Better You

8 Makanan yang Bisa Kamu Simpan Saat Work From Home (WFH)

  by: Giovani Untari       18/3/2020
  • Kasus penyebaran virus corona di Indonesia saat ini memang terbilang cukup serius. Lalu untuk menekan angka penyebaran dari virus corona, sejumlah perusahaan, institusi, serta lembaga pendidikan memutuskan agar para pekerjanya beralih melakukan Work From Home atau WFH. Cara ini bertujuan mengurangi probabilitas seseorang agar tak tertular atau menularkan virus corona.

    Selama masa work from home pula, tak ada salahnya kamu ikut menyimpan beberapa bahan makanan di bawah ini. Jadi ini dia 8 bahan makanan yang bisa kamu simpan saat work from home agar tetap sehat:




    1. Buah dan Sayuran

    Nutrisi yang terbaik bagi tubuh adalah yang sejatinya berasal dari alam. Untuk itu cukupi kandungan vitamin dan mineral dalam tubuhmu selama melakukan work from home dengan mengomsumsi aneka buah-buahan dan sayuran. Pilihlah beberapa buah dan sayuran yang bersifat tahan lama untuk kamu simpan. Seperti buah jeruk, alpukat, apel pir, kiwi, anggur, dan jambu. Untuk sayuran kamu bisa memilih sawi, aneka jamur, jagung, brokoli, wortel ke dalam lemari pendinginmu. Agar tidak mudah busuk kamu sebaiknya mencuci buah dan sayur terlebih dahulu sebelum disimpan.


    BACA JUGA: 5 Tanaman Obat Tradisional Jadi Buruan Karena Corona


    2. Susu


    Kaya akan kalsium, protein, dan vitamin B12, vitamin A, dan vitamin susu dapat menjadi alternatif terbaik untuk kamu simpan selama melakukan work from home atau WFH. Kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang lalu protein juga bermanfaat sebagai sumber energi. Vitamin A di dalam susu juga berperan untuk menjaga sistem imun tubuh. Supaya tubuhmu tetap in shape, kamu bisa mencoba alternatif susu yang lebih rendah lemak seperti susu kedelai atau susu almond.


    3. Yogurt

    Masukkan juga yogurt ke dalam stok makanan yang akan kamu beli girls di periode belanjamu selanjutnya. Selain tinggi protein dan nutrisi, yogurt juga baik untuk kesehatan saluran cernamu karena mengandung probiotik di dalamnya. Masih belum cukup, yogurt juga membantu meredakan inflamasi di dalam tubuh dan memperkuat sistem imun. Kamu bisa mencampur yogurt dengan sejumlah buah seperti stroberi, apel, atau mangga agar mendapat manfaat lebih di dalamnya.


    BACA JUGA: Hindari 6 Makanan & Minuman ini di Pandemi Virus Corona!


    4. Oatmeal


    Bingung saat mencari opsi sarapan berkarbohidrat yang lebih sehat saat work from home? Oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Bahan makanan satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta serat yang bersahabat dengan perutmu. Belum lagi oatmeal juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darahmu. Oatmeal juga membuat rasa kenyang lebih lama di perut yang akhirnya membuatmu tidak cepat merasa lapar atau ingin ngemil.

     

    5. Kacang-kacangan

    Ketimbang mengonsumsi chips yang tinggi kalori, atur pilihan menu snack kamu saat work from home dengan menu kacang-kacangan. Selain rasanya lezat, sejumlah kacang memiliki lemak sehat yang baik untuk tubuh serta sumber protein dan serat. Jenis kacang yang bisa kamu pilih untuk snack adalah almond, walnut, kacang mede, macadamia nuts, atau pistachio.




    BACA JUGA: 8 List Makanan Sehat yang Bisa Dibeli Online Selama WFH


    6. Madu


    Madu sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan yang baik bagi kesehatan. Ia juga menjadi alternatif pengganti gula yang lebih sehat. Tidak sampai di sana, madu kaya nutrisi serta anti oksidan. Mengonsumsi madu secara teratur juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi yang memicu terjadinya serangan jantung.


    7. Telur

    Selain mudah diolah menjadi hidangan yang lezat, telur jika disimpan dengan baik juga dapat bertahan cukup lama sekitar 3 minggu. Kandungan Omega 3, protein, vitamin A, serta folat di dalam telur memberi banyak benefit dalam tubuh seperti menjaga kesehatan tulang dan otot, baik untuk mata dan menjaga sel otak tetap sehat.


    BACA JUGA: 13 Bahan Makanan Enak Untuk Kamu yang Ingin Diet Keto!


    8. Kimchi


    Bagi kamu yang sudah membaca artikel Cosmo yaitu manfaat kimchi untuk kesehatan, pastinya tahu bahwa makanan asal negeri gingseng ini memang kaya manfaat. Mulai dari memperbaiki saluran cerna, meningkatkan sistem imun tubuh, hingga mempertahankan kesehatan mata dan rambut. Selain itu kimchi juga baik bagi kamu yang sedang menerapkan pola diet sehat karena rendah kalori dan memiliki serat tinggi.


    Stay healthy everyone!


    (Giovani Untari / Images: Dok. Unsplash.com)