Lifestyle

Hindari 6 Makanan & Minuman ini di Pandemi Virus Corona!

  by: Kezia Calesta       20/3/2020
  • Sebelum kamu panik, tidak, virus corona tak bisa tertular lewat makanan… namun menjalankan diet yang tak sehat dapat menurunkan sistem imun dan membuat daya tahan tubuh kurang tangguh. Saat tubuhmu kurang vitamin dan nutrisi, kamu pun akan lebih rentan tertular virus! Maka dari itu, hindari 6 jenis makanan dan minuman ini agar tubuhmu tangguh menghadapi pandemi virus corona.


    1. Makanan cepat saji

    Jangan meremehkan fast food - riset telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji secara rutin dapat merubah cara sistem imun kamu bekerja. Kebiasaan buruk ini tidak hanya membuat tubuhmu bekerja lebih keras untuk memproses makanan tersebut, tetapi juga akan tubuh lebih mudah lelah dan sensitif terhadap penyakit.




    2. Minuman beralkohol

    Apakah kamu pernah jatuh sakit setelah terlalu banyak minum-minum di malam sebelumnya? Yes, terlalu banyak alkohol dapat menurunkan fungsi sel macrophage yang melawan bakteri asing, menurunkan level immunoglobulin, dan merusak produksi sel T dan sel B yang bekerja untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, alkohol juga bisa mempengaruhi hormon dan jam tidur kamu. Jika minum alkohol, lebih baik memilih wine atau beer dibanding liquor lain, namun ingat untuk membatasi konsumsi sambil meminum banyak air putih.


    3. Makanan kaya MSG

    Jika kamu tergolong dalam “generasi micin”, it’s time to cut down. MSG dapat menyebabkan stres terhadap kelenjar limpa dan timus yang memiliki peran penting dalam kelancaran sistem imun. Selain itu, MSG juga dapat mengubah leven molekul interleukin yang membantu memodulasi sistem imun.


    4. Kafein

    Yes, we’re sorry to tell you this… Kafein memang dapat membuat pagimu lebih baik, namun kebiasaan meminum kopi setiap hari dapat mempengaruhi sistem imun juga. Kafein dapat memberikan energy boost, namun di waktu yang sama juga menaikkan level kortisol yaitu hormon yang diproduksi tubuh saat stres. Maka dari itu, fungsi imun kamu dapat menurun jika level kortisol dengan naik. Ditambah lagi, mengonsumsi kafein setiap hari dapat menurunkan produksi sel T, menahan fungsi sel darah putih limfosit, dan mengurangi produksi protein interleukin. So, limit your intake!




    5. Minuman bersoda

    Soda ataupun diet soda mengandung banyak bahan buatan termasuk pemanis seperti aspartame, saccharin, dan sucralose yang tidak memberikan manfaat apapun kepada sistem imun kamu. Berbagai studi telah membuktikan bahwa bahan-bahan tersebut dapat mengurangi produksi bakteri baik dalam usus kamu, maka metabolisme pun dapat menurun dan lebih sulit menangkal virus.


    6. Makanan bergula

    No surprise. Bakteri jahat dapat hidup dalam tubuh lebih lama dengan keberadaan gula. Semakin banyak gula dalam sistem kamu, semakin cepat bakteri jahat dapat tumbuh… maka, hal ini dapat mempengaruhi mood, gula darah, dan daya tahan tubuh. Selain itu, gula dan vitamin C memakan tempat yang sama dalam tubuh kamu, maka semakin banyak makanan bergula yang kamu konsumsi, semakin sedikit sel imun kamu mendapat vitamin C.


    Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman tersebut, dan ganti dietmu dengan 12 bahan makanan berikut untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.


    (Image: doc. Freepik.com)