Better You

Girls, Ini Cara Tepat Memilih dan Menggunakan Hand Sanitizer

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/3/2020
  • Pada hari Senin, 2 Maret kemarin, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa ada dua warga negara Indonesia yang positif Covid-19 alias virus corona terbaru yang mulai mewabah pada awal tahun ini. Mendengar hal tersebut, masyarakat Indonesia pun menjadi panik, hingga tak sedikit orang melakukan panic buying alias memborong berbagai belanjaan karena takut akan kekurangan atau dilarang keluar rumah dalam waktu dekat. Salah satu produk yang paling diincar warga adalah hand sanitizer, dan beberapa penjual menjadikan ini kesempatan untuk menaikkan harga hand sanitizer secara drastis.

    Nah, sebelum kamu memborong atau mengeluarkan uang secara berlebih untuk sebuah hand sanitizer, berikut adalah hal yang perlu kamu ketahui tentang hand sanitizer di tengah kepanikan virus corona, mulai dari kemampuannya melawan Covid-19 hingga cara memilih hand sanitizer yang paling efektif.




    Apakah hand sanitizer efektif untuk melawan Covid-19?

    Mungkin selama beberapa hari terakhir ini kamu seringkali menemukan postingan media sosial yang menyarankan untuk menyediakan hand sanitizer setiap saat untuk melawan penyebaran virus corona. Bahkan mungkin keluarga dan temanmu terus-menerus mengingatkan hal ini, bukan? Kenyataannya, menggunakan hand sanitizer pun tidak cukup untuk melawan Covid-19. 

    Dikutip dari The Guardian, profesor London School of Hygiene and Tropical Medicine, Sally Bloomfield, mengatakan bahwa virus sebenarnya lebih tahan melawan disinfektan daripada bakteri. Nah, tapi kabar baiknya adalah Sally menjelaskan bahwa virus corona memiliki selaput pembungkus (envelope virus), dan selaput pembungkusnya bisa dilawan dengan alkohol. 



    Meskipun begitu, perlu diingat bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer dalam menghilangkan beragam kuman dan kotoran. Namun jika tanganmu berkeringat, berminyak, atau terlihata kotor, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan (seperti berkebun), hand sanitizer tidak dapat bekerja dengan baik—air dan sabun adalah pilihan yang tepat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

    So, apakah hand sanitizer efektif untuk membasmi virus corona? Well, kamu tidak bisa mengandalkan hand sanitizer saja, tapi ada baiknya disediakan setiap saat kalau-kalau kamu tidak bisa menemukan air dan sabun. Plus, sebuah riset oleh University of Michigan menunjukkan bahwa hand sanitizer dapat mengurangi gejala flu hingga 75%, sehingga dapat mengurangi penularan gejala flu yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.





    Kapan kita patut menggunakan hand sanitizer?

    Ketika kamu tidak bisa menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan—yang berarti kamu tidak boleh terlalu sering menggunakan hand sanitizer

    Menurut Siloam Hospitals, jangan gunakan hand sanitizer pada tangan yang berkeringat, berminyak, dan memiliki kotoran yang membekas. Plus, terlalu sering menggunakan hand sanitizer dapat menyebabkan “kekebalan terhadap bakteri tertentu”. Jika kamu telah menggunakan hand sanitizer sebanyak empat hingga lima kali dalam sehari, Siloam Hospitals mengatakan bahwa tangan wajib dicuci dengan sabun dan air. 


    Bagaimana cara memilih hand sanitizer yang tepat?

    Hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol sebanyak 60% hingga 90% adalah yang paling efektif, berdasarkan saran Pritish K. Tosh, dokter dan peneliti penyakit penular Mayo Clinic. Dan setelah diusapkan pada tangan, biarkan hingga kering terlebih dahulu, ya, jangan dilap dengan tisu!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Image: Anna Earl on Unsplash, GIPHY)