Fashion

5 Label Fashion Indonesia Ini Ramah Lingkungan!

  by: Hendry Leo       7/3/2020
  • Saat ini, kesadaran akan pentingnya gaya hidup yang eco-friendly semakin meningkat. Kita sering menemukan beragam kampanye mengenai hidup yang lebih sustainable di berbagai platform. Contohnya, kamu pasti sudah familiar dengan kampanye mengenai penggunaan sedotan yang terbuat dari stainless, bambu, maupun kertas yang bertujuan untuk mengurangi pemakaian plastik.

    Yup, kepekaan akan pentingnya gaya hidup yang bersifat ramah lingkungan ini pun semakin menjamur hingga ke industri fashion terutama di Indonesia. Mulai dari proses produksi hingga packaging pun menjadi perhatian penting beberapa label fashion lokal. Berikut Cosmo akan paparkan 5 label fashion Indonesia yang tidak hanya stylish namun juga ramah lingkungan. Check them out!

    1. Sejauh Mata Memandang

    Label di bawah arahan Chitra Subyakto ini merupakan label berkonsep slow fashion di mana setiap kainnya diproduksi oleh para pengrajin dari berbagai wilayah di Indonesia yaitu Sumba, Bali, dan Jawa. Setiap koleksi dari Sejauh Mata Memandang terlihat timeless dengan motif-motif yang unik bernuansa etnik. Terdapat ragam busana seperti outer, dress, hingga atasan yang cocok kamu padankan dengan tampilan yang stylish.





    2. Biasa

    Biasa adalah sebuah label fashion yang menciptakan karya busana untuk semua kalangan. Label yag berbasis di Bali dan Jakarta ini dikenal akan potongan busananya yang kreatif, detail yang artisanal, dan material yang terbuat dari bahan-bahan alami langsung dari pengrajin-pengrajin lokal, lalu disulap menjadi sebuah koleksi busana yang minimalis namun tetap stylish. Mulai dari kemeja berpotongan oversized dengan tekstur yang free-flowing, kaftan, footwear, hingga aksesori.



    3. Seratus Kapas

    Dari nama labelnya saja sudah bisa kita simpulkan bahwa seluruh koleksi busananya terbuat dari bahan material kapas. Yup, dari sisi produksinya pun Seratus Kapas juga fokus untuk tidak merusak lingkungan sekitar. Kalau soal koleksinya, tentu saja label ini nyaman saat Anda kenakan saat beraktivitas sehari-hari.





    4. Cinta Bumi

    Pertama kali dibentuk pada tahun 2015. Cinta Bumi merupakan merk fashion yang berbasis di Bali. Label ini terkenal akan motif-motif etnik sehingga cocok untuk kamu yang menyukai tampilan dengan permainan warna yang playful. Bahan-bahan yang dipilih juga didatangkan langsung dari Sulawesi Pusat seperti kertas mulberry dan pohon fikus sehingga lebih tahan lama dan nyaman saat dikenakan.



    5. Imaji Studio

    Imaji Studio adalah label yang menggabungkan antara nuansa tradisional dan elemen alam ke dalam sebuah produk yang sustainable. Terbentuk oleh gabungan antara seniman-seniman lokal, Imaji Studio menawarkan busana dan aksesori khusus untuk perempuan maupun laki-laki. Label ini juga membuat sebuah projek khusus bertajuk Zero Waste yakni menggunakan bahan-bahan daur ulang untuk dijadikan sebuah aksesori. So cool!




    (Teks: Hendry Leo/ Foto: instagram.com/ Layout: Puspa)