Lifestyle

Instagram Bantu Perangi Misinformasi Terkait COVID-19

  by: Alvin Yoga       18/3/2020
  • Menjaga keamanan dan keselamatan para pengguna saat mengakses Instagram merupakan hal yang sangat penting bagi Instagram. Di tengah pandemik COVID-19, Instagram berkomitmen untuk memastikan para pengguna mendapatkan informasi yang akurat terkait virus corona. Sejak World Health Organization mengumumkan COVID-19 sebagai darurat kesehatan global pada bulan Januari lalu, Instagram telah mengambil beberapa langkah untuk memastikan penyebaran informasi yang akurat terkait virus corona di Instagram, antara lain:

    1. Instagram menghapus berbagai misinformasi terkait COVID-19. Ketika pengguna mengetuk tagar terkait COVID-19, Instagram akan mengarahkan pengguna untuk mencari informasi terkait virus corona di sumber-sumber terpercaya seperti @WHO, @CDC, dan otoritas kesehatan setempat.

    2. Instagram bekerja sama dengan mitra pengecek fakta pihak ketiga untuk melakukan pengecekan informasi yang salah dan menandai informasi yang salah tersebut dengan label misinformasi.



    3. Memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan misinformasi terkait COVID-19.

    4. Memblokir berbagai iklan yang mencoba memanfaatkan situasi.

    5. Saat pengguna mencari informasi terkait virus corona, Instagram akan menunjukkan akun organisasi kesehatan terpercaya di bagian atas pencarian tersebut untuk menghubungkan pengguna dengan sumber-sumber yang terpercaya.



    Selain itu, Instagram berkomitmen untuk memastikan para pengguna mendapatkan informasi terkini yang terpercaya terkait COVID-19. Secara bertahap di beberapa negara, Instagram mulai menampilkan informasi terkini terkait virus corona yang berasal dari WHO dan Kementerian Kesehatan setempat di bagian atas Feed untuk memudahkan pengguna mendapatkan informasi akurat secara cepat.




    BACA JUGA: 13 Berita Positif yang Terjadi Selama Pandemi Virus Corona


    BACA JUGA: Lakukan 5 Cara Ini Agar Instagram Tidak Toxic!


    Mulai 13 Maret kemarin, para pengguna juga tidak akan dapat mencari efek AR terkait COVID-19 di Instagram, kecuali efek AR tersebut diciptakan melalui kemitraan dengan organisasi kesehatan yang terpercaya. Hal ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Instagram dalam menghubungkan pengguna dengan informasi kesehatan yang terpercaya. Dalam beberapa hari ke depan, Instagram akan meluncurkan stiker yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka terhadap para petugas kesehatan yang telah bekerja tak kenal lelah dalam menjaga keselamatan masyarakat. Stiker ini akan segera tersedia di galeri stiker Instagram.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Instagram)