Beauty

6 Cara Mudah Menghilangkan Bulu Ketiak Tanpa Cukur!

  by: Fariza Rahmadinna       12/3/2020
  • Mencukur bulu ketiak merupakan rutinitas yang sering dilakukan perempuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, apalagi ketika harus tampil dengan menggunakan pakaian tanpa lengan. Namun, hal ini terkadang menimbulkan rasa nyeri dan risiko kulit ketiak yang menghitam.


    Tapi, ada kabar baik untukmu, girls! Cosmo menemukan beberapa cara untuk menghilangkan bulu ketiak secara alami. Mau tahu bagaimana caranya? Mari simak enam cara mudah menghilangkan bulu ketiak secara alami tanpa cukur. 




    1. Kapur Sirih 


    Kapur sirih dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bulu ketiak sekaligus mencerahkannya secara alami. Hal ini terjadi karena kandungan kadinen, kavinol, karkavol dan zat samak dalam kapur sirih. Tapi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena kandungan-kandungan tersebut bersifat “panas” di kulit. 


    Caranya, campurkan satu sendok makan kapur sirih dengan air lemon hingga berbentuk pasta. Pastikan ketiak benar-benar bersih sebelum mengoleskan pasta pada ketiak. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. 


    2. Gula dan Jeruk Nipis


    Gula dan jeruk nipis adalah bahan-bahan yang terkenal mampu menghilangkan rambut atau bulu yang tidak diinginkan, termasuk bulu ketiak. Meskipun prosesnya sedikit menyakitkan, tetapi hasilnya dapat bertahan sekitar empat minggu dan bulu ketiak akan tumbuh dalam jumlah yang sedikit. 


    Caranya, panaskan panci yang berisi setengah gelas air dan campurkan dengan tiga sendok gula serta satu buah jeruk nipis. Aduk bahan tersebut hingga menghasilkan tekstur gel. Cara ini merupakan pengganti waxing, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. 


    3. Madu dan Lemon


    Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan campuran madu dan lemon. Campurkan tiga sendok madu dan satu sendok lemon, lalu aplikasikan di area ketiak. Kamu bisa lakukan cara ini sebelum tidur dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. 




    4. Kapur Barus dan Jintan Putih


    Sebelumnya, pastikan kamu menyiapkan 50 gram jintan putih yang bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket terdekat, dua sendok teh kapur barus yang sudah dihaluskan, dan air perasaan lemon. Campurkan semua bahan dan aduk sampai mengental. Aplikasikan secara merata di area ketiak selama kurang lebih 15 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih. 


    5. Kunyit


    Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah tiga sendok bubuk kunyit yang bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket terdekat dan tiga sendok makan air mawar. Jika tidak ada air mawar, kamu bisa menggantinya dengan susu. Campurkan semua bahan hingga berbentuk pasta. Sebelum melakukannya, pastikan ketiak kamu bersih ya, lalu aplikasikan secara merata di area ketiak dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat.


    6. Putih Telur dan Tepung Jagung


    Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami yang terakhir yaitu dengan masker peel off campuran putih telur dan tepung jagung. 


    Pecahkan telur, pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu tambahkan setengah sendok makan tepung jagung, satu sendok makan gula, dan aduk hingga rata. Oleskan pasta ke area ketiak dan biarkan sampai kering, lalu lepaskan perlahan-lahan. Setelah itu, ucapkan selamat tinggal pada bulu ketiak kamu, girls!


    Oh iya girls, gunakan cara menghilangkan bulu ketiak secara alami di atas sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Ion Ceban on Pexels)