Beauty

Inilah Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulit

  by: Kissy Aprilia       14/3/2020
  • Apakah kamu merasa tidak bisa memulai hari tanpa segelas kopi? Well, kandungan kafein yang terdapat dalam minuman tersebut tidak hanya menghasilkan energi pada tubuh tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Selain dikonsumsi, kamu dapat mengambil manfaat kafein melalui produk skincare topikal. Simak manfaatnya berikut ini!


    Melawan Radikal Bebas

    Kafein tinggi akan antioksidan, dan kandungan ini dapat melawan radikal bebas. Jika kamu belum tahu, radikal bebas adalah faktor utama penyebab tanda penuaan, yang artinya: kulit juga akan terlindungi dari masalah penuaan.




    Mengurangi Inflamasi

    Kafein memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan pada kulit. Menggunakan produk skincare topikal di area kulit yang bermasalah dapat menyembuhkan kemerahan dan kulit juga menjadi lebih sehat.


    Menyamarkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

    Lingkaran hitam di bawah mata disebabkan oleh beberapa faktor, seperti dehidrasi, alergi, atau genetik. Sementara itu, kandungan antioksidan di dalam kafein dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi di sekitar mata, sehingga rona gelap memudar. Jika ingin mencoba eye mask buatan sendiri, kompres matamu dengan kantung teh selama 5 menit. 


    Menyamarkan Selulit

    Sejumlah produk masker dan body lotion diciptakan dengan kandungan kafein. Kandungan ini dapat membantu mengembalikan kadar air pada permukaan kulit, lalu bekerja memperbaiki teksturnya menjadi halus. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian di Universitas Sao Paulo, bahwa perawatan dengan menggunakan krim kafein mengurangi sel lemak selulit hingga 17 persen.




    Membantu Perawatan Rosacea

    Kafein bekerja mengontrol pembuluh darah dan mengurangi kemerahan. Hal ini membuatnya menjadi perawatan yang ideal untuk menangani masalah kulit rosacea. Mengoleskan krim yang mengandung kafein akan memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan antioksidan dalam kulit. Jadi, kulit yang memerah dan iritasi akibat rosacea dapat kembali normal.


    Memperbaiki Kerusakan Akibat Sinar UV

    Sebuah studi penelitian menemukan bahwa kafein juga dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Hal ini dikarenakan kafein mengandung antioksidan yang sangat tinggi, bahkan melebihi poluphenols dalam teh hijau. 


    Mengencangkan Kulit

    Manfaat kafein yang dapat terjadi jika digunakan secara topikal adalah mengurangi garis halus dan kulit yang kendur. Selain itu, kafein juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada kulit, lho! Jadi, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. 


    (Kissy Aprilia, images: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)