Better You

Oh No! Tester Makeup Ternyata Berpotensi Membuat Kamu Sakit!

  by: Giovani Untari       10/3/2020
  • Saat kamu membeli sebuah produk makeup, pastinya kamu tak akan melewatkan untuk mengecek apakah warna dan hasil akhir produk tersebut telah sesuai dengan warna dan tipe kulitmu. Sebab, kamu pasti tak ingin menghabiskan uang membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan dengan keinginanmu bukan? Tetapi aktivitas ini ternyata menimbulkan risiko pada kesehatan Anda, terutama ketika dunia tengah melewati isu hangat terkait penyebaran virus Corona.

    Tester makeup sendiri ternyata menjadi ladang subur untuk pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus (yang memicu infeksi kulit) dan Propionibacterium (yang dapat menyebabkan jerawat). Lalu seperti halnya tester makeup yang bisa digunakan semua orang, jamur dan virus pun dapat menyebar lebih cepat melalui tester makeup tersebut. Dan seperti yang banyak lembaga kesehatan sarankan untuk masyarakat, virus Corona bisa menyebar melalui permukaan atau benda yang tertempel virus di atasnya dan kemudian menyentuh area wajah, hidung, dan mata dari korbannya.





    Foundation cair, cream blush, lipstik, dan maskara adalah sederetan produk kecantikan yang sering sekali kita coba namun sekarang saatnya kita jauh lebih waspada. Sifat lembap dari produk tersebut membuat mereka lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Jika kamu tetap ingin mencoba berbagai produk makeup di store, kamu dapat memilih untuk menggunakan stick sekali pakai, aplikator, dan spons baru. Tetapi hal itu tidak akan menjamin bahwa orang tersebut sebelum kamu melakukan hal yang sama.

    Jika kamu benar-benar ingin mencoba produk makeup sebelum membeli, kamu juga bisa membuka Findation, sebuah database yang menyajikan deretan shades foundation sehingga kamu tetap bisa menemukan warna yang tepat untuk kulitmu. Lalu, sekarang juga beberapa brand kecantikan sudah lebih proaktif dalam mengunggah swatches dari produk mereka dengan skin tones yang berbeda-beda pula – yang mana ini pun bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli.




    (Ed's note: Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan rutin mencuci tangan. Kamu juga bisa mencegah berkembangnya kuman dengan menggunakan hand sanitizer atau alkohol. Jika kamu merasa gejala yang serupa dengan pasien virus Corona, segeralah mengunjungi rumah sakit dan dokter).


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Phillipines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Image: Dok. Unsplash.com)