Lifestyle

Buku dan Novel yang Bisa Kamu Baca Ketika Social Distancing

  by: Givania Diwiya Citta       30/3/2020
  • How’s your self-quarantined doing, girls? Cosmo harap semua baik-baik saja, ya! Meskipun tak bisa dielakkan bahwa kebosanan turut menghampiri, tapi selalu ada cara untuk menemukan hal-hal membahagiakan selama kita tinggal di rumah. Kamu pun setuju, bukan? Untuk itu, Cosmo memilihkan daftar buku dan novel yang bisa kamu baca ketika melakukan social distancing dan tinggal di rumah. Psst, bahkan daftar bacaan ini tak membutuhkan kamu untuk pergi meninggalkan rumah demi membelinya, cukup beli via online atau baca versi e-book saja! Selamat membaca, baby.





    Girl Squad oleh Donafeby Widyani


    Buku ini mengurasi kisah tentang perempuan-perempuan yang mampu mendirikan kerajaan bisnis bersama para sahabat dan kawannya. Yes, lewat buku ini, Donafeby ingin mendorong perempuan bersama the girls yang dimiliki, untuk bersama-sama mencapai work life balance, serta mampu untuk bersama-sama push the limit dan beranjak dari zona nyaman, juga mengembangkan sayap untuk berwirausaha agar semakin financially independent. Girl power, arise! (Harga: Rp40.000,- di Kinokuniya, atau beli online di sini.)


    Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Menarik Untuk Liburan Akhir Pekan


    The Unlikely Adventures of the Shergill Sisters oleh Balli Kaur Jaswal


    Balli kembali dengan novel ketiganya yang mengisahkan tentang perjalanan tiga Punjabi Shergill bersaudara dari Inggris menuju kampung halaman mereka untuk mengkebumikan sang ibu. Rajni, Jezmeen, dan Shirina yang hidup berpisah-pisah dengan hubungan yang renggang saat dewasa, kini bersama-sama harus ke India untuk melakukan pesan ritual terakhir dari sang ibu. Novel ini pun mengekspos tentang clash antara tradisi dan modernitas, sekaligus ikatan dari sisterhood yang esensial. (Harga: Rp250.000,- di Books & Beyond, atau beli online di sini.)


    The Plus One oleh Sophia Money-Coutts


    Jika kamu penggemar novel romantis kontemporer, The Plus One bisa mengakomodirnya. Tokoh Polly Spencer sedang mencari plus one untuk menemaninya hadir ke pernikahan sahabatnya. Ia sama sekali tidak mencari ‘the one’, karena ia sedang merasa super baik-baik saja dengan hidupnya yang sibuk bekerja di majalah Posh! serta dengan hubungan kasual tanpa ikatan serius. Tapi pencarian antara the plus one dengan the one menjadi kabur saat ia bertemu dengan Jasper. Oops... (Harga: Rp145.000,- di Periplus, atau baca versi e-book di sini.)




    Baca Juga : 10 Novel Indonesia dan Internasional Romantis Sepanjang Masa


    365 Ideas of Happiness oleh Nurilla Iryani & Puty Puar 


    Kolaborasi antara Nurilla selaku penulis dan Puty sebagai ilustrator menelurkan buku selayaknya jurnal yang bisa dibaca setiap hari. Ada 365 gagasan aktivitas menantang serta inspirasi yang mendorong pengembangan diri dalam buku ini. Dikemas dengan bahasa yang ringan, ditambah ilustrasi playful yang menghiasi halaman demi halaman, kamu pun diajak untuk berani mencoret hingga mewarnai (sungguhan!) buku ini saat mewujudkan ide-ide motivasi tersebut setiap hari. (Harga: Rp89.000,- di Kinokuniya, atau baca versi e-book di sini.)



    Baca Juga: 4 Novel Metropop Indonesia tentang Perempuan Independen


    Fall Baby oleh Laksmi Pamuntjak


    Melanjutkan cerita dari novel Amba, Laksmi merangkai cerita tentang Srikandi (putri tak sah dari Amba dan Bhisma) yang berjuang memulai hidup baru di Berlin untuk meninggalkan sejarah keluarganya yang kompleks. Namun sebagai pelaku seni, Srikandi harus kembali ke Jakarta untuk menyelesaikan politik seni di Indonesia. Kini, ia tak hanya harus memperjuangkan seni, tapi juga harus menghadapi dan mencari perdamaian dengan masa lalunya di tanah air. (Harga: Rp330.000,- di Kinokuniya, atau beli online di sini.)


    (Givania Diwiya / FT / Fotografi buku: Insan Obi / Opening image: Thought Catalog on Unsplash)