Better You

Psst, Ini Tips Work from Home untuk Kamu yang Cepat Bosan

  by: Alvin Yoga       24/3/2020
  • Saya adalah satu dari 500 ribuan orang yang bekerja di rumah saat ini (menurut data dari Dinas Ketenagakerjaan, Ketransmigrasian dan Energi Wilayah Provinsi DKI Jakarta). Dan, kalau boleh jujur, saya mulai menikmati suasana dan kebebasan ini—tak perlu bangun pagi-pagi sekali demi mengejar jam masuk kantor, tak ada rapat maraton tiga kali berturut-turut di kantor, tak perlu repot "Duh, pakai baju apa, ya, hari ini?", tak perlu berlomba dengan waktu untuk menggunakan makeup dan skincare sebelum ke kantor, dan yang paling penting saya tak perlu berdiri di atas bus selama berjam-jam dari dan menuju ke kantor (yang sering membuat saya kesal). Peliharaan saya di rumah (saya punya dua ekor kucing yang saya beri nama emeng dan meong, well saya akui saya agak kurang kreatif memilih nama) kini resmi menjadi rekan "kantor" saya, dan kalau biasanya saya bisa bergosip soal artis Korea atau serial Netflix terbaru yang saya tonton semalam dengan rekan kiri dan kanan saya di kantor, sekarang saya harus mengirimkan pesan atau melakukan videocall dengan merekakarena tentu saja kucing saya tak bisa diajak bergosip!

    Hanya dalam hitungan beberapa hari, saya mulai merasa kurang produktif. Dan ya, saya sadar mengenai hal tersebut. Saya mulai bosan. Work from home dan social distancing membuat saya tak bisa ke mana-mana. Bahkan untuk membeli camilan di minimarket terdekat pun (oh, ini adalah waktu-waktu terbaik dalam hidup saya belakangan ini) saya harus menerima tatapan tajam dari orang tua saya.

    Seperti yang dilakukan kebanyakan orang ketika bosan, saya pun melakukannya. Saya ambil ponsel saya dari sisi ranjang, dan mulai mengetikkan "Tips anti bosan ketika bekerja di rumah"—tentunya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. And thank God I did it, karena saya menemukan beberapa tips yang, well, sepertinya bisa saya praktikkan. Entah apakah kamu merasakan kebosanan yang sama, atau perusahaanmu mulai memberlakukan kebijakan work from home mulai minggu ini, berikut adalah tips untuk work from home yang sudah Cosmo kumpulkan untuk kamu yang cepat bosan. Let's conquer the world from our couch.




    MASALAH PERTAMA: Sofa kesayanganmu adalah "meja" kantormu

    TIPSNYA: Ciptakan ruang kerjamu—senyaman DAN seefektif mungkin

    "Tak perlu memisahkan ruang tidurmu dengan ruang kerjamu, atau kalau kamu memang mau bekerja dari sofa kesayanganmu itu, tak jadi masalah. Yang kamu perlukan hanyalah menciptakan ruang kerja yang efektif dan nyaman yang akan menjadi 'kantor'mu dalam beberapa hari. Yang terpenting, ketika kamu duduk di sana, kamu punya seluruh perlengkapan yang kamu butuh butuhkan sehingga kamu tak perlu bolak balik untuk mengambil barang yang tertinggal—karena hal tersebut akan membuang waktu dan biasanya akan membuat semangat kerjamu menurun," ujar Lauren Berger, seorang konsultan karier dan penulis Welcome to the Real World. Saran Cosmo, jauhi kamar tidurmu kalau kamu mudah "tergoda" dengan ranjangmu yang nyaman. Pindahlah ke ruangan lain sehingga jam kerjamu tetap efektif.


    MASALAH KEDUA: Kamu sudah tiga hari tidak keramas

    TIPSNYA: Cari apa yang membuatmu nyaman DAN produktif

    Jika kamu merasa bahwa mandi atau berpakaian serba rapi membantumu lebih bersemangat untuk bekerja, maka lakukan. Tapi kalau kamu merasa memakai piama dan tidak keramas pun tidak mengganggu semangat kerjamu, well, terserah saja. "Triknya adalah cari tahu apa yang membuatmu produktif," ujar Elaine Quinn, penulis There's No Place Like Working From Home. Pastikan saja kalau kamu dan rekan kantormu akan melakukan rapat lewat Zoom atau Skype kamu tetap mandi dan berpakaian yang rapi—cari atasan yang menarik, kenakan makeup, dan kenakan aksesori agar kamu terlihat segar (kamu masih tetap bisa mengenakan celana yoga dan yang lain tak akan menyadarinya).


    MASALAH KETIGA: Kamu ingin sekali mengobrol (baca: bergosip) dengan teman-teman kerjamu

    TIPSNYA: Manfaatkan ponselmu atau komputermu

    Kalau kamu punya teman-teman dekat di kantor dan kalian sering meluangkan waktu untuk mengobrol di kantor (duh, siapa sih yang tidak) maka kamu juga memerlukan hal yang sama ketika kamu work from home. "Telepon teman-temanmu di jam yang sama ketika kalian mengobrol di kantor," ujar Elaine. Lakukan panggilan video jika perlu, yang penting hubungi temanmu, beri semangat satu sama lain, diskusikan pekerjaanmu (ini yang paling penting), dan bergosiplah kalau memang kamu mau. 


