soedarsono – 70 Years Journey of Roso” pada tahun 2016 silam.


    Jadi pastikan kamu tak ketinggalan menjadi saksi dari setiap karya teranyar yang ditampilkan dalam pameran lukisan terbaru dari Srihadi Soedarsono tahun ini ya, dear!


    (Giovani Untari / Images: Dok. Eddy Sofyan for Cosmopolitan Indonesia)