Lifestyle

9 Lagu Korea yang Bisa Dinyanyikan Saat Cuci Tangan 20 Detik

  by: Giovani Untari       22/3/2020
  • Babes, salah satu cara mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tanganmu secara maksimal (dan sesering mungkin) dalam waktu 20 detik menggunakan sabun. Dan tentu saja rasanya agak sulit bukan, menebak apakah durasi cuci tangan kita sudah benar 20 detik atau belum? Sebab dengan tangan yang basah, kita pasti kesulitan mengatur atau membawa stopwatch ke wastafel.

    Feel it!

    Beberapa lembaga kesehatan seperti Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan kita bisa mencuci tangan sembari menyanyikan lagu Happy Birthday to You sebanyak dua kali. Sebab seperti itulah standar 20 detik waktu untuk mencuci tangan agar seluruh kuman, virus, dan bakteri yang menempel di tanganmu bisa dibersihkan secara maksimal.




    And yes, to stay positive and healthy kamu pun bisa mengganti lagu Happy Birthday to You menjadi lagu Korea kesukaanmu. Jadi inilah 9 lagu Korea yang bisa kamu nyanyikan saat mencuci tangan selama 20 detik. Let’s sing it together and stay healthy all!


    1. Noona You’re So Pretty (Replay) – SHINee


    Lagu yang menjadi debut dari boy group SHINee ini memang menjadi lagu yang everlasting untuk dinyanyikan hingga saat ini. Kamu pun bisa menggunakan lagu dari grup asal SM Entertainment tersebut untuk dinyanyikan saat mencuci tangan selama 20 detik.

    Let sing it:

    Nunan neomu yeppeo (geu geunyeoreul boneun naneun) micheo (ha hajiman ijen jicheo).. Replay replay replay.. chueogi nae mameul halkwieo (a apaseo ijen mameul) gocheo

    (da dagaol ibyeore nan).. Replay replay replay.. 


    2. Fantastic Baby – BIG BANG


    Rasanya cuci tangan kita pun jadi lebih berwarna saat menyanyikan lagu milik Big Bang satu ini bukan? Terlebih lirik dan melodinya pun catchy serta gampang diingat! Are you ready?

    Let sing it:

    Nananana Nananana.. WOW FANTASTIC BABY.. DANCE I WANNA DAN DAN DAN DAN DANCE.. FANTASTIC BABY..  DANCE I WANNA DAN DAN DAN DAN

    DANCE.. WOW FANTASTIC BABY


    3. Oh! - Girl’s Generation


    Girlband senior ini juga memiliki sederetan lagu seru yang siap membuat aktivitas cuci tanganmu jauh dari kata membosankan. Dari sekian banyak lagu, Cosmo merekomendasikan kamu menyanyikan lagu OH! Ini sebab dijamin kamu akan langsung tersenyum senang saat menyanyikannya. Keep fangirling and stay healthy!

    Let’s sing it:

    Oh Oh Oh ppareul saranghae.. Ah ah ah ah manhi manhihae.. Sujubeuni jebal utji mayo.. Jinsim ini nollijido marayo.. Tto babogateun mal ppunya. Oh~


    4. Love Scenario - iKON


    Menjadi salah satu lagu Korea yang liriknya sulit dilupakan, tentu saja Love Scenario wajib masuk untuk menemani waktu cuci tanganmu. Dan berbeda dengan lagu lainnya yang kamu nyanyikan bagian reff-nya, pada lagu Love Scenario rasanya intro awal lagu ini juga tak kalah asyik untuk dinyanyikan sembari mencuci tangan.

    Let’s sing it:

    Sarangeul haetta uriga manna.. Jiuji mothal chueogi dwaetda.. Bolmanhan mellodeurama.. Gwaenchaneun gyeolmal.. Geugeomyeon dwaetda.. Neol saranghaetta.. Uriga mandeun love scenario

    Ijen jomyeongi kkeojigo.. Majimak peijireul neomgimyeon.. Joyonghi mageul naerijyo


    5. Monster - EXO




    Tak lengkap rasanya jika nggak ikut memasukkan lagu dari boy group populer EXO satu ini. Melalui beat-nya yang powerful dan liriknya yang ear catching, Cosmo yakin kamu semakin semangat saat mencuci tangan dengan bernyanyi lagu ini. Bukan begitu, EXO-L?

