Beauty

5 Cara Membuat Riasan Mata Agar Tidak Luntur

  by: Fariza Rahmadinna       11/3/2020
  • Makeup menjadi andalan bagi para perempuan untuk tampil cantik dan menarik. Tidak hanya complexion dan warna bibir saja, riasan mata juga berperan penting meningkatkan keseluruhan tampilan wajah. Namun terkadang, eyeshadow yang dipulaskan pada mata mudah luntur dan memudar setelah beberapa jam pemakaian. Jika kamu salah satu yang sering mengalami hal ini, berikut ini lima cara membuat riasan mata agar tahan lama. 


    1. Hindari penggunaan face oil atau pelembap non oil-free pada area mata




    Menurut salah satu makeup artist, Sir John, kelopak mata kamu mampu menghasilkan minyak alami dengan sendirinya. Jadi, jika kamu menambahkan lebih banyak minyak dan kelembapan pada bagian kelopak mata, riasan mata kamu pasti tidak akan tahan lama dan mudah luntur. Jika kamu ingin menggunakan eye cream, sebaiknya gunakan pada malam hari sebelum tidur dan bersihkan wajah pada pagi harinya sebelum mulai berdandan.


    2. Hindari pengaplikasian concealer atau foundation di kelopak mata


    Menurut Sir John, mengaplikasikan concealer atau foundation di kelopak mata adalah kesalahpahaman terbesar di dunia kecantikan. Memang, mengaplikasikan concealer atau foundation di kelopak mata mampu menahan riasan mata kamu. Namun, kedua produk kecantikan ini biasanya mengandung minyak yang dapat menyebabkan riasan mata kamu mudah luntur, padahal inilah yang ingin kamu hindari kan, ladies


    3. Menggunakan produk riasan mata yang long-wearing. 


    Layaknya seorang perenang, kamu juga membutuhkan produk kecantikan yang tahan lama dan tidak mudah luntur. Jika kamu menggunakan eye makeup yang memiliki label “tahan lama” atau “tahan air”, maka berkemungkinan besar tidak akan mudah luntur. 




    4. Menggunakan eye primer jika kamu ingin riasan mata tahan selama 24 jam


    Jika kamu membutuhkan riasan mata yang tahan lama dari pagi hingga malam hari, Sir John menyarankan untuk menggunakan eye primer yang berlabel oil-free atau memulaskan bedak padat pada kelopak mata dengan cara ditekan-tekan perlahan sebelum mengaplikasikan makeup mata. 


    5. Menggunakan gel liner pada kelopak mata dan blend sebagai dasar untuk eyeshadow. 


    Really! Setelah kamu mengaplikasikan eyeliner di atas garis bulu mata, ambil gel liner yang sesuai dengan warna eyeshadow kamu dan blend...blend...blend secara merata di tempat kamu akan mengaplikasikan eyeshadow menggunakan jari manis atau kuas, sehingga terlihat seperti goresan acak namun tetap menawan. Dengan membubuhkan eyeshadow di atas gel liner akan memberikan hasil riasan mata yang tahan lama. 


    Itu tadi lima cara yang bisa kamu coba agar riasan mata kamu menjadi lebih tahan lama. Semoga bermanfaat!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Ali Pazani on Pexels)