Beauty

Ini Dia Kunci Untuk Meraih Kulit Bersinar

  by: Astriana Gemiati       15/3/2020
  • Sekarang, kamu pasti menyadari bahwa kulit sudah banyak mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Pertama, pergantian sel kulit kamu mulai melambat hingga mampu membuatnya cenderung membentuk garis-garis halus dan terlihat sedikit kendur. Jika kamu berurusan dengan salah satu dari masalah perawatan kulit ini, anggap itu sebagai tanda yang jelas bahwa kamu perlu meningkatkan rutinitas dasar penggunaan skincare kamu. Di sini, Cosmo menguraikan langkah-langkah perawatan kulit untuk membantu kamu meraih kulit agar tetap senantiasa sehat dan terjaga kemudaannya.


    #1. Eksfoliasi kulit kamu setidaknya dua kali seminggu

    via GIPHY



    Ketika kita muda, kulit kita akan terkelupas atau berubah setiap enam hingga delapan minggu. Seiring bertambahnya usia, kulit kita menumpuk sel-sel kulit mati, membuatnya tampak lebih kusam dan terkadang terasa kasar saat disentuh. Jika kamu memiliki jenis kulit normal, ada baiknya pengelupasan wajah dilakukan dua kali atau tiga kali seminggu. Sedangkan untuk kulit sensitif, pengelupasan kulit cukup dilakukan seminggu sekali.


    Tips: Hindari menggunakan scrub wajah yang kasar. Untuk eksfoliasi yang lebih lembut, cobalah produk perawatan kulit berbasis acid seperti glycolic-infused peel pads atau serum Vitamin C yang bantu untuk mengelupas kulit tanpa melibatkan scrubbing yang keras.


    #2. Jangan lewatkan penggunaan SPF

    Kamu mungkin pernah mendengar hal ini ribuan kali tetapi masih saja terus berulang. Ya, paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi mudah kendur dan keriput sebelum waktunya. SPF 30 adalah tabir surya yang ideal untuk digunakan dan hindari penggunaan tabir surya yang mengandung oxybenzone. Saat membeli produk skincare, ada baiknya untuk membaca kandungan di dalamnya.


    #3. Gunakan serum yang mengandung vitamin C dan E setiap pagi

    via GIPHY



    Vitamin C adalah bahan populer yang akan kamu temukan di banyak serum, dan untuk alasan yang baik antioksidan bagus untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Maka Vitamin C akan bekerja lebih baik ketika dikombinasikan dengan Vitamin E. Intinya, mereka bekerja lebih baik bersama daripada ketika mereka digunakan sendirian.


    #4. Tambahkan retinol di malam hari untuk rutinitas perawatan kulit kamu!

    Yang sudah kita ketahui retinol adalah krim anti-penuaan terbaik. Bahan ini pada dasarnya bekerja bantu untuk pengelupasan kulit, mengurangi tampilan garis-garis halus dan bintik-bintik penuaan, serta membantu dalam produksi kolagen di kulit kamu. 


    Tips: Gunakan krim berbasis retinol setiap malam. Namun jika kulit kamu tipe sensitif ada baiknya berkonsultasi dahulu kepada beauty advisor sebelum membeli. Karena ada beberapa orang, kulit sensitif ada yang tidak cocok.



    ( Astriana Gemiati, Image: [email protected] , Giphy.com, Layout: S.Dewantara, Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor )