Better You

Hentikan Kebiasaan Menyentuh Wajah untuk Cegah Virus Corona!

  by: Yovita Pratiwi       21/3/2020
  • Menahan diri dari menyentuh wajah merupakan salah satu upaya terbaik untuk menghindari virus corona. Namun, hal ini tidaklah mudah. Cosmo punya tipsnya untukmu.


    Terkadang, rasa gatal pada wajah membuat kita seringkali menyentuh hingga menggaruknya tanpa sadar – dan kita sering sekali melakukan itu. Sebuah studi di American Journal of Infection Control meneliti sekumpulan murid kedokteran yang nyatanya menyentuh wajah sebanyak 23 kali dalam waktu satu jam.




    Menyentuh wajah merupakan sebuah aktivitas yang tak kita pikirkan sebelumnya. Kamu merasa ada sehelai rambut pada wajah, sehingga kamu berusaha menyingkirkannya, atau merasa lelah sehingga mengucek mata, atau bagian hidung terasa gatal.


    Infeksi yang mudah menular seperti virus corona dapat berpindah saat seseorang batuk, bersin, atau tertawa. Organisme ini dapat mendarat pada permukaan di area seseorang yang terinfeksi, lalu disentuh oleh orang lain seperti tombol lift, gagang pintu, hingga keyboard.


    Oleh karena itu, lembaga kesehatan menyarankan masyarakat untuk sering mencuci tangan dan mencegah diri dari menyentuh wajah. Menyentuh area selaput lender pada wajah seperti hidung, mata, dan mulut dapat mempermudah jalur masuk virus. Kebiasaan ini merupakan cara yang mudah untuk melindungi diri dari infeksi, namun sulit diikuti. Jadi, bagaimana caranya untuk menghentikan kebiasaan menyentuh wajah? 



    Ketahui Hal yang Memicumu Menyentuh Wajah


    Kebiasaan menyentuh wajah terletak pada sistem okulomotor, sesuatu yang biasanya tak dipikirkan oleh orang-orang saat mereka melihat suatu obyek. Kamu biasanya menyentuh wajahmu saat berada di situasi tertentu atau sedang merasakan emosi tertentu. Saat kamu bosan, atau saat kamu berempati pada suatu pembicaraan, kamu kemungkinan akan menopang dagu dengan tangan. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kesadaran.


    Untuk memulainya, kamu perlu menganalisa situasi seperti apa yang membuatmu kerap menyentuh wajah. Mengucek mata saat merasa lelah misalnya, atau menopang dagu selama meeting berlangsung.


    Ubah Kebiasaan dan Bersabar


    Jika kamu sudah mengetahui apa yang jadi pemicu dirimu untuk menyentuh wajah, kamu dapat lebih aktif mengawasi kebiasaan tersebut. Ini merupakan langkah pertama yang penting, namun kamu butuh membiasakan diri untuk melawan keinginginan menyentuh wajah.




    Untuk membuatnya lebih mudah, kamu dapat mengganti kebiasaan tersebut secara serupa, namun lebih aman. Contohnya, jika kamu sering mengucek mata, kamu dapat membawa saputangan dan menggunakannya untuk mengucek mata, namun pastikan untuk selalu membersihkannya saat pulang ke rumah.


    Kamu juga dapat menyenderkan kepala ke jemari, dibandingkan menaruh dagu pada tangan. Dengan begitu, tanganmu tidak akan terlalu dekat pada saluran lendir di wajah.


    Tentunya butuh kesabaran agar kebiasaan baru tersebut dapat tertanam pada dirimu. Secara realistis, dibutuhkan beberapa minggu hingga satu bulan. Kebiasaan akan lebih kuat dan lebih tertanam jika kamu berkomitmen untuk melakukannya. Kamu membutuhkan banyak latihan untuk membuatnya otomatis.


    Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sehabis menyentuh permukaan pada fasilitas umum, sebelum makan, dan setelah berjabat tangan atau bersentuhan dengan orang lain.


    Stay safe, ladies!


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Mink Mingle on Unsplash.)