    Let’s sing it:

    I’m creepin’ in your heart, babe.. Dwijibgo muneoteurigo samkyeo.. Geurae neol humchyeo tamnikhae.. neol mangchyeo noheul geoya.. Ne mamsoke gakindoen chae jukeodo yeongwonhi sallae

    Come here girl, you call me monster.. ne mameuro deuleogalge.


    6. DDU-DU DDU-DU - BLACKPINK


    Temani juga waktu mencuci tanganmu dari lagu milik BLACKPINK satu ini. Psst.. Cosmo 100% tebak kamu juga pastinya sudah hafal sekali dengan lirik lagu nan remarkable satu ini! 

    Let’s sing it:

    Du beon saenggakae.. Heunhan namdeulcheoreom chakan cheogeun mot hanikka.. Chakgakaji ma.. Swipge useojuneun geon nal wihan geoya.. Ajigeun jal moreugetji

    Guji wonhamyeon test me.. Neon bul bodeusi ppeonhae.. Manmanhan geol wonhaetdamyeon.. Oh wait 'til I do what I do.. Hit you with that ddu-du ddu-du du (Ah yeah, ay yeah!)


    7. Fancy – TWICE


    Well, siapa sih rasanya yang tidak ikut gembira dan bernyanyi dalam hati setiap kali mendengar lagu TWICE satu ini? Bahkan hanya dari mendengar intro-nya pun, kita akan langsung siap bernyanyi! Jadi ini yang saat tepat untuk bersama Jihyo dkk menyanyikan lagu ini saat mencuci tangan dan memastikan bahwa tangan kamu sudah benar-benar bersih. 

    Let's sing it:

    Geogi neo I fancy you.. Amuna wonhaji anha.. Hey, I love you (love ya!).. Geurae neo I fancy you.. Kkumcheoreom haengbokhaedo dwae.. 'Cause I need you (what?)

    Fancy you, ooh.. Nuga meonjeo johahamyeon eottae.. Fancy you, ooh.. Jigeum neoegero gallae.. (Fancy, ooh)


    8. Boy With Luv – BTS feat Halsey


    Lagu dari BTS satu ini pun pasti tak asing lagi di telingamu, bukan? Boy with Luv yang berirama positif dan penuh cinta ini bisa jadi opsi selanjutnya sebagai lagu Korea yang asyik didendangkan saat tengah mencuci tangan. Masih beralasan malas untuk mencuci tanganmu? Oh my my my!

    Let’s sing it:

    Oh my my my, oh my my my.. I've waited all my life.. Ne jeonbureul hamkkehago sipeo.. Oh my my my, oh my my my

    Looking for something right.. Ije jogeumeun na algesseo.. I want something stronger.. Than a moment.. Than a moment love


    9. Psycho – Red Velvet


    Last but not least, lagu rekomendasi Cosmo berikutnya untuk menemani cuci tanganmu datang dari lagu Red Velvet berjudul Psycho. Beat-nya yang asyik dan liriknya yang fierce menjadi alasan kuat untuk ikut dinyanyikan sepanjang 20 detik saat mencuci tangan!

    Let's sing it:

    You got me feeling like a psycho psycho.. Uril bogo malhae jakku jakku.. Dashi an bol tteut ssaudagado buteo danini marya.. Ihaega an gandae utgijido antae

    Maja Psycho psycho (Psycho psycho).. Seoro joa jungneun babo babo (babo babo).. Neo eopshin eojireopgo seulpeojeo giundo mak eopseoyo.. Duri jal mannattae Hey now we'll be ok.


    (Giovani Untari / Images: Freepik.com / Ilustrasi: Dyah Puspasari)