Better You

Olahraga di Tempat Fitness di Musim Corona. Aman Atau Tidak?

  by: Alexander Kusumapradja       12/3/2020
  • Baru-baru ini beredar kabar yang menyebutkan bahwa sebuah tempat fitness di bilangan Senopati terdapat kasus positif Corona yang tentu meresahkan siapa saja, terutama kamu yang selama ini tergolong rutin berolahraga di tempat fitness. Menyikapi kabar tersebut, memang pencegahan lebih baik daripada mengobati. Adalah hal yang wajar bila akhirnya kamu memutuskan untuk tidak berolahraga di tempat fitness dan memilih olahraga sendiri di tempat lain yang lebih privat.


    Tempat fitness dan gym secara umum adalah tempat penuh orang-orang yang berkeringat dan bernapas dengan keras serta menyentuh peralatan yang sama di area yang terbatas. Infeksi pernapasan seperti Corona alias COVID-19 seringkali tersebar akibat menyentuh permukaan yang terpapar virus dari sang pengidap dan mungkin tanpa sengaja masuk ke tubuh ketika kita menyentuh mulut atau mata kita. Kamu mungkin termasuk orang yang tidak punya kebiasaan menyentuh wajah, namun di pusat kebugaran, risiko untuk melakukannya lebih besar karena coba ingat berapa kali kamu menghapus keringat dari wajahmu setiap melakukan suatu work out?




    Dengan epidemi virus Corona yang menjadi momok terbesar saat ini, berolahraga di pusat kebugaran yang penuh orang mungkin memang terdengar berisiko dan membuatmu malas, namun bukan berarti kamu benar-benar tidak boleh melakukannya. Menurut riset yang dimuat dalam Frontiers in Immunology di tahun 2018, tempat kebugaran memang termasuk sarang kuman, namun orang-orang yang rutin berolahraga punya daya tahan yang lebih kuat dibanding yang tidak, sehingga mereka yang memang rutin berolahraga di pusat kebugaran seharusnya tidak perlu terlalu cemas akan hal itu.

    via GIPHY

    Menjaga Diri dari Bakteri di Tempat Kebugaran

    Riset yang dilakukan perusahaan alat fitness FitRated di 2017 mengungkap alat-alat di pusat kebugaran seperti barbel dan angkat beban memiliki kandungan bakteri yang 360 kali lebih banyak dari bangku toilet sedangkan treadmill dan alas yoga umum mengandung bakteri 70 kali lebih banyak dibanding wastafel. Yang perlu kita lakukan untuk meminimalisasinya adalah menjaga etika dan kebiasaan baik saat di gym.

    Salah satunya dengan mengelap peralatan yang kita gunakan sebelum dan sesudahnya. Virus senang berdiam di permukaan yang tak menyerap seperti besi dan baja, selalu sedia kain atau tissue dan spray anti bakteri untuk mengelap peralatan sebelum dan setelah kamu gunakan. Di tengah ancaman Corona seperti sekarang, pusat-pusat kebugaran pun punya kebijakan sendiri dan melakukan tindakan preventif untuk melindungi para anggota dengan menyediakan sanitizer, namun usahakan untuk selalu membawa punyamu sendiri. Biasakan juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum olahraga, cuci botol minuman setiap hari, dan jangan pernah mengelap keringat dengan tangan yang kotor atau menggunakan handuk yang sudah kamu letakkan sembarangan. Selalu gunakan handuk yang masih bersih atau cuci tangan dan muka langsung.

    via GIPHY

    Dengarkan Kata Hatimu dan Lihat Kondisi Fisik

    Kamu mungkin merasa sehat-sehat saja secara fisik namun tak bisa dipungkiri agak paranoid juga untuk pergi ke tempat fitness. Siapa sih yang mau menghadapi risiko tertular penyakit? Vakum sejenak dari mendatangi pusat kebugaran adalah hal yang sah-sah saja dilakukan, terutama kalau kamu merasa daya tahan tubuh sedang menurun dan rentan tertular penyakit. Jangan memaksakan diri untuk datang ke gym bila kamu sedang sakit karena yang kamu butuhkan adalah beristirahat untuk memulihkan diri sekaligus menjaga agar kamu tak menularkan penyakit ke orang lain. Bila merasa sudah segar, solusi olahraga yang bisa kamu lakukan adalah olahraga di rumah dengan menonton video-video fitness di YouTube dan aplikasi work out atau berlari di sekitar rumah.

    via GIPHY



    Berolahraga di Rumah

    Berolahraga di rumah mungkin tak seintens atau sepraktis berolahraga di pusat kebugaran, namun bukan berarti tak punya manfaat kesehatan. Yang direkomendasikan oleh para pelatih fitness adalah workout yang terdiri dari burpee, push-up, squat, dan naik-turun tangga untuk olahraga yang mencakup semua bagian tubuh kita.

    Tak punya peralatan fitness di rumah? Akali dengan barang-barang yang ada di rumah misalnya menggunakan kursi untuk latihan squat. Yang harus diingat, meskipun di rumah sendiri, kita tetap harus menjaga diri (dan orang lain) dengan cuci tangan secara teratur, minum air yang cukup, makan makanan yang bernutrisi dan jangan lupa untuk tidur yang cukup.


    Baca juga artikel-artikel lain terkait virus Corona yang penting kamu tahu:

    Jawaban untuk Pertanyaan Seputar Coron yang Sering Ditanya

    Girls, Ini Cara Tepat Memilih dan Menggunakan Hand Sanitizer

    Virus Corona Mewabah, Ini Cara Melindungi Hewan Peliharaanmu


    (Alex.K/Image: Geert Pieters on Unsplash )