Lifestyle

Ini Alasan Cuci Tangan Lebih Efektif dari Hand Sanitizer

  by: Kezia Calesta       10/3/2020
  • Ingin melindungi tubuh dari virus dan penyakit? Mencuci tangan adalah salah satu solusi termudah untuk mengurangi bakteri dan kimia pada tangan. Centers for Disease Control and Prevention menyarankan setiap orang untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dengan minimal 60% kadar alkohol, namun ada beberapa alasan yang membuktikan bahwa mencuci tangan lebih efektif dari penggunaan hand sanitizer. Simak alasannya!


    Hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat mengurangi mikroba di tangan saat digunakan dengan benar, namun tetap tidak mampu mengeliminasi segala macam bakteri seperti cryptosporidium, norovirus, dan clostridium difficile. 




    Hand sanitizer juga tidak bekerja dengan efektif jika tangan kamu berminyak atau terlihat kotor.


    Berbagai riset membuktikan bahwa hand sanitizer berguna dalam ruangan klinis seperti rumah sakit, di mana tangan terekspos dengan bakteri namun tidak sampai terlihat kotor. Lain kata jika tangan kamu berminyak atau kotor akibat menyentuh makanan, berolahraga, membersihkan rumah, menangani bahan kimia seperti pestisida, atau bercocok tanam… you need to wash your hands!



    Jika kamu sering berada dalam situasi di mana cuci tangan tidak memungkinkan, pastikan bahwa sanitizer kamu mengandung konsentrasi alkohol sebanyak 60-95%.

    Tanpa kadar tersebut, hand sanitizer kamu tidak akan membasmi bakteri secara ampuh – hanya mengurangi jumlahnya.




    Last but not least, awasi penggunaan hand sanitizer pada anak-anak karena konsumsi sebanyak dua sendok makan dapat mengakibatkan keracunan alkohol. Di antara 2011 hingga 2015, poison control centers di Amerika Serikat telah mendapat sekitar 85,000 laporan menyangkut anak-anak yang mengalami keracunan hand sanitizer yang seringkali memiliki penampilan menarik dan berwarna-warni. Maka dari itu, jauhkan hand sanitizer kamu dari jangkauan anak-anak!


    Ingin mengambil langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan? Berikut 12 bahan makanan yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.


    (Image: doc. Elizaveta Galitckaia©123RF.com)