Beauty

Mengatasi Kulit Kering Karena Terlalu Sering Cuci Tangan

  by: Kissy Aprilia       20/3/2020
  • Salah satu cara menghindari penyebaran virus corona yang saat ini tengah menjadi pandemi di seluruh dunia adalah dengan mencuci tangan (selama 20 detik!) Kebiasaan ini wajib dilakukan sesering mungkin, bahkan sebaiknya kamu selalu membawa hand sanitizer dengan kandungan minimal 70 persen alkohol di dalam tas untuk menghindari paparan virus corona. 

    Akan tetapi, terlalu sering mencuci tangan dengan sabun serta menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi sangat kering. Pada beberapa kasus, tekstur kulit bahkan menjadi pecah-pecah dan iritasi. Thankfully, dermatologis asal London, Dr. Anjali Mahto, membagikan tips untuk menghindari masalah ini melalui akun Instagramnya.





    Sediakan Hand Cream Non-Fragranced

    Mulailah membiasakan diri untuk menggunakan moisturizer setiap sehabis mencuci tangan. Dr. Mahto menyarankan kamu untuk menyediakan produk hand cream yang tidak mengandung wewangian, karena bahan tersebut berpotensi membuat kondisi kulit yang kering semakin memburuk.


    Baca Juga: Tips Mencuci Tangan Dengan Benar Untuk Mencegah Penyakit




    Hindari Bahan Kimiawi

    Saat melakukan aktivitas yang mengharuskan tanganmu menyentuh benda-benda penyebab iritasi, seperti saat mencuci piring kotor, sebaiknya gunakan sarung tangan agar tanganmu tidak basah atau mengalami iritasi.


    Lindungi Tangan Dari Paparan Cuaca

    Pastikan kulit tanganmu tidak semakin kering karena cuaca dingin, ruam saat panas, atau iritasi saat debu. Bila perlu, gunakan sarung tangan saat melakukan aktivitas di luar ruangan.


    DIY Hand Mask Sebelum Tidur

    Dr. Mahto memberikan tips DIY hand mask yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Caranya: pulaskan hand cream setiap sebelum tidur, lalu gunakan sarung tangan yang terbuat dari bahan katun, dan kamu akan mendapatkan kulit yang lembap—bahkan lebih lembut—setelah bangun tidur. Trik ini juga dapat kamu lakukan untuk masker kaki, girls!


    Gunakan Sabun Anti-Microbial

    Jika kamu pergi ke luar ruangan, Dr. Mahto menyarankan untuk membawa sabun anti-microbial dalam kemasan kecil, dibandingkan harus menggunakan hand sanitizer. Kamu pasti sudah tahu bahwa produk hand sanitizer terdiri dari sekitar 70 persen alkohol, dan tentu saja akan membuat kulit semakin kering.