Lifestyle

Cegah Virus, Ini 5 Essential Oil Terbaik untuk Sistem Imun

  by: Kezia Calesta       21/3/2020
  • Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh, khususnya di tengah pandemi virus corona… mulai dari menjaga kebersihan, memperbaiki diet, tetap berolahraga, dan banyak lagi. Ditambah lagi dengan musim hujan, kamu juga akan mudah terkena sakit batuk dan pilek, maka inilah saatnya untuk memperkuat daya tahan tubuh.


    Percaya atau tidak, aromaterapi dapat mendukung sistem imun, khususnya di kala stres atau jika kamu sering dikelilingi oleh orang yang kurang fit. Kebanyakan essential oil mengandung properti antiseptik yang baik untuk mencegah penyebaran bakteri, jamur, dan virus. Essential oil yang Cosmo sarankan berikut dapat menstimulasi peredaran darah dan mendukung sistem imun.




    1. Lemon essential oil

    Kaya akan vitamin C, lemon essential oil dapat menstimulasi sistem imun, mencegah virus influenza, melindungi organ dalam, dan U.S. Department of Agriculture juga membuktikan bahwa lemon dapat melindungi makanan terhadap E.coli dan salmonella. Selain itu, wanginya yang menyegarkan dapat menghilangkan perasaan mual!


    2. Cinnamon essential oil

    Minyak kayu manis memiliki efek pada pelepasan insulin yang menjaga kestabilan gula darah, juga melawan pertumbuhan parasit berbahaya dalam tubuh. Ditambah lagi, cinnamon oil dapat melancarkan saluran pernapasan, merawat sakit leher, hingga menjaga kelancaran peredaran darah sehingga kesehatan jantung terjaga. 


    3. Eucalyptus essential oil

    Dikenal juga sebagai minyak kayu putih, manfaat eucalyptus yang paling dikenal adalah kemampuannya untuk meredakan masalah pernapasan. Namun tidak seperti minyak kayu putih yang memliki campuran lainnya sehingga lebih encer, eucalyptus essential oil merupakan ekstrak murni dari tanaman tersebut, maka manfaatnya pun akan lebih terasa. Dengan potensi antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, dan dekongestan, eucalyptus oil dapat mengontrol kadar gula darah, mengusir serangga, menghilangkan nyeri persendian, hingga menyembuhkan luka dengan lebih cepat.




    4. Tea tree essential oil

    Banyak wanita mengenal tea tree oil sebagai penyelamat untuk kulit berjerawat dan masalah kecantikan lainnya, but it has so much more benefits. Tea tree merupakan immune stimulant dengan properti antiseptik yang tinggi, maka sering digunakan untuk mengobati infeksi virus dalam sistem pencernaan, juga mencegah bakteri E. coli dan salmonella.


    5. Rosemary essential oil

    Seringkali digunakan sebagai bahan masakan dan pengobatan tradisional, tumbuhan rosemary yang beraroma segar dan woody sangat berguna untuk orang yang memiliki masalah pernapasan seperti sinus. Did you know? Rosemary merupakan gudang nutrisi dengan kandungan vitamin A, C, B6, thiamin, folat, magnesium, kalsium, dan zat besi. Maka dari itu, rosemary digunakan sebagai stimulan kognitif untuk meningkatkan fungsi otak, mencegah inflamasi, mengatasi masalah pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan seperti asam rosmarinic, caffeic, dan carnosol yang dapat membangun garis pertahanan sekunder dalam sistem imun tubuh.


    (Image: doc. @christinhumephoto via Unsplash.com)