Career

Working From Home? Ini 8 Cara Efektif Bekerja Dari Rumah!

  by: Kezia Calesta       19/3/2020
  • Ah, keindahan working from home… di mana kamu tidak perlu mandi pagi, macet-macetan, atau bertemu dengan rekan kerja menyebalkan. Namun secara tidak sadar, ada berbagai kebiasaan yang dapat menghalang produktivitas saat WFH. Ingin bekerja dari rumah dengan efektif? Simak 8 tips Cosmo.


    1. Mandi sebelum beraktivitas

    Sadar atau tidak, rutinitas kamu di pagi hari penting untuk memulai hari. Apakah working from home membuat kamu ingin bermalas-malasan di kasur saja? Sebelum membuka laptop untuk mulai bekerja, mandilah agar tubuh lebih segar dan siap untuk menghadapi hari secara produktif.





    2. Persiapkan jadwal harian

    Saatnya menciptakan target untuk diri sendiri. Apa saja pekerjaan yang ingin kamu selesaikan hari ini? Jadwal harian akan membantu manajemen waktu dan memberikan dorongan agar kamu menjadi lebih produktif. Selain itu, jadwal harian sangat berguna untuk mengingatkan diri agar tidak ada hal yang terlewatkan.



    3. Ciptakan peraturan dengan orang lain di rumah

    Bila kamu tinggal bersama keluarga atau roommate, it’s time to set the boundaries. Beritahu mereka kalau kamu membutuhkan waktu untuk fokus dengan pekerjaan agar mereka tidak terus mengajakmu mengobrol… atau menawarkan jajanan. Oh, nooo!  



    4. Makan tepat waktu

    There are two types of people: yang lupa jam makan saat bekerja di rumah, dan yang ingin ngemil setiap waktu. LOL. Bila kamu tipe pekerja keras yang seringkali melupakan jam makan, nyalakan alarm setengah jam sebelum jam makan untuk memberikan reminder agar kamu dapat beranjak dari laptop dan mulai memasak atau memesan makanan.



    Untuk kamu pecinta camilan, batasi kebiasaan snacking karena selain membuang waktu, camilan yang tidak sehat seperti keripik kentang atau gorengan dapat menurunkan produktivitas, juga sistem imun tubuh! Lebih baik simpan potongan buah atau sayuran dalam kulkas, jadi saat ingin mengemil, kamu dapat menyehatkan tubuh di waktu yang sama.




    5. Jangan terdistraksi dengan sosial media

    Pernahkah kamu scrolling Instagram feed atau menonton video YouTube sampai lupa waktu? Ya, kebiasaan buruk ini dapat memakan jam kerja… khususnya saat WFH di mana tidak ada bos atau supervisor yang lewat di belakangmu (sehingga kamu harus buru-buru menutup browser tab tersebut). Cara menahan diri dari scrolling? Letakkan smartphone di luar jangkauan jika perlu, dan jangan membuka YouTube atau sosial media lainnya di desktop. Fokus dengan menyelesaikan pekerjaan sebelum browsing!



    6. Hindari bekerja di kasur

    Kegunaan kasur adalah untuk tidur dan istirahat. Otakmu mengetahui fakta tersebut, maka bekerja di kasur hanya akan membuat kamu ingin bermalas-malasan dan tidak menyelesaikan tugas secara efektif. Get off your lazy ass!



    7. Gunakan fitur conference call

    Di era modern ini, tiada alasan untuk tidak melihat wajah rekan-rekan kerjamu tercinta saat WFH dengan adanya fitur conference call. But hey, bisakah kamu membayangkan jika rapat harus dilakukan via WhatsApp di mana setiap kalimat harus diketik? Meeting yang seharusnya memakan waktu setengah jam pun akan menjadi dua jam. So, berterima kasihlah kepada pencipta con call karena kini kamu bisa menjalankan meeting dengan nyaman di rumah. Yup, tidak akan ada yang tahu jika kamu hanya memakai celana dalam di bawah meja.



    8. Manfaatkan WFH

    Benefits of working from home? Kamu tidak harus menghabiskan uang dan waktu untuk transport akibat menghadapi macet setiap hari. So, sekarang kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas favorit, bahkan kembali menekuni hobi lama yang sudah diterlantarkan. Say hello to the books you never had the time to read! Reminder: jangan lupa meluangkan waktu untuk berolahraga di rumah, khususnya jika definisi olahraga kamu akhir-akhir ini adalah melangkah dari kamar ke kulkas setiap hari.



    (Kezia Calesta / Image: doc. @emmamatthews via unsplash.com)