Beauty

5 Cara Memakai Highlighter Untuk Kulit Berminyak

  by: Fariza Rahmadinna       14/3/2020
  • Glowing skin is always in! And yes.. untuk menciptakan kesan bercahaya pada wajah, kamu membutuhkan produk yang dapat membuat tampilan wajah terlihat glowing dan flawless, a.k.a highlighter. Meski pemakaiannya terlihat mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memakai highlighter, terutama bagi kamu yang memiliki kulit berminyak. Tidak ingin, ‘kan, kulit wajahmu terlihat semakin berminyak? Ikuti lima tips ini. Keep scrolling!


    1. Gunakan Formula Makeup Matte




    Bagi pemilik enis kulit yang berminyak, pastikan kamu menggunakan produk makeup dengan formula matte, mulai dari primer, foundation, sampai bedak. Rangkaian produk ini biasanya dilengkapi dengan formula oil control, yang berfungsi mengurangi produksi minyak berlebih. Untuk produk blush on atau bronzer, pilih tekstur powder serta tidak memiliki partikel shimmer sama sekali, ya! Hal ini dilakukan agar kondisi wajah tetap matte dalam waktu yang lebih lama dan tidak membuat wajah terkesan semakin berminyak. 


    2. Pilih Highlighter yang Sesuai Dengan Jenis Kulit


    Sekarang ini, highlighter tersedia dalam berbagai jenis, ada yang berbentuk powder, krim, liquid, dan stick. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal cenderung kering, ada baiknya untuk memakai highlighter yang berbentuk liquid, krim atau stik. Sementara bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, dianjurkan untuk memakai highlighter yang berbentuk powder, karena dapat membantu mengontrol produk minyak di wajah. Pemilihan highlighter yang disesuaikan dengan jenis kulit dapat membantu kamu mendapatkan hasil makeup yang lebih maksimal dan flawless


    3. Pakai Highlighter Secukupnya


    Pada dasarnya, apapun jenis kulitmy, pemakaian highlighter memang disarankan tidak terlalu berlebihan. Namun khusus bagi pemilik kulit berminyak, sangat dianjurkan untuk hanya memulaskan highlighter tipis-tipis saja, agar tidak membuat wajah kamu terkesan semakin berminyak. Pulaskan highlighter di bagian wajah yang memantulkan cahaya alami seperti tulang pipi dan hidung! Jika masih dirasa kurang, kamu bisa mengaplikasikannya kembali. Tapi ingat ya girls, don’t overdo it




    4. Memilih Alat yang Tepat Untuk Mengaplikasikan Highlighter


    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kunci memakai highlighter bagi kulit berminyak adalah tidak terlalu berlebihan ketika mengaplikasikannya. Pilihlah fan brush dengan bulu yang tipis, karena akan membantu kamu mengambil produk dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Tap..tap..tap fan brush setelah mengambil produk, agar tidak terlalu banyak produk yang terambil di brush, kemudian, sapukan highlighter pada wajah. 


    5. Mengaplikasikan Pada Area Wajah yang Tepat


    Cara memakai highlighter berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mengaplikasikan pada area wajah yang tepat. Memakai highlighter hanya ditujukan untuk bagian-bagian wajah yang perlu ditonjolkan saja ,diantaranya tulang pipi, tulang hidung, sudut dalam mata (inner corner), brow bone, cupid’s bow, dagu, dan puncak dahi. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar kamu memiliki pori-pori yang besar pada bagian samping hidung di bawah mata. Masalahnya adalah, partikel shimmer dalam highlighter akan memperjelas tampilan pori-pori di wajah kamu. Oleh karena itu, selalu pastikan kamu menggunakan primer yang dapat meminimalisir tampilan pori-pori dan aplikasikan highlighter hanya pada tulang pipi, tanpa membawanya hingga ke depan. 


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Jonas Svidras on Pexels)