Lifestyle

Cara Mendukung Bisnis Kuliner Lokal di Tengah Pandemi Corona

  by: Shamira Priyanka Natanagara       22/3/2020
  • Dengan adanya imbauan social distancing dari pemerintah, tidak sedikit masyarakat Indonesia memilih untuk mengarantina diri di rumah demi menjaga kesehatan dan mengurangi penularan COVID-19. Namun perlu diingat bahwa working from home atau online learning yang sedang kamu jalani sekarang adalah suatu privilese—karena tak semua orang bisa melakukannya, terutama yang pekerjaannya terkait dengan makanan dan minuman, seperti pelayan restoran dan kafe, serta orang-orang yang memperoleh penghasilan dari mengantar makanan sehari-hari. 

    Meskipun begitu, self-quarantine dan social distancing tak berarti kamu tidak bisa mendukung pihak-pihak tersebut. Selama masa #DiRumahAja ini, berikut adalah beberapa cara kamu bisa mendukung bisnis kuliner lokal. Let’s support each other through these tough times!

     



    1. Jangan ragu untuk delivery

    Selama masa self-quarantine dan social distancing ini, kamu memang tak bisa mengunjungi restoran atau kafe kesukaan, tapi bukan berarti kamu tak bisa memesan makanan dan minuman secara online. Mungkin kamu masih ragu untuk melakukan hal ini karena alasan kebersihan, tapi menurut Dr. Ian Williams dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (disadur dari CNN), tidak ada bukti bahwa COVID-19 bisa menular melalui makanan. Ia menjelaskan bahwa COVID-19 menular melalui sistem pernapasan dan tidak ada laporan bahwa bisa ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan.

    Nah, namun agar lebih aman, kamu bisa memesan makanan dan minuman dari tempat-tempat yang terjamin kebersihannya. Selain itu, kamu bisa pula meminta sang pengirim makanan (seperti pengemudi ojek) untuk melakukan social distancing, salah satunya dengan meminta mereka untuk menaruh makanan di depan pintu atau pagar tempat tinggalmu. 

     

    2. Coba kafe atau restoran di lingkunganmu

    Apakah restoran dan kafe favoritmu terletak agak jauh dari tempat tinggal? Well, ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba restoran dan kafe yang terletak di lingkungan rumahmu. Kamu tak perlu melakukan perjalanan jauh, dan jika menggunakan jasa delivery pun biaya pengirimannya tentu lebih murah. Pastinya bisnis mereka pun terpengaruh secara negatif akibat pandemi virus corona ini, dan memesan makanan atau minuman mereka dapat membantu. Support local businesses!

     

    3. Support your friends and neighbours

    Jika ada temanmu yang memiliki bisnis kuliner—atau mungkin teman orang tuamu atau tetanggamu—ada baiknya untuk membantu usaha mereka. Mungkin ini tampak seperti upaya yang kecil, tapi bisa membuat mereka lebih bersemangat untuk melewati masa-masa yang sulit ini.

     

    4. Use your platform wisely

    Tak peduli jika followers-mu tergolong sedikit, mendukung bisnis lokal melalui media sosial bisa memberi dampak positif. Kamu bisa menggunakan template Instagram Story yang telah beredar untuk mempromosikan restoran atau kafe favoritmu yang menyediakan jasa delivery, mengunggah foto makanan yang kamu pesan ke Instagram dan mention tempat kamu memesannya, serta bisa pula dengan memberi rekomendasi ke pengguna media sosial lainnya melalui kolom komentar. Join the conversation! Berikut adalah beberapa contoh yang bisa kamu lakukan:






     

    5. Be nice!

    Beri tip ekstra pada orang yang mengirim pesananmu, tawarkan mereka hand sanitizer dan masker jika masih punya stok, and just be nice! Ini adalah masa yang sulit bagi banyak orang, terutama mereka yang pendapatannya bergantung pada kegiatan sehari-hari, seperti pengemudi ojek dan pelayan restoran. So… bantu mereka dengan bersikap lebih sabar dan ramah, dan tawarkan bantuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mereka jika mampu. Ingat: tidak semua orang bisa beraktivitas di rumah saja sepertimu, so let’s support each other!

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: The Lazy Artist Gallery from Pexels)