Lifestyle

10 Vitamin Terpenting untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

  by: Kezia Calesta       4/3/2020
  • Apakah kamu ingin meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak jatuh sakit? Saatnya memperbaiki sistem imun tubuh kamu dengan 10 vitamin berikut yang penting untuk kesehatan kamu. Untuk mendapat vitamin A, C, D, E, K, dan B, jangan bersandar ke multivitamin saja - kamu perlu memperbaiki diet dengan menyantap makanan yang bergizi. Berikut daftar vitamin terpenting untuk tubuh, juga makanan yang mengandung vitamin yang kamu butuhkan.


    1. Vitamin A

    Vitamin A memiliki peran penting dalam pertumbuhan tubuh dan sel. Selain itu, vitamin A juga menyehatkan kulit, rambut, kuku, gusi, tulang, dan gigi. lho. Even better, vitamin A dapat meningkatkan kesehatan mata dan paru-paru.



    Sumber Vitamin A: Ikan salmon, kuning telur, susu, keju, yogurt.


    2. Vitamin D

    Here’s an essential vitamin! Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium, juga menguatkan tulang dan gigi.

    Sumber Vitamin D: Susu sapi, susu kedelai, mentega, kuning telur, minyak ikan, dan saat tubuh terkena paparan sinar matahari.


    3. Vitamin E

    Vitamin E mempunyai kemampuan untuk melindungi sel dari radikal bebas, juga berfungsi sebagai antioksidan, terutama untuk asam lemak tidak jenuh. Vitamin E juga dapat memperkuat otot dan sel darah merah.

    Sumber Vitamin E: Telur, minyak sayur, kacang-kacangan, sereal gandum, mayonais, margarin.


    4. Vitamin K

    Vitamin K memiliki peranan yang penting untuk kinerja tubuh. Selain bisa menjaga kepadatan mineral tulang, vitamin K bisa mencegah osteoporosis, membantu proses pembekuan darah agar luka sembuh dengan lebih cepat, juga mencegah kanker prostat dan paru-paru.

    Sumber Vitamin K: Bayam, brokoli, sayuran hijau, dan hati ayam.


    5. Vitamin C

    Vitamin C, alias ascorbic acid, sangat terkenal sebagai vitamin yang penting dikonsumsi agar tidak mudah jatuh sakit. Why? Vitamin C dapat memperkuat dinding pembuluh darah, mempercepat kesembuhan luka dan penyerapan zat besi, meningkatkan imunitas, dan bekerja sebagai antioksidan. Jangan lupa mengkonsumsi 1000mg Vitamin C setiap hari di musim rawan penyakit, ya.

    Sumber Vitamin C: Buah citrus seperti jeruk, melon, beri, paprika, brokoli, kentang.


    6. Vitamin B1

    Ingin meningkatkan metabolisme tubuh? Vitamin B1 alias thiamine dapat memberikan manfaat tersebut, sembari melancarkan saluran pencernaan dan fungsi saraf.



    Sumber Vitamin B1: Kacang-kacangan, biji-bijian, sereal gandum, daging babi.


    7. Vitamin B2

    You need energy to function, right? Maka dari itu, jangan lewatkan vitamin B2 alias riboflavin yang tidak hanya bisa meningkatkan energi, tetapi juga mengatasi anemia, menjaga kesehatan kulit dan rambut, menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil, dan menjaga kesehatan mata juga mencegah katarak.

    Sumber B2: Gandum, daging rendah lemak, produk susu, jamur-jamuran.


    8. Vitamin B3

    Vitamin B3 atau niacin seringkali digunakan untuk mengobati kulit kasar dan mengurangi jerawat, namun selain itu vitamin ini juga dapat membantu pencernaan, menyembuhkan pembengkakan, menyimpan energi dan menurunkan kolestrol.

    Sumber Vitamin B3: Daging rendah lemak, susu, telur, sereal gandum, roti gandum, ikan.


    9. Vitamin B6

    Vitamin B6 memiliki segudang manfaat, mulai dari menambah energi, meningkatkan metabolisme protein, menguatkan fungsi otak, mencegah penyakit jantung, hingga menghasilkan serotonin yang dapat memperbaiki mood.

    Sumber Vitamin B6: Pisang, ikan, sayuran hijau, kentang, kacang kedelai.


    10. Vitamin B9

    Ini dia vitamin yang sangat penting untuk wanita hamil. Vitamin B9 alias asam folat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan tubuh, salah satunya untuk produksi sel darah merah.

    Sumber Vitamin B9: Bayam, kacang polong, kacang hijau, sereal gandum, asparagus, kentang, hati, buncis.


    (Image: doc. freepik.com)