Lifestyle

55 Film Tayang di Netflix untuk Hari Perempuan Internasional

  by: Givania Diwiya Citta       7/3/2020
  • Good news for all the great women, (you, yes, you, bb)! Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional tahun 2020, Netflix dan UN Women meluncurkan koleksi film pilihan 55 perempuan dari industri hiburan dunia. Koleksi film yang diberi tajuk "Cerita Perempuan" (atau dalam istilah internasional "Because She Watched") ini menampilkan berbagai serial, dokumenter, dan film yang telah diseleksi oleh aktris dan sineas perempuan. Seperti beberapa di antaranya Millie Bobby Brown yang memilihkan film dokumenter Miss Americana, Lana Condor dengan pilihan komedi tv Grace and Frankie, Ava Duvernay yang memilihkan film A Wrinkle in Time, serta Mira Lesmana yang mewakili Indonesia dengan pilihan film ROMA.






    Kolaborasi antara Netflix dan UN Women, badan PBB yang berfokus pada kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, ini memiliki misi untuk menceritakan kisah tentang perempuan. Selain menunjukkan perempuan dalam seluruh keberagaman yang masing-masing indah, kolaborasi ini juga bertujuan untuk mengangkat isu-isu tentang peranan perempuan, tak terkecuali dalam kekuatannya terhadap film. Seperti bagaimana jika perempuan bisa terlibat dalam proses pembuatannya, dalam narasi keseluruhannya, maka masyarakat dapat sungguh-sungguh berkembang. 






    Dalam rangka Hari Perempuan Internasional yang tahun ini mengusung tema "Saya Generasi Kesetaraan: Menyadari Hak-hak Perempuan", koleksi Netflix.com/ceritaperempuan ini merayakan berbagai cerita inspiratif dari dan oleh perempuan. Seperti contohnya miniseries Unbelievable yang berdasar dari peristiwa nyata tentang kebenaran suatu kasus perkosaan pilihan aktris Salma Hayek, serial Orange is the New Black yang bold pilihan Chris Nee, sampai ROMA yang dipilih oleh produser dan sutradara film Mira Lesmana. "Saya pilih ROMA karena film ini secara indah dan realistis menunjukkan solidaritas antara sesama perempuan, dan betapa dengan saling mendukung satu sama lain, perempuan bisa menemukan kekuatan untuk menghadapi rintangan apapun," ujarnya. 



    Koleksi "Cerita Perempuan" ini pada akhirnya menjadi salah satu wujud merayakan kehebatan perempuan di Hari Perempuan Internasional, khususnya dalam bidang industri hiburan. Bahkan Cosmo pun bangga bahwa 20% sutradara film Netflix Original adalah perempuan, lho! So, girls, embrace this day as a woman who support other women, to be number one together!


    (Givania Diwiya / Opening Image: JESHOOTS.com dari Pexels / Images: Dok. Outnow.ch)