Beauty

Tips Agar Kulit Tetap Sehat Meski Work From Home

  by: Yovita Pratiwi       19/3/2020
  • Saat ini, masyarakat Indonesia tengah dianjurkan untuk menerapkan sistem Work From Home alias WFH demi mengurangi probabilitas seseorang agar tak tertular atau menularkan virus corona. Ladies, jika kamu salah satunya yang sedang melakukan social distancing, tentunya kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. 


    Tak hanya itu, penggunaan hand sanitizer, masker, dan disinfectant juga kerap dilakukan demi melindungi diri dari virus covid-19 yang tengah mewabah. Tanpa disadari, kulit jadi terasa kering, tampak kusam, dan kurang terkena sinar matahari akibat mengisolasi diri di rumah. Don’t worry, ladies. Cosmo punya beberapa tips agar kondisi kulitmu tetap terjaga dan terhidrasi selama periode ini. Penasaran? Yuk, simak!




     

    1. Konsumsi Air yang Cukup



    Penting untuk diingat, asupan air ke dalam tubuh dapat menentukan kondisi kulitmu. Pastikan kamu minum air yang cukup, kurang lebih sebanyak delapan gelas sehari atau 1.5 liter. Kebiasaan ini akan bantu menjaga tingkat hidrasi dari dalam tubuh. 


    2. Hindari Air Panas




    Mandi dengan air panas memang membuat tubuh jadi lebih rileks dan hangat, namun juga dapat mengurangi kelembapan yang terkandung dalam rambut dan kulit. Untuk menghindarinya, gunakan air hangat, jangan terlalu panas. Selain itu, pilih sabun mandi dan sampo yang memiliki efek melembapkan.


    3. Konsumsi Vitamin C


    Perbanyak konsumsi vitamin C dalam pola makanmu. Hal ini dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen dan protein yang merawat kulit. Selain itu, konsumsi vitamin C juga dapat membantu kulit tetap kencang dan mencegah timbulnya kerutan. 


    4. Ekstra Hidrasi untuk Kulit





    Intensitas penggunaan alkohol dalam hand sanitizer serta disinfectant yang meningkat dapat membuat kulit jadi kering. Sehabis mandi, pastikan untuk selalu mengoleskan body lotion atau body butter pada kulit, terutama pada bagian yang rentan kering, seperti siku dan dengkul. Jika perlu, gunakan minyak kelapa atau coconut oil untuk ekstra hidrasi pada bagian-bagian tubuh yang terasa sangat kering. 


    5. Konsumsi Teh Hijau


    Selain baik untuk diet, ternyata teh hijau juga punya manfaat untuk kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi membuatnya mampu beri nutrisi untuk kulit agar tetap lembap dan terhindar dari permasalahan jerawat serta komedo.


    6. Selalu Bersihkan Wajah sebelum Tidur dengan Pembersih yang Lembut dan Menghidrasi



    Meskipun lebih banyak di rumah, namun tetap ingat untuk selalu membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang terakumulasi sepanjang hari, ladies! Untuk membersihkan, pilih pembersih wajah yang tak mengandung alkohol. Sesuaikan jenis pembersih yang kamu pilih dengan jenis kulitmu. Kamu dapat memilih pembersih dengan kandungan vitamin E, lidah buaya, dan sodium hyaluronate untuk memberi kelembapan ekstra.


    7. Rutin Gunakan Masker Wajah



    Idealnya, penggunaan masker wajah disarankan minimal seminggu sekali. Namun, dalam kondisi seperti ini, kulit jadi lebih kering karena terus berada di ruangan ber-AC. Oleh karena itu, perbanyak penggunaan masker, misalnya seminggu tiga kali. Pilih masker berbahan dasar madu, kelapa, minyak zaitun, atau alpukat yang dikenal mampu bantu menghidrasi kulit.



    So, ladies, mana yang sudah kamu terapkan selama periode Work From Home ini? Stay safe!


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Steve Johnson on Unsplash, Hannah Xu on Unsplash, Louis Hansel on Unsplash, Sharon Mccutcheon on Unsplash, Kevin Laminto on Unsplash. )