Lifestyle

Deretan Sajian Mi Khas Dari Berbagai Belahan Dunia

  by: Fariza Rahmadinna       25/3/2020
  • Mi adalah salah satu makanan yang praktis, murah dan mudah untuk dikreasikan. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali sajian mi khas dari seluruh daerah, ada mi ayam, mi goreng, mi Aceh, dan masih banyak lagi variasi mi lainnya. Tapi kali ini, Cosmo akan mengajak kamu berjalan-jalan ke negara lain untuk mengetahui beberapa sajian mi khas dari berbagai belahan dunia. Fasten your safety belt! 




    1. Pho - Vietnam

    Pho (dibaca feh) adalah olahan mi khas yang berasal dari Vietnam. Olahan mi ini sudah terkenal di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bentuk dari mi pho tipis dan pipih, dan hidangan ini biasa dilengkapi dengan kuah bening dan segar. Mi pho juga biasa disajikan dengan tambahan daging sapi yang diiris tipis, bakso, daun basil, daun kemangi, daun bawang, taoge, perasan jeruk nipis, dan cabai. Meskipun memiliki kuah yang bening, kuah mi pho sangat kaya akan rempah-rempah seperti ketumbar, jahe, dan saus ikan. Kombinasi di antara semua rempah-rempah inilah yang membuat pho memiliki rasa yang sangat lezat.


    2. Pad Thai - Thailand

    Setelah Vietnam, kita lanjut ke Thailand. Sajian mi khas Thailand dikenal dengan nama Pad Thai. Sebenarnya, hidangan ini mirip dengan kwetiau goreng yang menjadi makanan khas Indonesia. Sajian ini terdiri dari mi, taoge, tahu, udang, daging ayam, kepiting, kacang, jeruk nipis, cabai, dan acar. Pad Thai biasa disajikan dalam keadaan hangat dan memiliki rasa yang cenderung asam-manis.


    3. Mi Shan - Myanmar

    Lanjut ke Myanmar! Negara ini juga memiliki olahan mi khas yang dikenal dengan sebutan mi shan. Disebut mi shan karena mi ini berasal dari kota Shan, Myanmar. Mi ini terbuat dari beras ketan khusus dan memiliki tekstur yang cenderung lengket. Mi shan biasa disajikan dalam bentuk kuah atau goreng dengan tambahan sayuran dan daging ayam atau babi. Silahkan mencicipi mi shan jika kamu sedang berkunjung ke negara Myanmar!


    4. Jjajangmyeon - Korea Selatan



    Sebenarnya, Korea Selatan memiliki banyak sekali olahan mi yang lezat. Namun jjajangmyeon merupakan salah satu yang paling terkenal dan paling favorit. Jjajangmyeon adalah salah satu olahan mi khas Korea Selatan yang terdiri dari mi tebal (seperti lo mie) dengan campuran saus kedelai hitam, bawang bombay, potongan daging atau seafood, dan sayuran. Selain itu, biasanya air kaldu ditambahkan ke dalam sausnya untuk mengurangi rasa asin dari pasta kedelai hitam, sehingga membuat mi ini memiliki rasa yang gurih. Biasanya, jjajangmyeon disajikan bersama dengan acar lobak yang memiliki rasa manis-asam.


    5. Ramen - Jepang

    Ramen adalah olahan mi khas dari Jepang yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Bentuk dari mi ramen ini tipis dan berwarna kuning yang dimasukkan ke dalam kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu yakni shoyu (kecap asin), shio (garam), atau miso. Oleh karena itu, jangan heran jika ramen memiliki banyak variasi kuah.


    6. Saimin - Hawaii

    Terakhir, Hawaii. Hawaii mempunyai olahan mi khas yang dikenal dengan nama saimin. Olahan mi khas Hawaii ini terdiri dari mi telur, bawang daun, daishi (kaldu khas Jepang), daun bawang, dan berbagai jenis isian seperti daging atau seafood yang dapat kamu variasikan sendiri. Kamu dapat menemukan sajian mi khas Hawaii ini mulai dari pedagang kaki lima di Hawaii hingga restoran bintang lima.

    Itulah enam sajian mi khas dari berbagai belahan dunia. Mana favoritmu?


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Mae Mu on Unsplash)