Celebrity

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penundaan Met Gala 2020

  by: Fariza Rahmadinna       17/3/2020
  • Setelah sebelumnya ada laporan bahwa Met Gala 2020 akan tetap berjalan sesuai rencana di tengah kekhawatiran terhadap pandemi virus corona (COVID-19), pesta paling fashionable yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Costume Institute di Metropolitan Museum of Art kini harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Menurut Vogue, internal email dikirim kepada staf Met Gala 2020 hari ini, yang isinya mengumumkan bahwa museum “akan ditutup hingga Sabtu, 4 April 2020.”

    Seorang juru bicara menambahkan bahwa keputusan ini diambil atas rekomendasi Centers for Disease Control yang menyarankan untuk mengurangi kegiatan yang terdiri dari 50 orang atau lebih selama delapan minggu ke depan, “Semua kegiatan dan acara yang berlangsung hingga 15 Mei 2020 mendatang akan dibatalkan atau ditunda.” Ini termasuk Met Gala 2020, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 4 Mei 2020 mendatang. Selain itu, banyak acara-acara besar lainnya seperti Coachella yang telah dibatalkan atau ditunda. Penundaan ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyebaran pandemi global Covid-19. 

    Sebagaimana diketahui, tahun lalu Met Gala mengusung tema: Camp: Notes on Fashion, dan Lady Gaga berhasil mencuri perhatian dengan pakaian ikoniknya di red carpet. Pada tahun sebelumnya, Met Gala mengusung tema Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination, dimana Rihanna berpakaian layaknya seorang Paus. Sementara tahun ini, tema yang dipilih adalah About Time: Fashion and Duration, namun sayangnya hingga saat ini belum ada tanggal pasti kapan Met Gala 2020 akan diselenggarakan.




    Jadi...mengapa temanya About Time?

    Melalui New York Times, Andrew Bolton, kurator Costume Institute, menyampaikan alasan dibalik dipilihnya tema Met Gala 2020 yakni About Time: Fashion and Duration, “Mode sangat terhubung dengan waktu. Tidak hanya mencerminkan dan mewakili semangat di setiap zamannya, tetapi juga berubah dan berkembang beriringan dengan berjalannya waktu.” Ah, yes!

    Dalam artikel tersebut juga dijelaskan, ada banyak isu-isu mengenai fashion-time yang sedang populer saat ini, antara lain: desainer berharap memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan kreativitas mereka, konsumen yang berharap dapat membeli secara langsung busana yang diperagakan saat runway daripada harus menunggunya, dan tentu saja tumbuhnya kesadaran masyarakat saat ini mengenai dampak fashion terhadap lingkungan dan pentingnya berbelanja barang secondhand, fokus pada sustainability, dan membuat pakaian lama menjadi baru kembali. 

    For your information, tahun ini adalah perayaan 150 tahun Met Gala. 


    Inspirasi di balik tema tersebut

    Menurut New York Times, karya-karya Virginia Woolf dan filsuf Perancis pada awal abad ke-20 Henri Bergson sangat mempengaruhi tema Met Gala 2020. Bolton berencana mengkombinasikan antara waktu objektif (tahun kalender) dengan waktu subyektif (momen kreativitas).




    Pertanyaan serius: Apakah setiap orang akan berpakaian seperti jam?

    Honestly, maybe. Tapi para perancang busana dapat melakukan apapun dengan tema tersebut. Secara teori, para bintang yang akan menghadiri Met Gala dapat mengenakan busana yang timeless dan sesuai dengan tema, atau mereka dapat mengenakan busana yang merepresentasikan tahun tertentu.


    Kapan acara ini biasanya diadakan?

    Sebagaimana diketahui, Met Gala selalu diselenggarakan pada hari Senin pertama di bulan Mei, yang jatuh pada tanggal 4 Mei 2020. Namun, acara tersebut harus ditunda karena virus corona, dan belum ada tanggal pasti kapan Met Gala 2020 akan diselenggarakan.


    Siapa yang menyelenggarakan Met Gala?

    Acara ini diketuai oleh Nicolas Ghesquière, desainer Louis Vuitton; Emma Stone; Meryl Streep, yang membintangi The Hours, sebuah kisah yang diilhami oleh Nyonya Dalloway dari Woolf; Lin-Manuel Miranda; dan kepala editor Vogue, Anna Wintour. 


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Cosmopolitan US)