Lifestyle

Inilah Keseruan Plaza Indonesia Film Festival 2020!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       6/3/2020
  • Pada pekan lalu, Cosmo berkesempatan untuk menghadiri Plaza Indonesia Film Festival (PIFF) yang dimulai pada tanggal 21 hingga 28 Februari. Acara ini menyajikan beragam sesi talkshow serta penayangan film Indonesia dan dari luar negeri, mulai dari kompilasi film-film pendek Asia pilihan Jogja-NETPAC Asian Film Festival, The Lighthouse (2019) hasil garapan sutradara Robert Eggers yang meraih penghargaan dari 2019 Cannes Film Festival, hingga film Korea Selatan House of Hummingbird (2018) yang telah memenangkan sejumlah piala di berbagai ajang penghargaan film di Asia.





    Festival film ini dibuka dengan sesi Movie Clinic yang menghadirkan beberapa tokoh terkemuka di industri film Indonesia. Pada tanggal 21 Februari, para hadirin bisa menyaksikan talkshow oleh desainer kostum Chitra Subiyakto, kemudian dilanjutkan dengan talkshow oleh sutradara Riri Riza dan produser film Mira Lesmana di keesokan harinya. Untuk hari ketiga, PIFF mengundang sutradara Joko Anwar dan aktris Tara Basro untuk membahas kolaborasi dan proses kreatif pembuatan film, dan sesi Movie Clinic ditutup dengan sesi talkshow dengan sinematografer Ical Tanjung, yang terlibat dalam pembuatan film Radit dan Jani (2008), Pengabdi Setan (2017), dan Gundala (2019). 





    Pada 24 Februari, PIFF memulai sesi Movie Screening yang menghadirkan penayangan 10 film yang sesuai dengan tema “Colors of Love”. Dari Italia, ada film klasik La Dolce Vita (1960) dan (1963) karya sutradara Federico Fellini. Mewakili Indonesia, ada film Mountain Song (2019) garapan sutradara Yusuf Radjamuda dan The Science of Fictions (2019) garapan sutradara Yosep Anggi Noen. Festival film ini juga menghadirkan film The Lighthouse (2019), House of Hummingbird (2018), Monos (2019), System Crasher (2019), Honeyland (2019), dan film-film pendek pilihan Jogja-NETPAC Asian Film Festival yang diadakan tahun lalu.

    Dengan diselenggarakannya PIFF setiap tahun, kurator film PIFF Sugar Nadia berharap acara ini dapat “menghadirkan inspirasi kepada insan kreatif di dunia film” serta “dapat memunculkan figur-figur baru dan memajukan industri film Indonesia hingga kancan internasional.” Well, we can’t wait for next year’s PIFF!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dyah Puspasari / Images: Dok. Plaza Indonesia Film Festival)