Beauty

Tetap Higienis, Jangan Bertukar Produk Kosmetik Ini!

  by: Kissy Aprilia       10/3/2020
  • Apakah kamu suka bertukar produk kosmetik dengan teman atau saudaramu? Faktanya, kotoran, virus, dan bakteri yang menempel pada formula produk dapat ikut berpindah tempat ke kulitmu, lalu berisiko menyebabkan penyakit. So start from now on, jangan bertukar produk-produk berikut ini dengan orang lain. 


    Segala produk yang dikemas dalam jar

    Saat menyelupkan jari ke dalam produk yang dikemas dalam jar, apakah itu skincare, foundation, blush on, atau lip balm, kotoran yang menempel pada kulit akan ikut menempel ke dalam formula produk. Maka dari itu, pastikan kamu mencuci tangan sebelum menggunakannya, dan jangan biarkan orang lain menggunakan produk tersebut.




    Maskara



    Produk maskara favoritmu bisa menjadi tempat bermukimnya virus dan bakteri. Karena area mata tidak memiliki lapisan pelindung seperti kulit, makan residu negatif itu dapat dengan mudah berpindah tempat dan menyebabkan infeksi. Selain itu, setiap kamu membuka tutup kemasan, maka udara di sekitar akan ikut mendorong kotoran masuk ke dalam tabung. Oh, no!


    Pressed foundation

    Bakteri bisa berpndah dari satu orang ke orang yang lain, terutama jika kamu menggunakan sponge di area mulut dan mata. Salah satu trik yang dapat dilakukan adalah menyemprotkan sanitizer mist ke formula produk dan sponge yang akan digunakan oleh orang lain.


    Lipstick





    We knew it.. Susah sekali rasanya menahan keinginan untuk mencoba lipstik baru milik temanmu. Akan tetapi, lipstik atau lip balm adalah produk kosmetik yang dapat dengan mudah mentransfer virus atau bakteri, bahkan berisiko masuk ke dalam tubuh. Itulah alasan pentingnya untuk tidak bertukar produk lipstik dengan orang lain. 


    Lip gloss

    Sama seperti maskara, formulanya yang lengket membuat virus dan bakteri yang ada di udara sekitar lebih cepat berkembang biak. Selain tidak disarankan untuk bertukar dengan orang lain, jangan lupa untuk mengganti produk setiap 3 bulan sekali. 


    Cream shadows



    Jenis produk seperti ini umumnya digunakan dengan jari. Jadi, bayangkan saja berapa banyak bakteri yang akan menempel, terlebih jika kamu membiarkan orang lain menyelupkan jarinya ke dalam produk tersebut. Uh, oh!


    Makeup brushes

    Virus dan bakteri (tentu saja) juga mengendap di bulu-bulu kuasmu. Namun, mencucinya dengan sampo setiap minggu dapat menghindari risiko infeksi, atau kamu bisa menggunakan sanitizer mist yang lebih praktis. 


    (Kissy Aprilia, Images: Pexels.com/ Jhong Pascua)