    MASALAH KEEMPAT: Teman-temanmu merasa kamu punya banyak waktu luang untuk mengobrol

    TIPSNYA: Tetap ikuti jadwal yang jelas

    Set boundaries. Temanmu mungkin berpikir tak masalah kalau mereka mau meneleponmu di sore hari ketika mereka baru saja mendapat gosip yang panas. The thing is, ini adalah jam kerjamu! "Pastikan kamu punya jam kerja yang jelas dan patuhi jam kerjamu," ujar Lauren. Ada baiknya, kamu tetap mengikuti jam kerjamu yang biasa di kantor, namun kalau kamu merasa lebih bersemangat untuk bekerja di waktu yang berbeda, tak jadi masalah, selama kamu bisa mengikuti jadwal tersebut. "Bahkan kalau ibumu menelepon di tengah jam kerjamu, kirimkan pesan supaya ia meneleponmu di waktu yang berbeda. Banyak yang berpikir bahwa ketika kamu bekerja di rumah, kamu bisa 'diganggu' kapan pun." Kenyataannya tidak begitu. And yes, ini juga berlaku padamu, jadi hindari keluar untuk berbelanja ke minimarket (seperti yang saya lakukan, ya, oke deh, saya mengaku salah) di jam kerjamu. Lakukan ketika makan siang atau setelah jam kerjamu selesai.




    MASALAH KELIMA: Kamu bosan setengah mati di rumah

    TIPSNYA: Ingatkan dirimu bahwa ini adalah yang terbaik

    Well, Cosmo tahu kamu mungkin bosan dan merasa, "Sepertinya ke kafe sebentar untuk beli kopi atau bekerja dua-tiga jam tak akan jadi masalah. Yang penting kan, tetap social distancing dan rajin membersihkan tangan." Well, kamu mungkin tidak akan jatuh sakit jika terpapar virus, tapi orang lain di rumahmu mungkin tidak senasib denganmu. Pikirkan keadaan orang-orang di sekitarmu, terutama kalau kamu serumah dengan orang yang lanjut usia atau dengan anak kecil. Jangan sampai menghabiskan 10 menit atau 15 menit di luar membuatmu menyesal nantinya.


    MASALAH KEENAM: Sudah jam 7 malam, dan kamu tak yakin apa yang sudah kamu kerjakan hari itu

    TIPSNYA: Gunakan sistem reward

    "Buat to-do list dengan menuliskan apa saja yang ingin kamu selesaikan hari itu. Bekerjalah sesuai jadwal, dan setiap kali kamu menyelesaikan suatu tugas—baik mudah ataupun sulit—kamu boleh beristirahat sejenak selama 10 sampai 15 menit, bahkan di tengah jam kerjamu," ujar Elaine. "Dengan begini kamu tidak akan cepat bosan, dan percayalah, kamu tidak akan sadar seberapa cepat waktu berlalu dan tugas-tugasmu akhirnya selesai." Atau, coba tips Cosmo berikut: atur alarm pada ponselmu setiap satu jam sekali pada menit ke-55. Sekarang bekerjalah sebaik mungkin selama 55 menit—hindari rasa penasaranmu dengan terus-terusan melihat jam—dan ketika alarmmu berbunyi, kamu punya waktu 5 menit untuk beristirahat. Atau, ubah menjadi 10 menit setiap dua jam sekali, terserah mana yang menurutmu lebih baik...dan lihat seberapa baik kamu bekerja. I did it and it works well on me.


    MASALAH KETUJUH: Kamu tak bisa berhenti scrolling Instagram... kemudian berpindah ke Twitter, kemudian Facebook, kemudian YouTube. Duh, kapan kerjanya?

    TIPSNYA: Batasi koneksimu

    Tanpa ada orang lain yang mengawasimu, memang mudah sekali untuk jatuh pada "jurang kemalasan" dan berakhir dengan bersantai di atas ranjang sambil menonton video anjing atau kucing yang lucu, bermain Adorable Home, atau menonton cuplikan oppa di YouTube. Kalau kamu merasa ponselmu adalah awal dari segala masalahmu—padahal kamu sumber masalahnya—maka jauhkan ponselmu. Percayalah, ini adalah tips terbaik. Atau jika kamu merasa laptop atau komputermu adalah masalahnya, unduh StayFocusd, dan buat komputermu tidak bisa surfing di internet selama jeda waktu yang sudah kamu jadwalkan. Dengan begini, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menyelesaikan tugasmu sampai masa blokirnya selesai. Percayalah, kamu tak tahu seberapa cepat kamu bisa menyelesaikan tugasmu tanpa "gangguan" internet.


    MASALAH KEDELAPAN: Kamu merasa tidak sepenuhnya bekerja tanpa berada di kantor

    TIPSNYA: Buat kebiasaan baru yang membuatmu seakan berada di kantor

    Alih-alih berkendara (atau menggunakan kendaraan umum) ke kantor, kamu berada di rumah seharian. Hal ini memang membuat tubuhmu tidak terbiasa dengan kebiasaan kerja tersebut. "Kamu butuh sesuatu yang memberi sinyal pada tubuh bahwa: Ini waktunya bekerja," ujar Lauren. Triknya, tetaplah mandi agar sinyal tubuhmu terbangun di pagi hari, atau jika kamu terbiasa dengan sarapan sebelum berangkat kantor, lakukan hal yang sama. Lalu setelah selesai bekerja, lakukan hal yang juga biasa kamu lakukan supaya tubuhmu tahu bahwa waktu bekerjamu selesai. Kalau biasanya kamu menghabiskan waktu dengan scrolling Instagram di internet sampai semua feed habis kamu lihat, maka lakukan hal yang sama. You worked hard, now go play hard!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Annie Spratt on Unsplash)